Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Diposting pada

Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Struktur bumi dan komponennya hingga saat ini telah menunjukkan kemampuannya untuk memberikan kehidupan bagi makhluk hidup penghuninya. Hal itu disebabkan karena terdapat sumber daya alam yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan terjadi peningkatan kebutuhan sumber daya alam yang karena adanya dua faktor utama, yaitu pesatnya pertumbuhan penduduk dan perkembangan peradaban manusia yang memerlukan sumber daya alam dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Dari sekian banyak sumber daya alam yang tersedia, kita dapat mengelompokkan menjadi dua golongan yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Meskipun sumber daya alam yang dapat diperbarui dapat dikatakan akan selalu ada melalui proses pembaruan maupun regenerasi, dalam pemanfaatannya juga tidak boleh eksploitatif. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang  sumber daya alam yang dapat diperbarui, artikel ini akan mengulas contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Sumber Daya Alam

Pengertian sumberdaya alam atau dalam Bahasa Inggris disebut natural resources merupakan sesuatu yang berguna dan memiliki nilai. Sumber daya alam adalah keseluruhan faktor fisik, kimia, biologi dan sosial yang membentuk lingkungan sekitar kita. Sumber daya alam adalah segala seuatu yang berasal dari bumi, biosfer, dan atmosfer, yang keberadaannya tergantung pada aktivitas manusia Hunker (1964 dalam Cutter, dkk, 2004).

Pengertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian sumber daya alam menurut beberapa ahli:

Suryanegara (1977)

Sumber daya alam adalah unsur-unsur alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

Undang-undang  No. 4 Tahun 1982 Pasal (5)

Sumber daya alam  ialah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati, dan sumber daya buatan”.

Katili (1983)

Sumber daya alam ialah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Sumber Daya Alam Yang dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau renewable resources merupakan sumber daya alam yang  apabila ketersediannya berkutang bahkan  habis,  dapat tersedia kembali melalui melalui reproduksi atau pengem bang biakan, dan membutuhkan waktu tidak terlalu lama dalam penyediannya.

Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui

Adapun yang termasuk dalam jenis-jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantaranya yaitu:

Energi Matahari

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa matahari merupakan sumber energi yang tak ada habisnya, karena jumlahnya yang tak terbatas. Kehidupan kita sepenuhnya bergantung pada energy matahari, bahkan makanan yang kita makan sebenarnya energinya bersala dari matahari yang tersimpan dalam tumbuhan maupun hewan.

Namun manusia membutuhkan energi matahari tidak hanya untuk proses di dalam tubuhnya, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan lain, misalnya untuk transportasi dan industry yang memproduksi sandang, pangan, dan barang-barang lainnya. Baca jugaPengertian Matahari, Proses, Struktur, Ciri-ciri, dan Pergerakannya

Energi Angin

Udara yang bergerak disebut angina yang terjadi karena perbedaan tekanan di suatu tempat dengan tempat lain. Energi angin dapat dimanfaatkan untuk diubah menjadi energy listrik yang prinsipnya sederhana yaitu dengan memanfaatkan baling-baling untuk “menangkap” angin untuk kemudian diteruskan sebagai penggerak generator pembangkit listrik yang disebut Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Sumber energi ini tersedia secara bebas, bertiup sepanjang masa, sehngga dapat menjadi sumber energi alternatif.

Air

Air merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui karena adanya siklus hidrologi. Air memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Manusia dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik atau yang dikenal dengan nama Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Baca juga; Fungsi Air Bagi Kehidupan Manusia

Tanah

Lapisan tanah merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui yang terdiri atas empat komponen utama, yaitu mineral hara dari batuan yang telah mengalami pelapukan baik secara fisika maupun kimiawi, unsur air, udara, dan bahan organik. Tanah dapat dikatakan sumber daya alam yang dapat diperbarui sebab kondisi tanah yang berkurang kesuburannya mampu dipulihkan kembali melalui beragam cara, misalnya melalui proses pemupukan.

Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu jenis sumber daya alam yang dapat diperbarui melalui proses pengembangbiakan, baik perkembangbiakan secara alami maupun dibantu oleh manusia. Tumbuhan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berbagai aspek keperluan, diantaranya untuk sandang (mialnya tanaman kapas yang dipintal menjadi benang, diolah menjadi kain, dan dijahit menjadi baju); pangan (misalnya tanaman padi yang menghasilkan beras sebagai makanan pokok); dan papan (misalnya kayu jati untuk keperluan membangun rumah). Baca jugaTumbuhan Langka di Indonesia dan Dunia

Minyak Gondorukem

Minyak gondorukem merupakan minyak yang berasal dari olahan getah hasil sadapan pada batang tusam (Pinus). Gondorukem (resina colophonium) sebagai hasil pembersihan terhadap residu proses destilasi (penyulingan) uap terhadap getah tusam. Hasil penyulingan tersebut berupa terpentin.

Gondorukem banyak dimanfaatkan untuk bahan pelunak plester dan campuran perban gigi, untuk campuran perona mata (eyeshadow) dan penguat bulu mata, untuk bahan perekat warna pada industri percetakan (tinta) dan cat (lak).

Hewan Darat

Hewan darat merupakan hewan-hewan yang habitat hidupnya di wilayah daratan. Hewan termasuk dalam jenis sumber daya alam yang dapat dierbarui melalui proses pengembangbiakan, ada yang bertelur maupun beranak. Pemanfaatan hewan diantaranya yaitu untuk memenuhi kebutuhan sandang (misalnya kulit, wol, sutera) dan pangan (misalnya diambil telur dan dagingnya). Hewan darat dapat pula dijadikan alat transportasi dan alat utuk membantu pekerjaan manusia, misalnya sapi.

Hewan Air

Hewan air merupakan hewan yang habitat hidupnya di air, baik air tawar maupun air asin. Hewan air dapat dimanfaatjan sebagai sumber protein yang penting bagi manusia. Hewan air memiliki kemampuan berkembangbiak seperti hewan darat, misalnya dengan cara bertelur.

Energi Gelombang

Gelombang dalam pengertian arus laut merupakan gerak naik turunnya air laut tanpa disertai perpindahan massa airnya. Gelombang laut dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang (PLTG), dapat dimanfaatkan pula sebagai sumber listrik bagi mercusuar yang ada di tebing.

Energi gelombang akan terus tersedia karena keberadaan gelombang tersebut dipengaruhi oleh adanya angina yang juga senantiasa selalu tersedia di alam.

Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut merupakan kondisi naik turunnya permukaan air yang dipengaruhi oleh adanya gravitasi bulan, matahari, dan benda-benda angkasa lainnya. Pemanfaatan pasang surut tersebut yaitu sebagai sumber tenaga listrik.

Mutiara

Mutiara merupakan suatu benda keras yang terbentuk di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Mutiara memiliki nilai ekonomis tinggi, misalnya dimanfaatkan untuk perhiasan, mutiara yang telah bisa dihancurkan dapat digunakanmanfaatkan  untuk  bahan kosmetik, obat-obatan, atau dalam formula cat. Pembaruan terhadap mutiara dapat dilakukan melalui budidaya kerang.

Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan ekosistem bawah laut yang terdiri atasi sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalisum karbonat, semacam batu kapur. Terumbu karang lebih banyak ditemukan pada pada perairan laut dangkal. Terumbu karang dapat dapat dijadikan sebagai indikator kebersihan laut. Manusia dapat memanfaatkan keindahan terumbu karang sebagai sumber daya dalam bidang pariwisata, khusunya wisata bahari.

Biomassa

Biomassa merupakan sisa-sisa mahkluk hidup yang telah mati, yang jasadnya masih dapat dimanfaatkan oleh manusia. Contoh biomassa antara lain sisa serbuk kayu dan sisa kulit kayu dimanfaatkan kembali untuk pembuatan mebel. Sisa-sia rumput kering juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos. Sisa kotoran hewan dapat digunakan sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar dari gas alam, yaitu biogas.

Geotermal

Kata Geotermal bersal dari kata Geo (Bumi) dan thermal (panas), sehingga dapat dikatakan bahwa Geotermal merupakan energi yang bersumber dari panas bumi, yang dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk pembangkit listrik yang bersih dan ramah lingkungan.

Keuntungan yang diperoleh dengan memanfaatkan sumber energi ini yaitu hampir tidak menimpulkan polusi atau emisi gas rumah kaca, tidak berisik dan dapat diandalkan. Pembangkit listik ini dapat menghasilkan listrik sekitar 90%, dibandingkan 65-75 persen pembangkit listrik berbahan.

Nuklir

Nuklir merupakan bagian dari atau yang berhubungan dengan nukleus atom (inti atom). Nuklir dapat djadikan sebagai sumber energi buatan yang berasal melaui proses pemecahan atom. Pemanfaatan atom adalah sebagai sumber pembangkit listrik. Energi yang dihasilkan nuklir sangat besar, bahkan dapat dijadikan bahan peledak yang menimbulkan kerugian besar. Baca jugaContoh Sumberdaya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui

Nah, demikinalah serangkaian tulisan serta penjelasan tentang berbagai macam-macam contoh sumberdaya alam yang dapat diperbarui serta manfaat dan persebarannya di Indonesia. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan kepada pembaca. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *