Dampak Pencemaran Udara di Masyarakat dan Upaya Mengatasinya

Diposting pada

Planet Bumi merupakan satu-satunya planet di jagat raya yang memiliki unsur kehidupan di dalamnya. Unsur kehidupan yang ada di dalam planet bumi salah satunya ditandai dengan hadirnya makhluk hidup yang terdapat di permukaan bumi seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup dapat tinggal di bumi karena permukaan bumi terdapat oksigen yang merupakan syarat utama makhluk hidup dalam bernafas. Oksigen yang ada di udara diperlukan makhluk hidup untuk bernafas. Tapi apa jadinya jika udara di permukaan bumi terganggu atau tercemar? Pasti akan mengakibatkan terganggunya sistem pernapasan pada manusia. Berikut ini adalah dampak-dampak pencemaran udara di masyarakat dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Pengertian Pencemaran Udara

Pengertian pencemaran udara adalah kotornya udara yang dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas karena terkena zat-zat tertentu sehingga udara menjadi tidak layak untuk dihirup. Udara yang telah tercemar mengakibatkan kesehatan manusia juga akan terganggu. Namun apabila jenis sumber daya alam tidak terbatas ini diberikan solusi yang tepat maka pencemaran udara dapat teratasi

Pada dasarnya udara terdiri dari 3 unsur, yaitu udara kering, uap air, dan arosol. Udara kering adalah kandungan udara yang terdapat di atmosfer bumi dengan rincian 75% nitrogen, 24% oksigen, dan 1% karbondioksida dan unsur-unsur gas yang lain yang

Unsur udara yang lainnya adalah uap air. Uap air berasal dari air yang ada di permukaan bumi yang terkena radiasi sidar matahari lalu menguap ke udara atau mengalami proses evaporasi yang mana nantinya kumpulan uap tersebut akan menjadi awan sehingga pada saat awan terkumpul menjadi satu dan mengandung massa air yang berat maka akan terjadi presipitasi air yang disebut sebagai hujan.

Sedangkan aerosol adalah partikel gas yang berukuran kecil yang tersebar di udara. Aerosol merupakan gas yang dikeluarkan oleh gunungapi pada saat proses erupsi. Aerosol merupakan unsur gas yang jumlahnya paling sedikit di udara. Contoh dari aerosol adalah kalium, kalsium, sulfat, NaCl, karbon, dan nitrat.

Pencemaran udara dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius bagi manusia. Pencemaran udara juga dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi makhluk hidup yang lainnya. Namun pencemaran udara dapat dicegah melalui solusi-solusi yang tepat. Baca JugaPenyebab Pencemaran Udara dan Cara Menanggulanginya

Dampak Pencemaran Udara

Berikut adalah contoh dampak pencemaran udara yang terjadi di masyarakat beserta solusinya.

Membawa Penyakit

Pencemaran udara membawa dampak yang serius bagi kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan pencemaran udara dapat menimbulkan penyakit. Udara yang telah tercemar menjadi bercampur dengan beberapa partikel zat yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Zat berbahaya yang timbul karena udara yang telah tercemar adalah zat kimia dan partikel debu serta bibit penyakit.

Bibit penyakit yang dibawa oleh udara yang tercemar dapat mengakibatkan serangan kesehatan pada manusia berupa asma, sesak napas, bahkan pada kasus yang sangat amat serius dapat menyebabkan kanker pernapasan.

Solusi dari menghindari bibit penyakit yang timbul karena adanya pencemaran udara adalah dengan cara memakai masker di setiap aktifitas sehari-hari. Sedangkan solusi untuk mencegah pencemaran udara ini terjadi adalah dengan cara melakukan penanaman pohon untuk menambah jumlah udara segar di permukaan bumi.

Membuat Mata Merah

Udara yang tercemar juga dapat menimbulkan kesehatan yang serius pada mata. Mata yang terkena udara yang tercemar akan menjadi merah. Hal ini dikarenakan udara yang tercemar mengandung banyak partikel yang memungkinkan untuk masuk mata hingga mata menjadi iritasi dan akhirnya mata akan berubah warna menjadi merah dan rasanya menjadi gatal.

Partikel udara yang tercemar yang menyebabkan iritasi pada mata hingga menyebabkan berubah warna menjadi merah dan gatal adalah partikel debu. Bahkan pada kasus yang serius partikel debu yang menyebabkan iritasi pada mata tersebut dapat mengakibatkan penglihatan menjadi terganggu.

Solusi untuk mencegah mata merah dan iritasi karena dimasuki oleh partikel debu karena udara yang telah tercemar adalah dengan cara memakai kacamata setiap menjalani aktifitas di luar ruangan. Sedangkan cara untuk mengatasi mata merah dan iritasi karena terkena partikel debu oleh udara yang tercemar adalah dengan cara membasuh mata dengan air bersih.

Menyebabkan Gatal-gatal

Udara yang telah tercemar juga dapat menumbulkan gatal-gatal pada kulit manusia. Hal ini terjadi pada kulit manusia yang sensitif terhadap debu lalu terkena debu yang berasal dari udara yang tercemar. Solusi untuk mencegah agar kulit tidak terasa gatal akibat terkena debu adalah dengan cara memakai jaket. Sedangkan solusi yang dilakukan untuk mengatasi gatal-gatal karena debu adalah dengan cara membasuh bagian yang gatal dengan air bersih.

Terganggunya Saluran Pernapasan

Udara yang telah tercemar juga dabat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Hal ini terjadi karena udara yang dihirup membawa partikel debu kotor yang dapat menganggu sistem pernapasan.

Solusi untuk mencegah terganggunya saluran pernapasan karena menghirup udara yang kotor adalah dengan cara memakai masker setiap kali beraktifitas di luar ruangan. Sedangkan solusi untuk mengatasi tergnggunya saluran pernapasan karena udara yang tercemar adalah dengan cara berkonsultasi dengan dokter THT.

Terganggunya Organ Pernapasan

Organ pernapasan berbeda dengan saluran pernapasan. Jika saluran pernapasan itu hidung, maka organ pernapasan itu adalah paru-paru. Udara yang tercemar oleh gas beracun dapat membahayakan kesehatan organ pernapasan manusia.

Jika organ pernapasan manusia telah terkena zat beracun yang dibawa oleh udara yang tercemar maka akan menimbulkan penyakit asma, bronchitis, dan juga infeksi organ pernapasan. Bahkan kemungkinan yang terberat adalah dapat menimbulkan kanker paru-paru.

Solusi untuk mencegah terganggunya organ pernapasan adalah dengan cara melakukan olahraga pada saat udara masi segar seperti di pagi hari. Dan solusi untuk mengatasi terganggunya organ pernapasan adalah dengan cara berkonsultasi dengan dokter ahli organ pernapasan.

Mengganggu Pertumbuhan Anak-anak

Udara yang tercemar dapat menganggu pertumbuhan anak karena mengandung timbale yang dapat menganggu sel perkembangan anak. Solusi untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan cara memberikan nutrisi yang sehat setiap hari pada anak.

Berkurangnya Jarak Pandang

Asap knalpot kendaraan yang kotor dapat menganggu jarak pandang pada saat berkendara. Selain itu asap yang ditumbulkan oleh kebakaran hutan juga dapat mengganggu jarak pandang juga.

Terjadinya Global Warming

Global warming atau pemanasan global terjadi pada saat udara yang telah tercemar mengakibatkan suhu di permukaan bumi naik. Global merupakan fenomena sosial. Akibat kenaikan suhu bumi tersebut mendukung bocornya lapisan ozon yang terdapat di atmosfer bumi. Padahal fungsi lapisan ozon adalah untuk mengatur suhu di permukaan bumi agar tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Selengkapnya, baca; Penyebab Global Warming [Pemanasan Global] dan Solusinya

Terganggunya Sistem Reproduksi

Pencemaran udara juga dapat mengganggu sistem reproduksi. Terganggunya sistem reproduksi karena udara yang telah tercemar membawa kandungan zat yang berbahaya hingga menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Tanaman Mati

Tanaman yang mati karena pencemaran udara dapat mengganggu kualitas oksigen yang ada di bumi. hal ini terjadi karena fungsi utama tanaman adalah untuk menyuplai oksigen yang ada di bumi.

Nah, penjelasan diatas merupakan ulasan materi secara singkat tentang dampak pencemaran udara di masyarakat dan bagaimana mengatasinya. Semoga artikel yang mengupas tntas seperti diatas dapat bermanfaat bagi pelajar Indonesia. Terima Kasih!

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *