Dampak Pencemaran Tanah di Masyarakat dan Upaya Mengatasinya

Diposting pada

Tanah adalah tempat dimana tumbuhan dapat berkembang biak. Tanah yang subur merupakan syarat tumbuhan dapat melakukan proses pertumbuhan dengan lancar disertai dengan sifat alamiah tumbuhan yang melakukan proses fotosintesis untuk memyuplai oksigen untuk bumi kita ini agar makhluk hidup dapat hidup di dalamnya.

Tanah yang tercemar maka akan dirasakan dampak negatif bagi makhluk hidup. Pencemaran tanah pun beragam tidak hanya berasal dari limbah dan sampah saja. Namun pada dasarnya yang namanya pencemaran tentunya berasal dari mana saja. Pencemaran tanah dapat menyebabkan tanah longsor. Tentunya kita sebagai manusia pasti dapat mencegah pencemaran tanah. Berikut ini adalah pernjelasan mengenai ulasan yang membahas tentang 10 dampak pencemaran tanah bagi makhluk hidup.

Pengertian Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah adalah tanah yang kondisinya sudah tercampur oleh unsur-unsur lain yang membuat tanah menjadi kurang subur. Pencemaran tanah secara alamiah disebabkan oleh pengikisan tanah humus menjadi tanah tandus yang disebabkan oleh air. Air yang mengikis tanah mengakibatkan tanah jadi tergenang air hingga kesuburannya akan berkurang.

Selanjutnya pengikisan tanah berasal dari aktifitas manusia. Aktivitas manusia yang suka membuang sampah sembarangan akan mengakibatkan tanah telah tercemar oleh sampah. Tanah yang telah tercemar oleh sampah mengandung unsur hara yang bermacam-macam hingga kandungan unsur hara tanahnya akan berkurang dan tanah menjadj tidak subur lagi. Baca selengkapnya:  Lapisan Tanah: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Jenis sampah yang mampu mencemari tanah adalah sampah yang tidak dapat terdekomposisi dengan baik. Maksud dari sampah yang tidak dapat terdekomposisi dengan baik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah. Sampah yang tidak dapat terdekomposisi dengan baik adalah sampah plastik, sampah logam, sampah kaca, dan lain-lain.

Sedangkan jenis sampah yang mampu terdekomposisi dengan baik sehingga tidak menggangu tanah dan tidak mengakibatkan pencemaran tanah adalah sampah yang berjenis organik seperti bangkai hewan, bangkai tanaman, sisa makanan, dan lain-lain. Tanah yang tercemar biasanya AMDAL nya tidak baik.

Selanjutnya pencemaran tanahdapat berasal dari limbah rumah tangga. Limbah rumah tangga yang paling besar berperan sebagai pencemaran tanah adalah limbah sisan pembuangan air sabun dan detergen. Limbah sisa pembuangan air sabun dan detergen dapat mengakibatkan tanah menjadi bercampur dengan kandungan unsur kimia dalam sabun dan detergen sehingga kesuburannya akan berkurang.

Pada saat petani menggunakan pestisida untuk mengusir hawa pertanian agar tanaman pertanian dapat tumbuh dengan sempurna itu baik. Namun penggunaan pestisida yang berlebihan dapat mengakibatkan tanah menjadi tercemar. Berikut ini adalah 10 dampak pencemaran tanah.

Tanah Mengalami Penurunan Kesuburan

Tanah yang telah tercemar mengakibatkan kesuburannya akan berkurang. Tanah yang mengalami penurunan kualitas kesuburan apat juga menurunkan kualitas tanaman yang telah menggantungkan hidupnya melalui penyerapan air yang ada di dalam tanah.

 Jika tanahnya saja sudah tercemar maka kandungan air yang ada di dalam tanah pun akan ikut tercemar. Solusi dari mengatasi tanah yang mengalami penurunan tingkat kesuburan adalah menambahkan unsur hara pada tanaman seperti penambahan pupuk organik.

Tanah Mengalami Penurunan Produktivitas

Tanah yang sudah tercemar pasti produktivitasnya akan terganggu. Produktivitas tanah yang terganggu maka akan menyebabkan tumbuhan mengalami penurunan hasil juga. Solusi untuk mengatasi tanah yang mengalami penurunan kesuburan adalah dengan cara seperti mengatasi penurunan kesuburan tanah yaitu dengan cara menambahkan pupuk organik pada tanaman.

Nutrisi Tanah yang Berkurang

Apabila tanah sudah tercemar, maka kandungan nutrisinya pun juga akan mengalami penurunan. Nutrisi tanah yang berkurang selain mengakibatkan penurunan pada kualitas hasil tanaman juga akan mengakibatkan penurunan pada jenis varietas tanaman yang ada. Solusi dari mengatasi nutrisi tanah yang berkurang adalah sama dengan mengatasi masalah penurunan kesuburan dan penurunan produktivitas tanah yaitu dengan cara menambahkan pupuk organik pada tanah.

Komponen Biotik dan Abiotik Akan Terganggu

Komponen biotik dan abiotik dalam tanah yang akan terganguu dalam tanah yang telah tercmar adalah keseimbangan kehidupan flora dan fauna. Flora yang terganggu contohnya adalah penurunan kualitas jenis tanaman. Sedangkan fauna yang terganggu contohnya adalah penurunan jumla cacing yang hidup dikarenakan mati.

Padahal cacing berfungsi sebagai penggemburan tanah secara alami. Apabila cacing mati maka proses penggemburan tanah tidak akan berjelan dengan baik. Solusi untuk mengatasi komponen biotik dan abiotik yang terganguu karena tanah yang telah tercemar adalah memindahkan komponen biotik dan abiotik yang berada di dalam tanah yang telah tercemar lalu dipindahkan ke dalam tanah yang belum tercemar atau masih asri.

Pertumbuhan Tanaman Akan Terganggu

Tanaman yang hidup di alam tanah yang mengalami pencemaran pasti pertumbuhannya akan terganggu. Hal ini diakibatkan karena tanah yang telah mengalami pencemaran air yang ada di dalam tanah pun juga akan tercemar. Padahal kamdungan unsur hara alami yang ada di dalam tanah menentukan tingkat pertumbuhan tanaman.

Apabila tanah sudah tercemar dan air tanah jug ikut tercemar maka tanaman tidak akan tumbuh dengan baik. Solusi dari permasalahan akibat pencemaran tanah yang mengganggu pertumbuhan tanaman adalah dengan cara memberikan tambahan pupuk organik pada tanah.

Salinitas Tanah Meningkat

Dampak dari pencemaran tanah tidak hanya menimbulkan dampak negatif saja melainkan juga menimbulkan dampak yang positif. Dampak positif dari tanah yang sudah tercemar adalah salinitas tanah akan meningkat.

Salinitas tanah adalah fungsi tanah yang digunakan sebagai perkembangan vegetasi. Perkembangan vegetasi disini maksudnya adalah penambahan secara alami jenis-jenis flora dan fauna jenis baru yang akan menempati tanah yang telah tersalinitasi tersebut.

Memancing Racun Debu

Tanah yang sudah tercemar akan memancing racun debu. Racun debu yang dikeluarkan tanah menimbulkan zat yang berbahaya. Diantaranya jika terhirup manusia dapat mengakibatkan bersin-bersin. Solusi untuk mengatasi tanah yang tercemar sehingga dapat menimbulkan racun debu adalah dengan cara menyiram dengan air bersih setiap hari.

Bau Tidak Sedap

Bau yang tidak sedap akan tercemar dari tanah yang telah mengalami pencemaran. Bau tidak sedap ini akan menganggu indera penciuman manusia. Solusi untuk mengatasi bau yang tidak sedap dari tanah yang telah tercemar adalah dengan cara sama seperti mengatasi racun debu pada tanah yang tercemar. Yaitu dengan cara menyiram air bersih setiap hari.

Merusak Keindahan

Tanah yang telah tercemar akan merusak keindahan. Keindahan tersebut diantaranya adalah berkurangnya jumlah vegetasi tanah. Apabila tanah sudah terlanjur mengalami penurunan keindahan maka solusi yang tepat adalah dengan cara menanam tumbuhan kembali.

Mudah Terkena Abrasi

Abrasi adalah pengikisan air tanah oleh laut. Tanah yang mengalami abrasi adalah tanah yang berada disekitaran pantai. Tanah disekitar pantai yang sudah mulai tercemar akan dengan mudah terkena dampak abrasi. Abrasi dapat dicegah dengan cara melakukan reklamasi air laut.

Nah, penjelasan diatas adalah materi mengenai 10 Dampak Pencemaran Tanah beserta solusinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pelajar Indonesia. Terima kasih !

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *