Penyebab Pencemaran Udara dan Cara Menanggulanginya

Diposting pada

pencemaran udara

Planet bumi merupakan satu-satunya planet di sistem tata surya bahkan di jagat raya yang memiliki unsur kehidupan di dalamnya. Unsur kehidupan yang terdapat di planet bumi dapat hidup karena bumi memiliki lapisan oksigen di dalamnya. Oksigen yang terkandung di bumi dihasilkan melalui tanaman yang melakukan proses fotosintesis untuk menyuplai oksigen di permukaan bumi. Oksigen adalah benda gas berupa udara yang diperlukan makhluk hidup untuk bernafas.

Udara yang berkualitas dapat mendukung kehidupan yang terdapat di permukaan bumi. Namun apa jadinya jika udara di permukaan bumi telah tercemar? Apa sajakah yang dapat menyebabkan udara bisa tercemar? Berikut adalah penyebab pencemaran udara dan cara menanggulanginya.

Penyebab Pencemaran Udara

Adapun yang menjadi latar belakang dari pencemaran udara antara lain sebagai berikut;

Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang berasal dari hasil bumi seperti minyak bumi dan batu bara. Bahan bakar fosil dapat mencemari udara karena hasil pembakarannya terbuang bebas ke udara. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh bahan bakar fosil adalah dengan cara mengganti bahan bakar fosil menuju ke bahan bakar yang ramah terhadap pelestarian lingkungan.

Transportasi

Transportasi seperti motor, mobil, bus, truk, dan sejenisnya dapat mencemari udara. Pencemaran udara yang dihasilkan dari alat transportasi berasal dari knalpot tempat membuang sisa pembakaran tersebut terlepas bebas ke udara yang akhirnya dapat menyebabkan dampak pencemaran udara.

Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh alat transportasi adalah dengan cara mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Selain cara tersebut ampuh untuk mengurangi udara yang tercemar juga dapat menjaga kesehatan melalui jalan kaki atau menggunakan sepeda dalam bepergian.

Asap Industri

Industri pabrik hampir seluruhnya memiliki cerobong asap yang merupakan pembuangan dari sisa pembakaran bahan bakar dalam kegiatan industri. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh asap industri adalah dengan cara mengganti bahan bakar perindustrian menjadi bahan bakar ramah lingkungan yang tidak menyebabkan dampak buruk untuk udara. Selengkapnya, baca; Pengertian Industri, Syarat, Macam, dan Contohnya

Limbah Industri

Limbah industri yang dapat mencemari udara yang dimaksud disini bukanlah limbah industri berupa asap. Karena limbah industri berupa asap telah dibahas diatas. Limbah industri yang dapat mencemari udara disini adalah limbah industri non asap yang berupa zat-zat kimia yang terlepas ke udara akibat tidak ditanggulangi.

Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh limbah industri non asap adalah dengan cara mendaur ulang limbah.

Limbah Industri Kimia

Limbah industri kimia mengandung unsur senyawa zat-zat kimia berbahaya seperti ethanol, uranium, plutonium, dan lain-lain. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh limbah industri kimia adalah dengan cara mengurangi jumlah industri kimia dan pemerintah harus tegas memilah industri kimia dengan cara memberikan izin pada industri kimia yang telah lolos uji AMDAL.

Pembangkit Listrik

Seluruh pembangkit listrik dapat menimbulkan pencemaran udara karena seluruh pembangkit listrik memerlukan mesin sebagai tenaga. Mesin tesebut mengeluarkan asap lepas yang dapat mencemari udara. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh pembangkit listrik adalah dengan cara mendaur ulang asap hasil pembangkit listrik dan dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga uap. Jadi tidak ada asap yang terbuang percuma ke udara.

Kebakaran Bangunan

Kebakaran bangunan dapat mencemari udara. Seperti yang kita ketahui bahwa kebakaran menimbulkan asap berbahaya. Asap berbahaya dari bangunan yang terlepas ke udara dapat menimbulkan pencemaran udara dan dampaknya sangat buruk bagi kesehatan manusia.

Cara untuk mengatasi dalam pencemaran udara yang telah terkontaminasi oleh kebakaran bangunan adalah dengan cara mencegah terjadinya kebakaran bangunan. Selengkapnya, baca; Pengertian Pencemaran Udara, Penyebab, Dampak, dan Contohnya

Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan luasnya melebihi kebakaran bangunan. Hal ini mengandung arti bahwa kebakaran hutan berdampak lebih besar untuk pencemaran udara karena luasnya melebihi kebakaran bangunan. Kebakaran hutan dapat bersifat alami karena gesekan ranting pohon bercampur dengan udara panas dan angin kencang lalu membakar seluruh hutan. Selengkapnya, baca; Manfaat Hutan Bagi Manusia di Kehidupannya

Kebakaran hutan dapat juga ditimbulkan karena ulah manusia yang akan membangun bisnis industri, permukiman, dan sebagainya. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh kebakaran hutan adalah dengan cara membuat lahan gambut disekitar hutan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan.

CFC

CFC adalah Chloro Fluoro Carbon. CFC adalah unsur senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan freezer lemari pendingin. CFC dapat mengeluarkan racun yang berbahaya bagi kebocoran lapisan ozon. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh CFC adalah dengan cara memilih lemari pendingin yang lebih ramah lingkungan.

Asap Rokok

Rokok berasal dari tembakau. Hadirnya rokok dapat memberikan manfaat untuk pemasukan devisa negara dari penetapa harga cukai rokok yang tinggi. Rokok juga bermanfaat untuk menghidupi keluarga petani tembakau. Namun perlu diketahui dampak buruk dari rokok bukan hanya menyerang kesehatan tetapi juga dapat menyerang kualitas udara.

Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh asap rokok adalah dengan cara merokok di ruangan smoking area. Selain mengurangi polusi udara merokok di ruangan smoking area juga dapat memberikan kebebasan udara segar bagi orang yang tidak merokok.

Erupsi Gunungapi

Erupsi gunungapi dapat mencemari udara. Erupsi gunungapi yang selama ini kita kenal sebagai letusan gunungapi dapat merusak kualitas udara karena erupsi gunungapi mengeluarkan gas-gas yang berbahaya. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh erupsi gunungapi dengan cara menanam hutan tropis di sekitar gunungapi. Agar udara cepat stabil pasca terjadinya peristiwa erupsi.

Metana

Metana adalah unsur senyawa kimia yang terdapat di hasil bumi. Untuk lebih mudahnya kita dapat memberikan contoh pada gas elpiji. Gas elpiji yang mengandung kebocoran pada regulatornya selain berbahaya apabila menyambar api kebocoran gas tersebut dapat menimbulkan ledakan gas.

Regulator yang bocor tersebut mengeluarkan unsur senyawa kimia berupa metana yang apabila dihirup dapat menyebabkan racun seperti mual, pusing, dan lain-lain. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh gas metana adalah dengan cara memastikan regulator gas tidak mengalami kebocoran.

Pemanasan Global

Dampak pemanasan global terjadi karena naiknya suhu di permukaan bumi. naiknya suhu permukaan bumi disebabkan karena aktivitas manusia dapat menimbulkan kebocoran lapisan ozon. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh pemanasan global adalah dengan cara melakukan hal-hal positif yang tidak menyebabkan pemanasan global. Selengkapnya, baca; Penyebab Global Warming [Pemanasan Global] dan Solusinya

Penggundulan Hutan

Penebangan hutan secara liar yang tidak disertai dengan reboisasi dapat menimbulkan pencemaran udara. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh penggundulan hutan adalah dengan cara melakukan reboisasi atau penghijauan hutan kembali.

Penggunaan Motor 2 Tak

Motor 2 tak adalah kendaraan bermotor yang memiliki bunyi berisik dan mengeluarkan asap. Asap dari motor 2 tak dapat mencemari udara. Cara untuk menanggulangi pencemaran udara yang telah tercemar oleh penggunaan motor 2 tak adalah dengan cara mengganti motor 2 tak dengan motor yang lebih ramah lingkungan.

Nah, demikianlah pembahasan secara lengkap tentang artikel yang mengkaji penyebab pencemaran udara dan upaya untuk menanggulanginya. Semoga tulisan dalam website ini dapat menambah wawasan pembaca. Terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *