Keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi) dalam Pengelolaan Data

Diposting pada

Keunggulan Sistem Informasi Geografi

SIG atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Geografi dalam Ilmu Geografi memailiki peranan yang sangat penting bagi perkembangan hasil penelitian. Utamanya SIG ini menggunakan komputerdalam proses mitigasi bencana, pengelolaan tata kota, serta kondisi kewailayahan dan keruangan lainnya. Oleh karena itulah pada artikel ini secara lengkap akan mengulas tentang keunggulan SIG.

SIG (Sistem Informasi Geografi)

Pengertian SIG adalah serangkaian gabungan daripada komponen yang dipergunakan untuk sebagai analisis data keruangan dengan mengedepankan tahapan-tahapan agar hasil yang diutarakan sesuai dengan kondisi kewilayahan yang ada.

Keunggulan penggunaan SIG untuk informasi keruangan ini juga mempunyai perbedaan utama dengan manfaat penginderaan jauh, salah satunya ia mampu sebagai alat analisis keruangan pada sektor-sektor yang terdalam. Sehingga memunculkan hasil lebih sepesifik dibandingkan dengan Indraja. Selengkapnya, baca; Penginderaan Jauh: Pengertian, Komponen, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi)

Beberapa keunggulan penggunaan SIG sebagal alat analisis informasi keruangan, antara lain adalah sebagai berikut;

Mengintegrasikan Data

Manfaat yang mengedapankan SIG lebih dominan ialah mampu mengintegrasikan atau menyatukan data spasial dan data atribut dalam suatu sistem komputerisasi, hal ini tentusaja dapat mendorong informasi spasial baru pada objek serta subjek yang dipergunakan.

Uraian Lebih Spesifik

Keungulan lain SIG ialah mampu memberikan penguraian atas unsur-unsur geografis di permukaan Bumi melalui beberapa layer data spasial yang dihasilkan dalam sejumlah penelitian, sehingga objeknya tidak akan terasa bias dibandingkan dengan metode lainnya.

Menggunakan Software

Yang menjadi keutumaan dari SIG (Sistem Informasi Geografi) ini ialah dapat diolah dan saling terintegrasi menggunakan berbagai jenis software. Dengan langkah demikianlah tidak semua orang dapat mengoprasikan lantaran dibutuhkan pengetahuan dan skill yang memadai.

Statis dan Dinamis

Pengolahan data menggunakan SIG dapat yang menjadi keutumaan lainnya ialah hasil penelitian yang dijalnkan, tentusaja ini bersifat statis dan dinamis. Sesuai dengan judul-judul penelitian serta objek yang dimabil dalam proses keruangan dan tata wilayah perkotaan/pedesaan.

Murah

Keutumaan daripada SIG (Sistem Informasi Geografi) ini ialah pada proses updating data relatif lebih murah karena disajikan dalam format digital. Untuk analisa penganalisisan katanya juga tidak sulit sehingga memudahkan para peneliti untuk melakukannya.

Bersifat Tetap

Keutumaan lain dalam proses SIG ini ialah pada data spasial yang diolah dapat bersifat kontinyu (tetap) dan pemanggilan data lebih mudah ketika dibutuhkan saat analisis. Kondisi ini bisa dipengaruhi dengan lantaran ada arsip yang menyimpan data-data yang diperlukan.

Tampilan

Dalam segi tampilan data yang dihasilkan keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi)  ini dapat berupa gambar tiga dimensi dan mampu melakukan analisis spasial dengan teknik modelling. Sehingga atas dasar inilah setiap orang bisa membaca hasil data yang disajikan.

Dari serangkaian penjelasan tentang keunggulan SIG (Sistem Informasi Geografi) dibandingkan dengan model lainnya dapatlah dikatakan bahwa setinya sistem ini bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan penelitian yang secara ilmiah dapat dipertangung jawabkan.

Baca Juga;

  1. Tahapan Kerja SIG (Sistem Informasi Geografi)
  2. Interpretasi Citra: Pengertian, Tahapan, Ciri, dan Contohnya
  3. Contoh Penginderaan Jauh dalam Sehari-hari

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Keutumaan SIG, semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian, terutama yang membutuhkan materi-materi tentang “SIG”. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *