Manfaat Sumber Daya Alam Bagi Kehidupan

Diposting pada

Fungsi Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh manusia yang berasal dari lingkungan alam. Contoh sumber daya alam adalah udara, air, kayu, minyak, energi angin, gas alam, besi, dan batubara. Garis pemisah antara sumber daya alam dan sumber daya buatan manusia tidak jelas. Energi hidro-listrik bukanlah sumber daya alam karena orang menggunakan turbin untuk mengubah energi dari air yang bergerak. Bijih minyak dan besi adalah alami, tetapi perlu kerja keras untuk membuatnya menjadi minyak dan baja olahan yang dapat digunakan. Energi atom berasal dari bahan bakar nuklir metalik, seperti uranium dan plutonium yang dapat fisi, tetapi batu alam membutuhkan pekerjaan teknis untuk membuatnya menjadi bahan bakar nuklir ini.

Sumber daya alam memiliki manfaat yang beragam bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Meskipun hewan dan tumbuhan itu sendiri termasuk sumber daya  alam yang dapat dimanfaatkan manusia. Artikel ini akan mengulas tentang manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam, yang dapat digunakan manusia untuk dikonsumsi secara langsung atau tidak langsung. Sebagai contoh, manusia bergantung langsung pada hutan untuk makanan, biomassa, kesehatan, rekreasi dan peningkatan kenyamanan hidup. Hutan secara tidak langsung bertindak sebagai pengontrol iklim, pengontrol penyebab banjir, perlindungan badai dan siklus hara.

Terkadang, sumber daya alam dapat digunakan sebagai bahan baku untuk menghasilkan sesuatu. Misalnya, kita bisa menggunakan pohon dari hutan untuk menghasilkan kayu. Kayu tersebut kemudian digunakan untuk memproduksi kayu untuk mebel atau bubur kertas dan produk kertas. Dalam skenario ini, pohon adalah bahan mentah.

Setiap barang di rumah kita terbuat dari bahan baku yang berasal dari sumber daya alam. Cangkir teh, listrik di rumah, roti, pakaian, sebut saja: masing-masing berasal dari sumber daya alam. Sumber daya alam bisa dalam berbagai bentuk. Itu bisa berupa benda padat, cair atau gas. Mungkin juga organik atau anorganik. Mungkin juga logam atau non-logam. Mungkin terbarukan atau tidak terbarukan.

Pengertian Sumber Daya Alam

Pengertian sumber daya alam merupakan sumber daya yang ada tanpa tindakan manusia. Ini mencakup semua karakteristik bernilai seperti magnet, gravitasi, sifat dan gaya listrik dan lain-lain. Sumber daya alam di struktur bumi ini meliputi sinar matahari, atmosfer, air, tanah (termasuk semua mineral) bersama dengan semua vegetasi, tanaman, dan kehidupan hewan yang secara alami hidup dari atau di dalam sampai sekarang diidentifikasi karakteristik dan zat.

Sumber daya alam adalah bahan dan komponen (sesuatu yang dapat digunakan) yang dapat ditemukan pada lingkungan. Setiap produk buatan manusia terdiri dari sumber daya alam (pada tingkat fundamentalnya). Sumber daya alam bisa ada sebagai entitas terpisah seperti air tawar, udara, dan juga organisme hidup seperti ikan, atau mungkin ada dalam bentuk alternatif yang harus diproses untuk mendapatkan sumber daya seperti bijih logam, langka logam tanah, minyak bumi, dan sebagian besar bentuk energi.

Pegertian Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli

Adapun definisi sumber daya alam menurut para ahli, antara lain:

Suryanegara (1977)

Sumber daya alam ialah unsur-unsur alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

Katili (1983)

Sumber daya alam ialah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Undang-undang No. 4 Tahun 1982 Pasal (5)

Sumber daya alam adalah unsur dari pengertian lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya manusia, sumber daya hayati, sumber daya non hayati, dan sumber daya buatan.

Chapman (1969)

Sumber daya ialah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya. Chapman membedakan adanya 3 pengertian sumber daya, yaitu: 1) Persediaan total (total stock); 2) Sumber daya (resources); 3) Cadangan (reserve).

Manfaat Sumber Daya Alam

Kita sangat bergantung pada beragam jenis-jenis sumber daya alam sehingga sebagian besar kegiatan kita menggunakan sumber daya alam atau produk turunan. Setiap orang mengkonsumsi sumber daya alam, langsung atau tidak langsung. Bahkan kebutuhan kita yang paling mendasar bergantung pada sumber daya: kita mengkonsumsi air dan makanan.

Sumber daya alam juga memasok energi untuk rumah dan juga pengertian industri. Transportasi dan pabrik-pabrik yang menghasilkan berbagai produk yang membutuhkan energi untuk bekerja. Bahan bakar fosil masih merupakan sumber energi utama dunia.

Banyak sumber daya yang digunakan untuk membuat berbagai produk yang kita gunakan. Semuanya bahan untuk konstruksi, elektronik, buku, perhiasan; apa pun yang dapat kita pikirkan berasal dari sumber daya alam.

Berikut ini manfaat sumber daya alam bagi manusia, hewan, dan tumbuhan, antara lain:

Menyuplai oksigen

Ini merupakan kebutuhan pertama dan paling utama bagi kehidupan manusia dan hewan. Sumber daya alam sebagai penyuplai segala bentuk pengertian oksigen, gas yang kita butuhkan untuk bernafas. Oksigen dapat dihasilkan dari tumbuhan melalui proses fotosintesis. Sebaliknya karbondioksida yang kita hasilkan dari pernafasan kita berguna bagi tumbuhan untuk proses fotosintesis.

Untuk kebutuhan bahan pakaian

Sumber daya alam dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian. Baju yang kita gunakan berasal dari kain, kain berasal dari benang, dan benang berasal dari tanaman kapas yang dipintal. Selain dari tanaman, ada pula pakaian yang terbuat dari kain wol yang berasal dari kulit domba, ada pula kain yang terbuat dari sutera yang dihasilkan oleh ulat sutera.

Untuk kebutuhan makan bagi manusia dan hewan

Contoh sumber daya alam yang berguna bagi manusia bukan hanya yang mineral dan juga minyak bumi yang ada di dalam perut bumi saja, tapi juga terdapat pada hewan dan tumbuhan. Hewan dan tumbuhan ini sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai salah satu bahan konsumsi.

Sumber daya alam dalam bentuk hewan bisa diambil daging, sedangkan sumber daya alam bentuk tumbuhan bisa diambil buahnya, untuk kemudian diolah menjadi berbagai macam makanan yang pastinya sudah sering anda nikmati hingga saat ini.

Untuk kebutuhan tempat tinggal

Sumber daya alam memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal. misalnya pohon diambil kayunya, terutama pohon yang kualitas kayunya bagus dan juga keras sangat berguna untuk keperluan konstruksi. Untuk rumah–rumah tempat tinggal biasanya lebih banyak menggunakan sumber daya alam berbentuk kayu, dibandingkn gedung perkantoran yang biasanya lebih identik menggunakan contoh sumberdaya alam yang tidak diperbaharui, seperti dari mineral, yaitu besi.

Sebagai sumber energi dan bahan bakar

Sumber daya alam dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi dan sumber bahan bakar yang digunakan untuk keperluan hidup kita sehari-hari. Sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk keperluan ini menggunakan sumber daya alam dalam bentuk minyak bumi dan juga gas bumi. Selain minyak dan gas bumi, energi matahari juga seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi dan bahan bakar.

Manfaat sumber daya alam yang digunakan sebagai sumber energi dan bahan bakar diantaranya untuk:

  1. Menyalakan generator listrik
  2. Bahan bakar kendaraan bermotor
  3. Untuk memasak
  4. Untuk mengolah limbah pabrik

Sebagai pembangkit listrik

Sumber daya alam dapat digunakan sebagai pembangkit listrik yang sekarang dapat kita nikmati di rumah setiap harinya. Contohnya yaitu dengan memanfaatkan minyak bumi ataupun energi matahari, sumber daya alam dapat dikonversi menjadi energi listrik, sehingga dapat menyuplai kebutuhan listrik rumah tangga.

Untuk pengembangan teknologi

Teknologi terus-menerus mengalami perkembangan. Agar teknologi berkembangng menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu, maka keberadaan sumber daya alam sangatlah penting untuk mendukung pengembangan teknologi ini. Secara langsung dan tidak langsung, serta secara sadar maupun tidak sadar, segala macam bentuk perkembangan teknologi yang kita rasakan saat ini pastilah membutuhkan sumber daya alam yang tepat.

Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam

Sumber daya alam diperlukan untuk menjaga pelestarian lingkungan dan bumi tempat tinggal kita. Meskipun ada sumber daya alam yang tidak akan habis karena dapat diperbarui, tapi kita harus tetap menjaga kelestariannya dan tidak menggunakannya tanpa rasa bijak.

Hal tersebut dikarenakan sumber daya alam juga merupakan salah satu penopang dari keseimbangan alam, termasuk di dalamnya adalah pepohonan dan juga segala macam mineral yang ada di dalam perut bumi, tapi apabila sumber daya alam tidak dijaga dengan baik, maka akan berakibat buruk untuk bumi kita.

Sebagai sumber mata pencaharian dan pendapatan

Sumber daya alam dapat menjadi sumber mata pencaharian dan pedapatan bagi manusia. Misalnya yaitu pekerja-pekerja tambang dan pengusaha tambang, yang menggantungkan pendapatannya pada sumber daya alam yang mereka tekuni di bidang pertambangan.

Sebagai cadangan devisa Negara

Devisa adalah salah satu alat yang dapat digunakan oleh suatu pengertian negara untuk melakukan transaksi yang diakui secara Internasional. Sumber daya alam dapat menjadi cadangan devisa, sehingga tatkala negara membutuhkan sumber dana, sumber daya alam dapat dijual dan dikomersilkan agar negara mendapatkan keuntungan.

Untuk menghidupi kegiatan ekonomi secara global

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua kegiatan ekonomi global yang saat ini berlangsung selama 24 jam sehari adalah proses transaksi ekonomi yang 90% nya melibatkan sumber daya alam. Misalnya perdagangan hasil bumi, seperti kayu, bunga, mineral, dan banyak lagi, merupakan suatu keterlibatan dari sumber daya alam.

Sebagai sarana olahraga

Sumber daya alam dapat juga digunakan sebagai sarana olahraga, misalnya untuk berenang kita membutuhkan air, yang merupakan salah satu bentuk sumber daya alam. Selain itu peralatan olah raga juga berasal dari berbagai contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, misalnya Bulu angsa dimanfaatkan untuk membuat sutlecook; Rotan digunakan untuk membuat Holahop dan bola sepak takraw.

Sebagai sarana pariwisata

Keindahan sumber daya alam dapat menjadi alternatif pilihan untuk berwisata. Misalnya ketika kita berwisata ke pegunungan, kita bisa melihat keindahan alam berupa pepohonan yang merupakan salah satu bentuk sumber daya yang dapat diperbarui, atau misalnya kita pergi ke hutan pinus yang juga dapat dijadikan sebagai alternatif berwisata.

Sebagai Sarana Edukasi

Sumber daya alam dapat digunakan sebagai sarana edukasi untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Misalnya tumbuhan dan hewan dapat dijadikan sebagai objek penelitian untuk berbagai keperluan.

Sebagai bahan untuk membuat obat tradisional dan perawatan tubuh

Sumber daya alam, khususnya tumbuhan, dapat menjadi bahan untuk obat-obat tradisional. Contohnya yaitu penggunaan tumbuhan mengkudu untuk menurunkan darah tinggi; lidah buaya bermanfaat untuk membuat sampo; rumput laut untuk bahan kosmetik.

Sebagai bahan Untuk membuat peralatan rumah tangga

Sumber daya alam dapat digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga, misalnya Kayu jati dan rotan dimanfaatkan untuk membuat  tempat tidur, lemari, meja dan kursi; Kayu sengon sebagai bahan perabot rumah tangga.

Sebagai bahan untuk membuat perhiasan

Sumber daya alam seperti emas dan intan bisa digunakan untuk membuat perhiasan. Selain itu mutiara yang ada di laut juga memiliki nilai yang tinggi sebagai bahan untuk membuat perhiasan.

Sebagai bahan bakar alternatif

Tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang disebut biogas. Salah satu bahan baku terbentuknya biogas ialah sisa-sisa tanaman yang mengendap di dalam pengertian rawa-rawa. Tumbuhan juga merupakan komoditi ekspor yang dijadikan bahan bakar adalah kelapa sawit. Bahan bakar yang berasal dari pengolahan kelapa sawit disebut biodiesel.

Untuk mengurangi polusi udara

Sumber daya alam juga berperan untuk mengurangi polusi udara, misalnya pepohonan menyerap gas berbahaya, seperti karbondioksia, karbon monoksida, sulfur dioksida dan nitrogen dioksida.

Sebagai tempat hidup bagi hewan dan tumbuhan

Bukan hanya manusia, tapi hewan dan tumbuhan langka juga memerlukan tempat untuk hidup. Misalnya ikan membutuhkan fungsi air sebagai tempat hidup. Selain itu tumbuhan juga memerlukan tanah sebagai media utama untuk pertumbuhannya.

Sebagai Sumber Bahan Mentah Terbarukan

Sumber daya alam untuk keperluan ini contohnya adalah keberadaan dalam manfaat hutan yang dapat menjadi sumber bahan mentah misalnya dalam bentuk kayu-kayuan dan damar, yang dijadikan bahan untuk pembuatan barang-barang, misalnya kertas yang terbuat dari bubur kayu atau pulp, kerajinan tangan dan beragam produk lainnya yang memanfaatkan kayu sebagai bahan utama.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai beragam penjelasan atas jenis-jenis manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *