Pengertian Iklim Kutub, Ciri, Jenis, dan Contoh Flora Fauna

Diposting pada

Pengertian Iklim Kutub, Ciri, Jenis, dan Contoh Flora Beserta Faunanya

Arti iklim adalah suatu prakiraan atau sedang terjadi rata-rata cuaca dimana cuaca di wilayah tertentu merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu. Iklim kutub merupakan iklim yang ditemukan di dekat Kutub Utara dan Selatan. Iklim ini juga terjadi di pegunungan tinggi di garis lintang yang lebih rendah.  Iklim kutub dicirikan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu kondisi suhunya, pada musim dingin benar-benar gelap dan sangat dingin. Hari-hari musim panas memang panjang, tetapi matahari rendah di cakrawala sehingga musim panas terasa sejuk.

Suhu rata-rata bulan terpanas kurang dari 10° C (50 ° F). Kisaran suhu tahunan sangat besar. Karena iklim ini ditemukan di kutub utara dan selatan bumi, jenis flora dan faunanya pun berbeda. Misalnya, di kutub utara contoh floranya yaitu lumut, sedangkan contoh faunanya yaitu beruang kutub. Iklim kutub sebenarnya mempunyai ciri dan jenis yang sangat banyak, maka dari itu artikel ini akan menjelaskan tentang materi terkait.

Iklim Kutub

Di planet Bumi, satu-satunya arti benua di mana iklim kutub lapisan es dominan adalah Antartika. Semua kecuali beberapa daerah pesisir terpencil di pulau Greenland juga memiliki iklim tudung es. Wilayah pesisir Greenland yang tidak mempunyai lapisan es secara permanen mempunyai iklim tundra yang tidak terlalu ekstrim.

Bagian paling utara dari daratan Eurasia, dari pantai timur laut yang ekstrim di Skandinavia dan ke arah timur hingga Selat Bering, sebagian besar Siberia utara dan Islandia utara memiliki iklim tundra juga. Daerah yang luas di Kanada bagian utara dan Alaska bagian utara memiliki iklim tundra, yang berubah menjadi iklim lapisan es di bagian paling utara Kanada.

Amerika Selatan paling selatan (Tierra del Fuego yang berbatasan dengan Jalur Drake) dan pulau-pulau sub-antartika seperti Kepulauan Shetland Selatan dan Kepulauan Falkland beriklim tundra dengan kisaran suhu rendah, yaitu tidak ada bulan dengan suhu sehangat 10° C (50 ° F) ). Dataran rendah sub-Antartika ini ditemukan lebih dekat ke ekuator daripada tundra pesisir di cekungan Arktik.

Pengertian Iklim Kutub

Iklim kutub adalah daerah yang ditandai dengan kurangnya musim panas yang hangat. Wilayah dan perwilayahan dengan iklim kutub mencakup lebih dari 20% luas bumi. Sebagian besar wilayah ini jauh dari khatulistiwa. Iklim kutub terdiri atas musim panas yang sejuk dan musim dingin yang sangat dingin, yang menghasilkan tundra tanpa pohon, gletser, atau lapisan es permanen ataupun semi permanen. Makna dari iklim kutub adalah cuaca yang terjadi di wialayah tertentu dengan kondisi tertentu juga.

Pengertian Iklim Kutub Menurut Para Ahli

Adapun definisi iklim kutub menurut para ahli, antara lain:

  1. Encyclopedia, Iklim kutub adalah jenis iklim yang terkait dengan wilayah di dalam Lingkaran Arktik dan Antartika. Gradasi karakteristik iklim ada di kutub, dari kondisi tundra hingga beku abadi.
  2. The Free Doctionary By Farlex, Arti iklim kutub adalah jenis iklim di wilayah kutub geografis, paling sering dianggap sebagai iklim yang terlalu dingin untuk mendukung pertumbuhan pepohonan. Juga dikenal sebagai iklim salju.

Ciri Iklim Kutub

Karakteristik yang ada dalam iklim kutub diantaranya yaitu;

  1. Suhu sangat rendah, bisa sampai -32 ° C! Di Antartika, suhu terendah yang pernah tercatat adalah -89 ° C (sekitar -128 ° F). Dalam cuaca yang sedingin itu, kita dapat menghancurkan baja dengan satu ketukan. Bukan hanya hari-hari yang sangat dingin yang memengaruhi orang-orang di sini, tetapi juga fakta bahwa – misalnya, di Nuuk (ibu kota Greenldand) – cuaca yang sangat dingin berlangsung selama berbulan-bulan. Selama enam bulan dalam setahun, suhu rata-rata tidak naik di atas nol di ibu kota Greenland.
  2. Hal utama yang membentuk iklim di zona kutub adalah lokasinya – atau dengan kata lain, garis lintangnya. Nuuk terletak lebih dekat ke Kutub Utara daripada ke Khatulistiwa (letaknya tepat di selatan Lingkaran Arktik). Energi yang diterima dari matahari pada titik ini tersebar di area yang luas di permukaan bumi. Di musim dingin di Greenland, matahari tidak naik tinggi di langit. Padahal, pada hari terpendek (dan malam terpanjang) di musim dingin, matahari hanya terbit di atas ufuk selama kurang lebih empat jam.
  3. Di musim dingin, area yang ditemukan di utara Lingkaran Arktik, atau di selatan Lingkaran Antartika, mengalami setidaknya satu hari ketika matahari tidak terbit sama sekali – saat itu sangat gelap! Dan di musim panas di daerah kutub, karena kemiringan Bumi, matahari bersinar selama 24 jam penuh setidaknya dalam satu hari.
  4. Zona kutub mencakup seperlima dari permukaan bumi dan mencakup wilayah daratan dan laut yang tertutup oleh lapisan es, serta wilayah luas tanah beku yang disebut tundra.
  5. Iklim yang keras berarti hanya hewan yang tubuhnya beradaptasi dengan baik terhadap dingin yang berhasil berada di zona kutub. Hewan seperti beruang kutub (di belahan bumi utara) dan penguin (di selatan) telah beradaptasi untuk bertahan hidup di sana. Tetapi ini bukanlah area dengan keanekaragaman hayati yang tinggi di dunia: tidak terdapat banyak variasi hewan. Zona beriklim kutub di muka bumi yang dibagi menjadi kutub utara dan kutub selatan memiliki karakteristik masing-masing, yaitu sebagai berikut:

 

  1. Arktik

Beberapa bagian Kutub Utara tertutup es sepanjang tahun, dan hampir seluruh bagiannya mengalami periode yang lama dengan beberapa bentuk es di permukaan. Suhu rata-rata bulan Januari berkisar antara −40 hingga 0 ° C (−40 hingga 32 ° F), dan suhu musim dingin dapat turun di bawah −50 ° C (−58 ° F) di sebagian besar Kutub Utara.

Suhu rata-rata bulan Juli berkisar antara sekitar −10 hingga 10 ° C (14 hingga 50 ° F), dengan beberapa area daratan terkadang melebihi 30 ° C (86 ° F) di musim panas. Arktik terdiri atas wilayah lautan yang hampir dikelilingi oleh daratan. Dengan demikian, sebagian besar iklim di Kutub Utara dimoderasi oleh air laut, yang tidak pernah memiliki suhu di bawah −2 ° C (28 ° F).

Di musim dingin, air yang relatif hangat ini, meskipun tertutup oleh bongkahan es kutub, membuat Kutub Utara tidak menjadi tempat terdingin di Belahan Bumi Utara, dan itu juga merupakan bagian dari alasan Antartika jauh lebih dingin daripada Kutub Utara. Di musim panas, keberadaan air di dekatnya menjaga daerah pesisir dari pemanasan sebanyak yang mereka bisa, seperti halnya di daerah beriklim sedang dengan iklim laut.

  1. Antartika

Iklim Antartika adalah yang terdingin di Bumi. Antartika memiliki suhu alami terendah yang pernah tercatat: −89,2 ° C (−128,6 ° F) di Stasiun Vostok. Ini juga sangat kering (secara teknis gurun), dengan curah hujan rata-rata 166 milimeter per tahun. Di daerah Antartika juga suhu rata rata sekitar -17 derajat

Jenis Iklim Kutub

Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen, ada dua jenis iklim kutub: ET dan TY, atau iklim tundra; dan EF, atau iklim tudung es.

  1. Iklim Tundra (ET)

Salah satu dari ilkim kutub adalah ilklim tundra, Iklim tundra adalah iklim kontinental, dengan musim dingin yang parah. Suhu sangat dingin sehingga lapisan tanah yang membeku secara permanen, yang disebut permafrost, terbentuk di bawah permukaan. Lapisan beku ini bisa mencapai kedalaman ratusan meter.

Suhu rata-rata pada bulan-bulan terhangat berada di atas titik beku, sehingga suhu musim panas mencairkan bagian paling atas dari permafrost. Di musim dingin, permafrost mencegah air mengalir ke bawah. Iklim tundra biasanya selalu berubah ubah dengan curah hujan yang sedikit.

Di musim panas, tanahnya berawa. Meskipun curah hujan cukup rendah di banyak tempat untuk memenuhi syarat sebagai gurun, tingkat penguapan juga rendah, sehingga lanskap menerima lebih banyak air yang dapat digunakan daripada gurun.

Karena kurangnya tanah bebas es di dekat Kutub Selatan, hanya ada sedikit tundra di Belahan Bumi Selatan. Satu-satunya tanaman yang dapat bertahan di musim dingin yang keras dan musim panas yang basah adalah tanaman kecil yang menempel di tanah seperti lumut, lumut, semak kecil, dan pohon kecil yang tersebar yang membentuk tundra.

  1. Tudung Es (EF) atau Ibun Abadi/Tanah Beku

Lapisan es kebanyakan ditemukan di Greenland dan Antartika, sekitar 9 persen dari luas daratan Bumi. Lapisan es mungkin tebalnya ribuan meter. Daerah tudung es memiliki suhu tahunan rata-rata yang sangat rendah, misalnya −290 C (−200 F) di Eismitte, Greenland. Curah hujan rendah karena udaranya terlalu dingin untuk menahan banyak kelembapan. Salju kadang turun di musim panas.

Contoh Flora dan Fauna di Iklim Kutub

Contoh flora dan fauna di wilayah beriklim kutub, yang dibagi menjadi wilayah kutub utara dan selatan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kutub Utara (Arktik)

Contohnya floranya, antara lain:

  1. Sayuran yang tumbuh di Arktik adalah semak kerdil, lumut.
  2. Tanaman berkurang di bagian utara, dan suhu yang lebih dingin menyebabkan ukuran, kelimpahan, produktivitas dan varietas tanaman berkurang.
  3. Di bagian terhangat Kutub Utara, Semak, Lumut, Lumut kerak dapat tumbuh tinggi dan membentuk lapisan tebal.
  4. Di bagian terdingin Arktik, tumbuhan non-vaskular seperti rumput dan semak dapat bertahan hidup di sana.

Contohnya faunanya, antara lain:

  1. Beruang kutub adalah hewan terkenal di Kutub Utara. Itu adalah predator yang berburu kehidupan laut dari es.
  2. Puffin adalah burung laut Arktik.
  3. Moose adalah anggota famili rusa terbesar di Kutub Utara.
  4. Malamute Alaska adalah anjing kereta luncur yang kuat dari Alaska.

 

  1. Kutub Selatan (Antartika)

Contohnya floranya, antara lain:

  1. Karena kurangnya sinar matahari, suhu dingin, kurangnya kelembaban, dan tanah yang buruk, tanaman tidak dapat tumbuh di Antartika.
  2. Hanya dua flora yang dapat tumbuh di Antartika yaitu rumput rambut Antartika dan lumut mutiara Antartika. Tumbuh paling banyak selama beberapa minggu di musim panas.

Contohnya faunanya, antara lain:

  1. Anjing laut Weddell adalah hewan es. Mereka tinggal lebih jauh ke selatan, dan anjing laut betina melahirkan anak mereka pada akhir Agustus dan awal November.
  2. Penguin tinggal jauh di selatan. Mereka bisa menempuh jarak 100 kilometer.
  3. Di Antartika, Paus pembunuh (killer whale, juga dikenal sebagai orca) hidup di tengah-tengah es, tetapi mereka dikatakan tidak melampaui garis es di lautan Arktik.
  4. Jamur dan beberapa jenis bakteri telah ditemukan hidup terperangkap jauh di bawah gletser.

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai pemaparan pengertian iklim kutub, ciri, jeni dan contoh flora beserta faunanya. Semoga tulisan artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat menjadi salah satu sumber referensi terkait materi tersebut.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.