Pengertian Lingkungan Daratan dan Contohya

Diposting pada

Pengertian Lingkungan Daratan dan contohnya

Lingkungan terbentuk secara alamiah tanpa campur tangan manusia sehingga biasanya jenis-jenis kenampakan di permukaan bumi sangat bermacam-macam. Lingkungan adalah komponen/unsur lingkungan yang merupakan sumber dari segala sumber kehidupan. Lingkungan yang terjadi di planet bumi dapat memengaruhi perkembangan makhluk hidup termasuk juga penghasilan sumber daya alam yang ada di daerah tersebut.

Suatu lingkungan yang terbentuk dari proses alam. Secara garis besar dapat diketahui bahwa lingkungan daratan merupakan wilayah perwilayahan yang sangat di butuhkan manusia guna untuk melaksanakan kegiatan manusia berlangsung. Lingkungan secara geografis dapat menjadi sebuah asupan yang penting untuk keberlanjutan makhluk hidup di dunia.

Pengertian Lingkungan Daratan

Arti lingkungan daratan adalah lingkungan yang terdiri dari berbagai bentuk lahan. Ini mengacu pada luas daratan bumi yang meliputi permukaan buatan manusia dan alam, karakter bawah permukaan, antarmuka dan interaksinya dengan atmosfer bumi dan lautan. Lingkungan daratan wilayahnya terbentuk karena adanya beberapa unsur yang mendukung seperti abiotik, biotik dan organisme yang lainnya. Lingkungan alam semesta ini terbentuk dari lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik di alam.

Lingkungan daratan juga dapat merujuk pada ekosistem daratan yang merupakan jenis ekosistem yang hanya ditemukan pada bentuk daratan. Ekosistem darat adalah komunitas organisme berbasis darat dan interaksi komponen biotik dan abiotik di wilayah tertentu. Jenis ekosistem darat yang ditemukan di suatu tempat bergantung pada kisaran suhu, jumlah curah hujan rata-rata yang diterima, jenis tanah, dan jumlah cahaya yang diterimanya.

Contoh Lingkungan Daratan

Contoh lingkungan daratan, diantaranya yaitu:

  1. Hutan

Meskipun ekosistem hutan dapat dibagi lagi menjadi empat sub kelompok berbeda, tetapi semua ekosistem darat ini memiliki populasi pohon yang lebat dan tingkat curah hujan sedang hingga tinggi yang sama. Hutan termasuk lingkungan alam yang daratan yang menyimpan segudang kebermanfaatn untuk manusia terlebih hutan merupakan paru-paru dunia.

Misalnya, hutan hujan tropis adalah rumah bagi keanekaragaman hewan yang luar biasa. Iklimnya panas dengan curah hujan yang tinggi, dan vegetasi tumbuh dalam beberapa lapisan dari lantai hutan hingga kanopi. Akan tetapi, hutan di India dan Brasil bagian timur memiliki musim hujan dan cuaca kering yang spesifik. Hutan ini disebut hutan gugur tropis.

  1. Padang rumput

Dalam ekosistem padang rumput, pohon sangat jarang karena tersapu oleh kondisi lingkungan dan kebakaran semak (meskipun pohon tunggal dan beberapa tegakan pohon bertahan). Namun, padang rumput, seperti yang ditunjukkan namanya, menerima curah hujan yang cukup untuk menopang berbagai varietas rumput. Kenampakan alam daratan selanjutnya dapat berupan wilayah yang di tumbuhi rerumputan luas sepertti sabana.

Padang rumput dibagi lagi menjadi padang rumput tropis (juga dikenal sebagai sabana); padang rumput beriklim sedang, seperti padang rumput di Midwest di Amerika Serikat; dan padang rumput kutub seperti tundra Kanada utara.

  1. Gurun Pasir

Gurun pasir adalah ekosistem dengan penghuninya yang tangguh, mampu bertahan di lingkungan yang menerima curah hujan kurang dari 10 inci (25 cm) setiap tahun. Gurun pasir mungkin panas atau dingin. Gurun pasir adalah rumah bagi banyak tanaman yang tidak aktif sampai hujan. Komponen lingkungan berupa tanah air batu udara maka dari itu didalam sebuah gurun pasir sekaligud pun juga terdaoat sumber mata air akan tetapi keberadaannya sangat langka.

Itu juga rumah bagi tanaman yang mampu menyimpan air mereka sendiri, seperti kaktus. Adaptasi tanaman lain di gurun termasuk akar yang tersebar luas dan daun kecil dengan penutup lilin.

Di gurun yang panas, beberapa hewan gurun bertahan dari panas yang membakar dengan menggali atau tinggal di gua. Banyak hewan yang sebagian besar aktif di malam hari, tinggal di bawah tanah selama siang hari yang panas dan mencari makan di malam hari saat cuaca lebih dingin.

  1. Pegunungan

Ekosistem pegunungan sering kali menjadi rumah bagi beberapa contoh ekosistem darat yang lebih kecil, termasuk padang rumput atau kawasan hutan. Karena perubahan ketinggian yang curam antara puncak dan lembah, iklim daerah pegunungan bisa sangat bervariasi, memberikan iklim mikro yang dapat mengembangkan contoh lingkungan darat yang berbeda. Ekosistem yang ada di pegunungan merupakan suatu satu kesatuan yang terjadi karena adanya aktivitas dari makhluk hidup di sekitar.

Beberapa pegunungan, seperti Pegunungan Rocky di Amerika Utara dan Andes di Amerika Selatan, terbentang hingga ribuan mil. Pegunungan lain lebih terisolasi, mengembangkan ekosistem dengan luas yang jauh lebih terbatas.

  1. Tundra

Tundra adalah gurun kutub tanpa pohon yang ditemukan di garis lintang tinggi di wilayah kutub, terutama di Alaska, Kanada, Rusia, Greenland, Islandia, dan Skandinavia, serta pulau-pulau sub-Antartika. Manfaat lingkungan daratan yang daat digunakan pada penampakan alam tundra ini adalah dapat menjadi rumah bagi hewan sekaligsu dapat melanjutkan keberlangsunagn kehidupannya.

Secara struktural, tundra adalah hamparan tanpa pohon yang mendukung komunitas alang-alang dan semak belukar serta semak kerdil. Sebagian besar curah hujan turun dalam bentuk salju selama musim dingin sementara tanah cenderung bersifat asam dan jenuh dengan air yang tidak membeku.

Demikianlah materi yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai penjelasan tentang pengertian lingkungan daratan dan contohnya. Semoga artikel yang telah di tulis ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kepada seluruh pembaca serta dapat menjadi salah satu sumber rujukan informasi materi yang terkait.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.