Pengertian Planet Venus, Sejarah, Karakteristik, dan Ciri-Cirinya

Diposting pada

Planet Venus Adalah

Venus adalah planet kedua dari Matahari dan tetangga terdekat planet kita. Mirip dalam struktur dan ukurannya dengan Bumi, Venus berputar perlahan ke arah yang berlawanan dari kebanyakan planet. Dan rotasinya sangat lambat. Meskipun Venus bukan planet yang paling dekat dengan Matahari, Venus masih merupakan planet terpanas, karena memiliki lapisan atmosfer yang tebal yang dapat memerangkap panas dalam efek rumah kaca yang tak terkendali, menjadikannya planet terpanas di tata surya kita dengan suhu permukaan yang cukup panas untuk melelehkan timbal.

Venus terlihat seperti planet yang sangat aktif. Memiliki gunung berapi. Ukuran Venus serupa dengan Bumi. Bumi hanya sedikit lebih besar. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang venus, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, sejarah, karakteristik, dan ciri-ciri planet venus.

Planet Venus

Venus dinamai berdasarkan nama Dewi Cinta Romawi. Ini adalah objek yang terang di langit bahkan ketika permukaannya tersembunyi oleh awan. Namun demikian, Galileo menemukan bahwa Venus memiliki fase seperti Bulan Kemudian pada tahun 1639 Jeremiah Horrocks menjadi orang pertama yang mengamati transit Venus (Ketika Venus berada diantara struktur Bumi dan Matahari, Venus terlihat sebagai tempat yang bergerak melintasi cakram Matahari).

Permukaan venus diselimuti awan. Orang-orang mengira itu terbuat dari uap air tetapi sebenarnya mereka adalah asam sulfat. Di masa lalu permukaan Venus adalah sebuah misteri. Beberapa orang membayangkan bahwa meskipun itu jelas akan lebih panas daripada pengertian Bumi, tapi Venus mendukung kehidupan dan manusia dapat hidup di sana.

Pengertian Venus

Venus adalah planet terestrial dan kadang-kadang disebut “planet saudara” Bumi karena ukuran, massa, kedekatannya dengan Matahari yang sama, dan komposisnya. Secara radikal berbeda dari Bumi dalam hal lain. Venus memiliki atmosfer terpadat dibandingkan empat planet terrestrial lainnya, yang terdiri dari lebih dari 96% karbon dioksida.

Tekanan dalam pengertian atmosfer di permukaan planet ini adalah 92 kali dari Bumi, atau kira-kira tekanan itu ditemukan 900 m (3.000 kaki) di bawah air di Bumi. Venus sejauh ini merupakan planet terpanas yang ada di dalam sistem Tata Surya, dengan suhu permukaan rata-rata 735 K (462 ° C; 863 ° F), meskipun Merkurius lebih dekat ke Matahari.

Venus diselimuti oleh lapisan asam sulfat yang sangat reflektif, mencegah permukaannya terlihat dari ruang angkasa dalam cahaya tampak. Mungkin ada air laut di masa lalu, tetapi ini akan menguap karena suhu naik disebabkan oleh efek rumah kaca yang tak terkendali.

Sebagai planet terdekat dengan Bumi, Venus telah menjadi target utama untuk eksplorasi awal antarplanet. Itu adalah planet pertama di luar Bumi yang dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa (Mariner 2 pada tahun 1962), dan yang pertama berhasil mendarat (oleh Venera 7 pada tahun 1970).

Pengertian Venus Menurut Para Ahli

Adapun pengertian planet venus menurut para ahli, antara lain:

Spce

Venus ialah planet kedua dari Matahari, yang dinamai berdasarkan nama Dewi cinta dan Keindahan dalam mitologi Romawi. Pada zaman kuno, Venus sering dianggap sebagai dua bintang yang berbeda, bintang malam dan bintang pagi-yaitu bintang yang pertama kali muncul saat matahari terbenam dan matahari terbit.

Dalam bahasa Latin, mereka masing-masing dikenal sebagai Vesper dan Lucifer. Pada zaman Kristen, Lucifer, atau “pembawa cahaya”.

NASA

Venus adalah planet kedua dari Matahari, dan merupakan tetangga terdekat Bumi di tata surya. Venus adalah objek paling terang di langit setelah Matahari dan Bulan, dan terkadang terlihat seperti bintang terang di langit pagi atau sore hari. Planet ini sedikit lebih kecil dari Bumi, dan mirip dengan Bumi di dalamnya.

Kita tidak bisa melihat permukaan Venus dari Bumi, karena tertutup oleh awan tebal. Namun, misi ruang angkasa ke Venus telah menunjukkan kepada kita bahwa permukaannya ditutupi dengan kawah, gunung berapi, gunung, dan dataran lava besar. Permukaan dengan suhu yang sangat tinggi dapat melelehkan timbal, atmosfer yang begitu kental itu akan menghancurkan, dan awan asam sulfat yang berbau seperti telur busuk.

Wikipedia

Venus ialah planet terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Planet ini mengorbit Matahari selama 224,7 hari Bumi. Venus tidak memunyai satelit alami. Planet ini adalah objek alami tercerah di langit malam, dengan magnitudo tampak sebesar −4,6 yang cukup cerah untuk menghasilkan bayangan.

Venus termasuk planet inferior dengan sudut elongasi yang mencapai 47,8°. Tingkat kecerahan maksimal planet ini bisa dilihat sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam, sehingga disebut bagian daripada pengertian Bintang Fajar atau Bintang Senja. Venus tidak memiliki satelit alami.

Seejarah Venus

Venus adalah nama Romawi untuk Dewi cinta Yunani; Afrodit. Orang Mesir kuno berpikir bahwa Venus sebenarnya adalah dua objek yang terpisah, yaitu bintang pagi dan bintang malam yang sama sekali berbeda. Matematikawan awal Pythagoras adalah salah satu yang pertama mengakui bahwa bintang-bintang pagi dan malam sebenarnya adalah objek yang sama: Venus. Jadi mungkin dia adalah orang pertama yang “menemukan Venus”.

Peradaban Maya sangat menghormati Venus, dan planet ini menonjol dalam kalender agama mereka. Begitu ia membangun teleskop rudimenter pertamanya, Galileo membelokkannya ke Venus, menemukan bahwa planet itu melewati fase-fase seperti Bulan, berubah dari bulan sabit ke menjadi penuh dan kemudian kembali lagi. Ini adalah salah satu bukti terkuat bahwa Venus mengelilingi Matahari, dan bukan Bumi seperti yang diyakini orang lain.

Karena Venus selalu dikaburkan oleh awan tebal, penulis fiksi ilmiah bebas untuk membayangkan apa pun yang mereka inginkan ada di permukaan Venus. Awan membantu mereka membayangkan dunia tropis yang hangat dengan curah hujan yang konstan dan vegetasi yang subur. Yang benar, tentu saja, adalah bahwa Venus adalah dunia panas tanpa kehidupan.

Karakteristik Planet Venus

Adapun karakteristik yang ada dalam planet venus ini, antara lain adalah sebagai berikut;

Karakter fisik

Venus dan permukaan Bumi sering disebut kembar karena mereka memiliki ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan gravitasi yang serupa. Venus adalah planet terpanas di tata surya. Meskipun Venus bukanlah planet yang paling dekat dengan matahari, atmosfernya yang padat memerangkap panas. Suhu di Venus mencapai 870 derajat Fahrenheit (465 derajat Celcius).

Venus memiliki atmosfer yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dengan awan asam sulfat, dan para ilmuwan hanya mendeteksi sejumlah kecil air di atmosfer. Atmosfernya lebih berat daripada planet lain mana pun, yang mengarah pada tekanan permukaan 90 kali Bumi. Namun, yang luar biasa, menurut model dari para peneliti NASA di Goddard Institute for Space Studies, di awal sejarah Venus, planet ini mungkin dihuni.

Permukaan Venus sangat kering. Selama evolusinya, sinar ultraviolet dari pengertian matahari menguapkan air dengan cepat, menjaganya tetap dalam kondisi cair. Tidak ada air cair di permukaannya saat ini karena panas terik yang diciptakan oleh atmosfernya yang memenuhi ozon akan menyebabkan air mendidih.

Sekitar dua pertiga permukaan Venus ditutupi oleh dataran yang halus yang dirusak oleh ribuan gunung berapi, beberapa di antaranya masih aktif sampai sekarang, dengan lebar sekitar 0,5 hingga 150 mil (0,8 hingga 240 kilometer), dengan aliran lava yang terpahat panjang, kanal yang berliku hingga lebih dari 3.000 mil (5.000 km) panjangnya, lebih panjang dari pada planet lain mana pun.

Enam daerah pegunungan membentuk sepertiga dari permukaan Venus. Satu jajaran gunung, yang disebut Maxwell, memiliki panjang sekitar 540 mil (870 km) dan mencapai ketinggian sekitar 7 mil (11,3 km), menjadikannya kenamapakan tertinggi di planet ini.

Venus juga memiliki sejumlah kenampakan permukaan yang berbeda dengan kenamapakan apapun di Bumi. Sebagai contoh, Venus memiliki korona, atau mahkota – struktur seperti cincin yang berkisar sekitar 95 hingga 360 mil (155 hingga 580 km) lebarnya. Para ilmuwan percaya ini terbentuk ketika bahan panas di bawah kerak mengalami kenaikan, membengkokkan permukaan planet.

Iklim di Venus

Pesawat ruang angkasa Venus Express, misi Badan Antariksa Eropa yang beroperasi antara 2005 dan 2014, dengan penuh rasa ingin tahu menemukan bukti kilat di planet ini. Petir ini unik dari yang ditemukan di planet lain di tata surya, karena tidak terkait dengan awan berair. Sebaliknya, di Venus, kilat dikaitkan dengan awan asam sulfat. Para ilmuwan sangat senang dengan pelepasan listrik ini, karena mereka dapat memecah molekul menjadi fragmen yang kemudian dapat bergabung dengan fragmen lain dengan cara yang tak terduga.

Siklon berumur panjang di Venus, pertama kali diamati pada tahun 2006, diamati dalam fluks yang konstan, dengan unsur-unsur yang terus-menerus pecah dan berubah. Awan juga membawa tanda-tanda peristiwa meteorologis yang dikenal sebagai gelombang gravitasi, yang disebabkan ketika angin berhembus ke kenampakan geologis, menyebabkan naik dan turunnya lapisan udara.

Garis-garis yang tidak biasa di awan atas Venus dijuluki “peredam biru” atau “peredam ultraviolet” karena sangat menyerap cahaya dalam panjang gelombang biru dan ultraviolet. Ini menyerap sejumlah besar energi – hampir setengah dari total energi matahari yang diserap planet ini.

Dengan demikian, mereka tampaknya memainkan peran utama dalam menjaga Venus dalam kondisi tetap sanagat panas. Komposisi tepatnya masih belum pasti; beberapa ilmuwan berpendapat itu bahkan mungkin kehidupan, walaupun banyak hal yang perlu dikesampingkan sebelum menerima kesimpulan itu.

Ciri-Ciri Planet Venus

Ciri-ciri planet Venus secara umum antara lain, adalah sebagai berikut;

Ukuran dan Jarak

Dengan radius 3.760 mil (6.052 kilometer), ukuran Venus kira-kira sama dengan Bumi – hanya sedikit lebih kecil. Dari jarak rata-rata 67 juta mil (108 juta kilometer), Venus berjarak 0,7 unit astronomi dari Matahari. Satu unit astronomi (disingkat AU), adalah jarak dari Matahari ke Bumi.

Orbit dan Rotasi

Rotasi dan orbit Venus tidak biasa dalam beberapa hal. Venus adalah salah satu dua planet yang berputar dari timur ke barat. Hanya Venus dan Uranus yang memiliki rotasi “mundur” ini. Venus menyelesaikan satu kali rotasi dalam 243 hari Bumi – hari terpanjang dari planet mana pun di tata surya kita, bahkan lebih lama dari setahun penuh di Venus.

Tetapi Matahari tidak terbit dan terbenam setiap “hari” di Venus seperti di kebanyakan planet lain. Di Venus, satu siklus malam hari membutuhkan 117 hari Bumi karena Venus berputar ke arah yang berlawanan dengan revolusi orbitnya mengelilingi Matahari.

Venus mengorbit Matahari dalam 225 hari Bumi atau sedikit kurang dari dua siklus siang-malam Venus. Orbitnya mengelilingi Matahari adalah yang paling melingkar dari planet mana pun – hampir merupakan lingkaran sempurna. Orbit planet lain lebih berbentuk elips, atau oval. Dengan kemiringan aksial hanya 3 derajat, Venus berputar hampir tegak, dan karenanya tidak mengalami musim yang nyata.

Pembentukan

Ketika anggota tata surya menetap di ruang angkasa sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, Venus terbentuk ketika gravitasi menarik gas dan debu yang berputar-putar untuk membentuk planet kedua dari Matahari. Seperti sesama planet terestrial, Venus memiliki inti pusat, mantel berbatu, dan kerak bumi yang kokoh.

Struktur

Venus dalam banyak hal mirip dengan Bumi dalam strukturnya. Venus memiliki inti besi dengan radius sekitar 2.000 mil (3.200 kilometer). Di atas itu adalah mantel yang terbuat dari batu panas yang perlahan bergolak karena panas interior planet ini. Permukaannya adalah lapisan tipis berbatu yang menonjol dan bergerak saat mantel Venus bergeser dan menciptakan gunung berapi.

Dari luar angkasa, Venus berwarna putih cerah karena tertutup awan yang memantulkan dan menyebarkan sinar matahari. Di permukaan, bebatuan memiliki nuansa abu-abu yang berbeda, seperti bebatuan di Bumi, tetapi atmosfer tebal menyaring sinar matahari sehingga semuanya akan terlihat oranye jika kita berdiri di Venus.

Venus memiliki gunung, lembah, dan puluhan ribu gunung berapi. Gunung tertinggi di Venus, Maxwell Montes, tingginya 20.000 kaki (8,8 kilometer), mirip dengan gunung tertinggi di Bumi, Gunung Everest. Bentang alamnya berdebu, dan suhu permukaan mencapai 880 derajat Fahrenheit (471 derajat Celsius) yang mendidih.

Diperkirakan bahwa Venus sepenuhnya muncul kembali oleh aktivitas gunung berapi 300 hingga 500 juta tahun yang lalu. Venus memiliki dua wilayah dataran tinggi yang besar: Ishtar Terra, seukuran Australia, di wilayah kutub utara; dan Aphrodite Terra, seukuran Amerika Selatan, mengangkangi khatulistiwa dan memanjang hampir 6.000 mil (10.000 kilometer).

Venus tertutupi oleh kawah, tetapi tidak ada yang lebih kecil dari 1,5 hingga 2 mil. Meteoroid kecil terbakar di atmosfer yang padat, jadi hanya meteoroid besar yang mencapai permukaan dan menciptakan kawah.

Atmosfer

Atmosfer Venus terutama terdiri dari karbon dioksida, dengan awan tetesan asam sulfat. Atmosfer yang tebal menjebak panas Matahari, yang menghasilkan suhu permukaan lebih tinggi dari 880 derajat Fahrenheit (470 derajat Celsius). Atmosfernya memiliki banyak lapisan dengan suhu berbeda. Pada tingkat di mana awan berada, sekitar 30 mil dari permukaan, temperaturnya hampir sama dengan di permukaan Bumi.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai artikel pengertian planet venus menurut para ahli, sejarah, karakteristik, dan ciri-cirinya. Semoga dengan hadirnya tulisan ini memberikan edukasi serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *