Pengertian Planet Merkurius, Sejarah, Karakteristik, dan Cirinya

Diposting pada

Planet Merkurius Adalah

Merkurius bisa dikatakan sebagai planet terdekat dengan matahari. Namun, orbit Merkurius bukanlah lingkaran yang sempurna. Merkurius adalah planet tercepat di dalam sistem tata surya, melaju dengan kecepatan sekitar 29 mil per detik dan menyelesaikan setiap orbit mengelilingi matahari hanya dalam 88 hari Bumi. Merkurius juga merupakan planet terkecil di tata surya, berukuran hanya 3,032 mil di khatulistiwa. Itu membuatnya hanya sedikit lebih besar dari bulan Bumi adalah yang paling sulit dipahami dari lima planet yang dapat terlihat dengan mata telanjang.

Hal ini karena posisinya di tata surya, Merkurius melewati antara struktur Bumi dan matahari 13 kali setiap abad dalam suatu peristiwa yang dikenal sebagai transit. Selama transit Merkurius, pengamat di Bumi dapat melihat planet ini dalam siluet karena tampaknya menyapu cakram matahari. Untuk memahami pemahaman kita tentang planet Merkurius, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, sejarah, karakteristik, dan ciri-ciri planet Merkurius.

Planet Merkurius

Merkurius setidaknya telah diketahui oleh bangsa Sumeria, sekitar 5.000 tahun yang lalu. Di Yunani Klasik, planet ini disebut Apollo ketika muncul sebagai bintang fajar sebelum matahari terbit.

Planet kecil ini berputar perlahan dibandingkan dengan permukaan Bumi, jadi satu hari akan berlangsung lebih lama. Merkurius membutuhkan 59 hari Bumi untuk melakukan satu putaran penuh. Setahun di Merkurius berjalan dengan cepat, karena letaknya planet terdekat dengan pengertian matahari.

Planet ini menyelesaikan satu revolusi mengelilingi matahari hanya dalam 88 hari Bumi. Karena Merkurius memiliki putaran yang lambat dan tahun yang pendek, dibutuhkan waktu yang lama bagi matahari untuk terbit dan terbenam di sana. Karena terbit atau terbenamnya selalu dalam waktu sekitar dua jam dari Matahari, tidak pernah dapat diamati ketika langit gelap gulita. Merkuri ditunjuk oleh simbol ☿.

Pengertian Planet Merkurius

Merkuri adalah planet terkecil di anggota tata surya kita. Ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan satelit (bulan) Bumi. Ini adalah planet terdekat dengan matahari, tetapi sebenarnya bukan yang terpanas, karena Venus lebih panas.

Merkurius adalah salah satu planet berbatu (selain Venus, Bumi, dan Mars). Planet ini memiliki permukaan padat yang ditutupi dengan kawah. Lapisan atmosfernya tipis, dan tidak memiliki satelit.

Pengertian Planet Merkurius Menurut Para Ahli

Adapun definisi planet Merkurus menurut para ahli, antara lain:

  1. Space

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Dengan demikian, ia mengitari matahari lebih cepat dari semua planet lain, itulah sebabnya orang-orang Romawi menamakannya menurut dewa utusan mereka yang paling cepat.

Bangsa Sumeria sudah mengenal Merkurius sejak setidaknya 5.000 tahun yang lalu. Itu sering dikaitkan dengan Nabu, dewa tulisan. Merkurius juga diberi nama terpisah untuk penampilannya sebagai bintang pagi dan bintang malam. Namun, para astronom Yunani tahu bahwa kedua nama itu merujuk pada tubuh yang sama, dan Heraclitus, sekitar 500 SM, dengan tepat mengira bahwa Merkurius dan Venus mengorbit matahari, bukan pada pengertian Bumi.

  1. Universe Today

Merkurius adalah planet yang terdekat dengan Matahari, yang terkecil dari delapan planet lain, dan salah satu planet paling ekstrem di Tata Surya kita. Planet ini adalah salah satu dari segelintir yang dapat dilihat tanpa bantuan teleskop. Karena itu, ia telah memainkan peran aktif dalam sistem mitologis dan astrologi dari banyak budaya.

Terlepas dari itu, Merkurius adalah salah satu planet yang paling sedikit dipahami di Tata Surya kita. Sama seperti Venus, orbitnya antara Bumi dan Matahari, berarti bahwa ia dapat dilihat pada pagi dan sore hari (tetapi tidak pernah di tengah malam). Dan seperti palnet Venus dan Bulan, ia juga melewati fase; sebuah karakteristik yang awalnya membingungkan para astronom, tetapi akhirnya membantu mereka untuk menyadari sifat sebenarnya dari Tata Surya.

Sejarah Merkurius

Merkurius diberi nama sesuai dengan utusan para Dewa Romawi. Merkurius terlihat dengan mata telanjang dan telah dikenal sejak Zaman Kuno. Pada awal abad ke-17 Galileo mengamati Merkurius melalui teleskopnya. Pada 1631 Pierre Gassendi menjadi orang pertama yang mengamati transit Merkurius melintasi Matahari. Kemudian pada tahun 1639 seorang pria bernama Giovanni Zupi menunjukkan bahwa Merkurius memiliki fase seperti Bulan dan Venus.

Pada akhir abad ke-19, astronom Italia Giovanni Schiaparelli mengemukakan bahwa ‘satu hari’ di Merkurius berlangsung selama 88 hari pada waktu yang sama yang diperlukan untuk mengorbit Matahari. Itu berarti satu sisi Merkurius selalu menghadap Matahari dan satu sisi selalu menghadap ke luar angkasa. Namun dia salah. Pada tahun 1934 seorang astronom Yunani bernama Eugenios Antoniadi menerbitkan peta Merkurius.

Kemudian pada tahun 1962, ilmuwan Rusia memantulkan sinyal radar dari Merkurius. Ilmuwan Amerika mengikutinya pada tahun 1965 dan mereka menunjukkan bahwa ‘hari’ di Merkurius hanya 59 hari, kurang dari 88 hari sehingga gagasan bahwa satu pihak selalu menghadapi Matahari tidak benar.

Pada bulan Maret 1974, pesawat penyelidik Amerika Mariner 10 terbang melewati Merkurius. Pada 2011 penyelidikan Messenger mencapai Merkurius. Ia pergi ke orbit di sekitar planet ini dan memetakan permukaannya. Pada 2015 penyelidikan Messenger menabrak permukaan Merkurius. Badan Antariksa Eropa berencana meluncurkan penyelidikan yang disebut Bepi Colombo pada 2016. Ini akan mencapai Merkurius pada 2024.

Planet Merkurius telah muncul dalam banyak cerita fiksi ilmiah. Merkurius muncul dalam kisah Runaround oleh Isaac Asimov (1942) dan Out of the Sun oleh Arthur C Clarke (1958). Itu juga muncul dalam Mission to Mercury oleh Hugh Walters (1965).

Karakteristik Merkurius

Adapun karakteristik yang ada dalam planet ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Fisik

Letak planet yang sangat dekat dengan matahari, menyebabkan suhu permukaan Merkurius dapat mencapai 450 derajat Fahrenheit (450 derajat Celsius) yang sangat panas. Namun, karena planet ini tidak memiliki atmosfer untuk menyerap panas, pada malam hari suhu dapat turun hingga minus 275 F (minus 170 C), perubahan suhu yang lebih dari 1.100 derajat F (600 derajat C), merupakan yang terekstrim di tata surya.

Sekitar 4 miliar tahun yang lalu, sebuah asteroid dengan luas sekitar 60 mil (100 kilometer) menghantam Merkurius dengan dampak yang setara dengan 1 triliun bom 1-megaton, menciptakan kawah besar dengan lebar sekitar 960 mil (1.550 km). Dikenal sebagai Caloris Basin (Cekungan Caloris), kawah ini dapat menampung seluruh negara bagian Texas.

Seolah-olah Merkurius tidak cukup kecil, tidak hanya menyusut pada masa lalu tetapi terus menyusut hingga kini. Planet mungil ini terdiri dari satu lempeng benua di atas inti besi yang mendingin. Saat inti mendingin, ia membeku, mengurangi volume planet dan menyebabkannya penyusutan.

Sebuah studi tahun 2016 tentang tebing di permukaan Merkurius menunjukkan planet ini mungkin masih bergemuruh karena adanya pengertian gempa bumi, atau “Gempa Bumi Merkurius.” Ini bisa berarti bahwa Bumi bukan satu-satunya planet yang aktif secara tektonik.

Selain itu, di masa lalu, permukaan Merkurius terus-menerus dibentuk kembali oleh aktivitas vulkanik. Namun, penelitian lain pada tahun 2016 menunjukkan letusan gunung berapi Merkurius kemungkinan berakhir sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu.

Merkurius adalah planet terpadat kedua setelah Bumi, dengan inti logam besar dengan lebar sekitar 2.200 hingga 2.400 mil (3.600 hingga 3.800 km), atau sekitar 75 persen dari diameter Bumi. Sebagai perbandingan, kulit terluar Merkurius hanya setebal 300 hingga 400 mil (500 hingga 600 km).

Sebuah penemuan yang sama sekali tidak terduga yang dilakukan oleh Mariner 10 adalah bahwa Merkurius memiliki medan magnet. Planet secara teoritis menghasilkan medan magnet hanya jika mereka berputar dengan cepat dan memiliki inti cair. Tetapi Merkurius membutuhkan 59 hari untuk berputar dan ukurannya sangat kecil (hanya sekitar sepertiga ukuran Bumi), sehingga intinya seharusnya telah mendingin sejak lama.

Interior yang tidak biasa dapat membantu menjelaskan perbedaan medan magnet Merkurius jika dibandingkan dengan Bumi. Pengamatan dari MESSENGER mengungkapkan bahwa medan magnet planet itu sekitar tiga kali lebih kuat di belahan bumi utara daripada di bagian selatannya. Russell turut menulis model yang menunjukkan bahwa inti besi Merkurius mungkin berubah dari cair menjadi padat pada batas luar inti daripada bagian dalam.

Meskipun medan magnet Merkurius hanya 1 persen dari kekuatan Bumi, ia sangat aktif. Medan magnet dalam angin matahari (partikel bermuatan yang mengalir dari matahari) secara berkala menyentuh medan Merkurius, menciptakan tornado magnetik yang kuat yang menyalurkan plasma panas yang cepat dari angin matahari ke permukaan planet.

Satu studi tahun 2016 menyarankan bahwa fitur permukaan Merkurius secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok-satu terdiri dari bahan yang lebih tua yang meleleh pada tekanan yang lebih tinggi pada batas inti-mantel, dan yang lainnya dari bahan yang lebih baru yang terbentuk lebih dekat dengan permukaan Merkurius. Studi lain 2016 menemukan bahwa rona gelap permukaan Merkurius adalah karena karbon. yang mungkin berasal sisa dari kerak primordial planet ini.

  1. Orbit

Merkurius mengelilingi matahari setiap 88 hari Bumi, melakukan perjalanan melalui ruang angkasa di hampir 112.000 mph (180.000 km/jam), lebih cepat daripada planet lain mana pun. Orbit berbentuk oval sangat elips, menyebabkan Merkurius berjarak sejauh 29 juta mil (47 juta km) dan sejauh 43 juta mil (70 juta km) dari matahari. Jika seseorang dapat berdiri di atas Merkurius ketika terdekat dengan matahari, ia akan muncul tiga kali lebih cepat jika dilihat dari Bumi.

Anehnya, karena orbit Merkurius yang sangat elips dan 59 hari Bumi yang diperlukan untuk memutar pada porosnya, ketika di permukaan planet yang panas, matahari tampak naik sebentar, terbenam, dan naik lagi sebelum bergerak ke barat melintasi langit. Saat matahari terbenam, matahari tampak terbenam, bangkit kembali sebentar, dan kemudian terbenam lagi.

Ciri Merkurius

Ciri planet Merkurius diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berwarna Abu-abu

Posisi planet Merkurius yang dekat dengan matahari menyulitkan manusia untuk mendapatkan gambar planet ini. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan wahana pesawat ruang angkasa. Berdasarkan foto yang diambil oleh NASA, terlihat bahwa warna planet ini berwarna abu-abu dan mirip seperti bulan.

  1. Planet Terdekat dengan Matahari

Merkurius merupakan planet yang letaknya paling dekat dengan Matahari. Jaraknya dengan Matahari hanya sebesar 57 km atau 3 kali lebih dekat dibanding jarak Bumi dengan Matahari.

  1. Planet Terkecil di Tata Surya

Selain dikenal sebagai planet terdekat dengan Matahari, Merkurius juga dikenal sebagai planet terkecil dalam tata surya. Apabila dibandingkan dengn bulan hanya berbeda 0,7 persen. Sehingga dapat diaktakan planet ini ukurannya hampir sama seperti dalam pengertian Bulan.

Apabila dibandingkan dengan ukuran Bumi, maka besar planet Merkurius 2,7 kali lebih kecil dari Bumi. Ukurannya yang kecil tersebut menyebabkan gravitasinya pun hanya sepertiga kali graviatsi planet Bumi.

  1. Diameter, Volume, dan Massa Planet Merkurius

Adapun penjelasan tentang diameter, volume, dan masa dalam ciri planet merkurius ini antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Diameter rata-rata Merkurius sebesar 4.880 km (jari-jari rata-rata sebesar 2.440 km)
  2. Volume Merkurius sebesar 6,083 x 1010 km3
  3. Massa Merkurius sebesar 3,302 x 1023 kg
  4. Massa jenis rata-rata Merkurius sebesar 5,43 g/cm3
  5. Kemiringan sumbu Merkurius sebesar 2,11º
  1. Termasuk Planet Kebumian

Planet Merkurius termasuk dalam kelompok planet kebumian. Planet kebumian adalah planet yang mempunyai permukaan padat dan terdiri dari batuan silikat. Hal tersebut berbeda dengan planet gas raksasa seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Adapun termasuk planet kebumian atau terrestial yaitu planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

  1. Permukaannya Penuh Lembah dan Kawah

Apabila dilihat pada gambar akan tampak bahwa permukaan planet Merkurius memiliki banyak cekungan seperti halnya permukaan Bulan. Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya lapisan atmosfer yang melindungi planet ini dari serangan meteor. Pada permukaan planet ini juga terdapat perbukitan yang memanjang hingga mencapai ratusan kilometer panjangnya.

  1. Suhu Permukaan Planet Merkurius

Letaknya yang paling dekat dengan Matahari, membuat suhu permukaan planet ini menjadi sangat panas. Permukaan Merkurius yang terkena sinar Matahari suhunya dapat mencapai 430 ºC dengan temperatur rata-rata sebesar 70 ºC.

Sedangkan bagian yang tidak terkena sinar Matahari suhunya sangat dingin, yaitu bisa mencapai -180 ºC dengan rata-rata sebesar -70 ºC. Kondisi suhu yang begitu ekstrim tersebut, mengakibatkan tidak memungkinkan muncul sebuah kehidupan di planet Merkurius.

  1. Periode Rotasi dan Revolusi Planet

Untuk jangka waktu dalam fakta rotasi dan rovolusinya, planet merkurius ini antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Periode rotasi Merkurius yaitu 59 hari Bumi
  2. Kecepatan rotasi Merkurius yaitu 10,892 km/jam
  3. Periode revolusi Merkurius adalah 88 hari bumi
  1. Tidak Memiliki Satelit

Planet Merkurius tidak memiliki satelit. Ada sebuh hipotesa yang menjelaskan bagaimana sebuah planet dapat mempunyai satelit. Hipotesa tersebut mengatakan bahwa satelit dihasilkan dari proses tabrakan antara planet dengan benda langit lainnya. Hasil dari tubrukan itu akan menghasilkan pecahan-pecahan yang selanjutnya akan berubah menjadi satelit.

Berdasarkan hipotesa tersebut seharusnya Merkurius juga dapat mempunyai satelit. Tapi hal tersebut tidak dapat terjadi disebabkan karena letak planet yang dekat dengan Matahari. Akibatnya adalah besarnya penagruh gaya gravitasi Matahari pada planet itu, sehingga pecahan-pecahan tersebut bukan berubah menjadi satelit, tapi ditarik dan dilahap oleh Matahari.

  1. Tidak Memiliki Atmosfer

Planet Merkurius adalah satu-satunya planet di tata surya yang tidak mempunyai atmosfer. Hal tersebut dikarenakan besarnya penagruh gaya gravitasi Matahari. Apabila gravitasi Merkurius dibandingkan dengan garvitasi Matahari, maka sudah jelas bahwa gravitasi Merkurius terlihat sangat lemah. Lemahnya gaya tarik tersebut yang menyebakan Merkurius tidak mampu memepertahankan lapisan atmosfernya.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai kajian tentang pengertian Planet Merkurius menurut para ahli, sejarah, karakteristik, dan ciri-cirinya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *