Pengertian Rawa, Ciri, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Rawa Adalah

Rawa tentu saja bisa dikatakan sebagai bagian daripada macam pemandangan alam yang secara kenampakan dari kejauhan atau dari digitasi citra pada sebuah arti peta mungkin rawa-rawa tidak berbeda dengan danau atau waduk. Yang mana dalam hal ini rawa senantisa digambarkan sebagai sebuah perairan di tengah daratan.

Namun yang pasti rawa tetap mempunyai keunikannya sendiri. Keunikannya tersebut dapat dibedakan lewat kenampakan alamnya yang berupa perairan dan tumbuhan.

Rawa

Pada permukaan rawa pada hakekatnya sering dijumpai bahwa ditumbuhi. Dimana rawa ini sendiri terletak lebih rendah dari dataran yang berada disekitarnya. Sehingga atas dasar itulah tingkat kedalaman rawa yang cenderung dangkal maka rawa-rawa mudah ditumbuhi oleh tanaman.

Adapun untuk beberapa tanaman yang dapat ditemukan di rawa antara lain seperyi halnya dengan tanaman kayu manis, rerumputan, enceng gondok, dan lain sebagainya.

Pengertian Rawa

Rawa adalah sebuah perairan yang berada di tengah-tengah daratan dengan mempunyai tingkat kedalaman air yang relatif dangkal, dimana untuk kedalamannya sendiri hanya sekitar 100 m dibawah permukaan air., sehingga secara harfiah dapat relief rawa adalah sebuah bagian pada permukaan bumi yang tergenang air dengan karakteristik air tawar.

Pengertian Rawa Menurut Para Ahli

Adapun definisi rawa menurut para ahli, antara lain;

  1. Kodoatie (2007), rawa adalah bagian daripada bentangan tanah yang memiliki topografi dengan relatif datar dengan drainase buruk sehingga atas dasar inilah proses terbentuknya secara alami dengan memiliki panjang yang tidak menentu.
  2. Sudana (2005), Rawa adalah aliran sungai yang ada di sepanjang pesisir khususnya terdapat pada bagian hilir yang terbentuknya mutlak dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Ciri Rawa

Ciri rawa
Ciri rawa

Untuk karakteristik rawa, antara lain;

  1. Tanah Gambut

Rawa mempunyai karakteristik tanah yaitu tanah gambut. Tanah gambut dapat menjadi penghalang terjadinya kebakaran hutan. Tanah gambut memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga mencegah kebakaran hutan yang berpotensi melanda lahan perhutanan.

  1. Memiliki Sejumlah Tumbuhan

Rawa mempunyai sejumlah tanaman yang hidup, salah satunya lantaran mempunyai karakteristik sebagai lapisan tanah gambut. Dengan begitulah, Rawa-rawa banyak dimanfaatkan oleh petani enceng gondok yang dijadikan lahan pertanian tanaman tersebut.

Jenis Rawa

Jenis Rawa
Jenis Rawa

Penjelasan mengenai pembagian jenis rawa, antara lain;

  1. Berdasarkan Lokasi

Berdasarkan dari lokasinya,rawa memiliki perbedaan unsur dari tiap-tiap lokasi sebuah rawa. Jika rawa pantai memiliki karakteristik air yang asin maka rawa payau memiliki karakteristik air yang tawar dan masih banyak contoh perbedaan yang lainnya menurut lokasi dari sebuah rawa.

Berdasarkan lokasinya, rawa dapat dibedakan menjadi;

  1. Rawa Pantai

Rawa pantai adalah rawa yang terdapat di pantai. Letak rawa pantai biasanya terletak di pinggir pantai. Pengaruh pasang surut yang terdapat di pantai menyebabkan kondisi dari rawa pantai. Pada saat air laut pasang, rawa pantai tertutup air laut. Sebaliknya, pada saat air laut surut maka terbentuklah sebuah rawa-rawa pantai.

Rawa-rawa pantai selalu dipenuhi oleh hutan bakau. Hutan bakau mempunyai manfaat mencegah abrasi. Abrasi adalah pengikisan daratan oleh air laut. Contoh keberadaan rawa pantai adalah di Sayung, Demak, Jawa Tengah.

  1. Rawa Payau

Rawa payau adalah perairan rawa-rawa yang terdapat di sekitar pinggiran sungai. Rawa payau terjadi karena permukaan yang rendah di sekitar pinggiran sungai selalu tergenang air pada saat air sungai meluap. Rawa payau tidak memiliki karakteristik tanah gambut tetapi memiliki karakteristik tanah alluvial.

Oleh karena itulah biasanya pemanaatan rawa payau sering dipergunakan sebagai lahan pertanian untuk berbagai jenis tumbuhan.

  1. Rawa Sungai

Secara sekilas sulit dibedakan antara rawa sungai dengan rawa-rawa payau. Perbedaan antara rawa payau dan rawa sungai adalah jika di rawa payau dapat terjadi di dataran rendah namun tidak dapat terjadi di dataran tinggi. Sedangkan rawa sungai dapat muncul di dataran rendah dan dataran tinggi.

  1. Rawa Cekungan

Rawa cekungan adalah permukaan pada sebuah cekungan yang tingkat ketinggiannya lebih rendah daripada air. Rawa cekungan terjadi karena faktor pengangkatan dan faktor penurunan tenaga endogen yang terjadi di sekitar cekungan.

Obyek Wisata rawa Pening yang terdapat di Kabupaten Semarang Jawa Tengah bisa dikatakan sebagai salah satu contoh dari sebuah rawa cekungan.

  1. Rawa Danau

Rawa-rawa Danau merupakan sebuah rawa yang terdapat di sekitar danau. Rawa danau terbentuk dari efek pasang dan surutnya air danau. Pada saat musim penghujan tiba, jumlah kapasitas air pada danau meluap. Akibatnya permukaan yang rendah di sekitar danau tergenang air yang akhirnya menjadi rawa-rawa danau.

  1. Berdasarkan Karakteristik Air

Berdasarkan pada karakteristik air yang ada, penggolongan rawa terbagi atas;

  1. Rawa Air Asin

Karakteristik air asin pada rawa terdapat pada rawa yang menggenangi pinggiran pantai. Dimana untuk rasa air asin ini terjadi karena rawa tersebut disebabkan ;antaran adanya air laut yang pasang lalu surut hingga menjadi sebuah rawa-rawa.

  1. Rawa Air Payau

Rawa-rawa yang memiliki karakteristik air payau adalah air yang berasal dari campuran air tawar dan air asin. Payau dapat mengandung arti bahwa setengah asin setengah tawar. Karakteristik rawa-rawa air payau biasa ditemukan di sekitar daratan Sumatera.

  1. Rawa Air Tawar

Rawa yang memiliki karakteristik air tawar mengandung unsur air yang berasal dari air sungai, air hujan, dan air tanah. Rawa ini sendiri pada dasarnya dapat menjadi habitat beberapa jenis hewan air seperti ikan, ular, biawak, dan masih banyak lagi.

Fungsi Rawa

Adapu untuk manfaat adanya rawa, antara lain;

  1. Lahan Pertanian

Rawa dapat dijadikan sebagai lahan pertanian seperti dimanfaatkan guna menghasilkan eceng gondok dan tanaman air yang lainnya, penghasil kayu untuk tanaman hutan tropis, ladang perikanan, dan ladang pertanian tanah gambut.

  1. Mencegah Terjadinya Bencana Alam

Rawa juga sangatlah bermanfaat untuk mencegah terjadinya bencana alam. Hal ini lantaran dapat menyerap air dengan cepat sehingga penyebab banjir kemudian dapat diminimalisir sedemikian rupa, jikalau tidak ada rawa maka dapat dipastikan wilayah tersebut akan terjadi berbagai jenis bencana alam.

  1. Penghasil Pohon Bakau

Rawa sangatlah bermanfaat bagi sebagai penghasil pohon bakau yang selama ini, diakui ataupun tidak dapat dapat diamnafaat untuk struktur bumi terutama mencegah terjadinya  abrasi, keadaan ini sebagaimana yang sudah terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

  1. Pemeliharan Hutan Tropis

Selain jenis rerumputan dan tanaman air, rawa juga dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan kayu-kayu besar seperti pohon hutan tropis. Sehingga prihal ini pemanfaatan pohon besar hutan tropis biasa ditemukan pada rawa-rawa yang terapat di Pulau Kalimantan dan Pulau Papua.

Contoh Rawa

Adapun untuk contoh rawa, yaitu;

  1. Rawa Pening

Pernahkah kalian berkunjung di obyek wisata Rawa Pening yang terdapat di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jika pernah hal tersebut merupakan penaam rawa yang didasari pada keberadaan tanaman pertanian daerah tersebut yang sejatinya berbeda dengan danau.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa rawa menjadi bagian daripada siklus hidrosfer yang dalam pembagiannya sendiri dapat ditinjau dari lokasi dan jenis air. Dimana untuk lokasi terdiri atas rawa pantai, rawa payau, rawa pantai, rawa cekungan, dan rawa danau. Adapun untuk klasifikasi jenis rawa berdasakan pada karakteristik air berupa asin, payau, dan tawar

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian rawa menurut para ahli, ciri, jenis, manfaat, dan contohnya. Semoga artikel yang kami tuliskan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya pelajar yang sedang mempelajarinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *