5 Contoh Atlas Referensi Umum, Regional, Nasional, Tematik, Perjalanan dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Atlas dan Penjelasannya

Atlas perjalanan sering tidak memasukkan semua informasi yang ditampilkan oleh atlas rujukan, tetapi berfokus pada informasi yang mungkin berguna bagi wisatawan, seperti jaringan jalan raya atau jalan raya tertentu, lokasi suatu taman atau obyek wisata lainnya, dan dalam beberapa kasus, atlas juga menampilkan lokasi toko dan / atau hotel tertentu. Materi pengenaan atlas meliputi tentang arti atlas dunia, fungsi atlas, globe , unsur-unsur atlas, gambar atlas, jenis-jenis atlas.

Di akui ataupun tidak bahwa pengertian atlas sudah banyak yang mengungkapkan seperti para ahli. Atlas harus mencantumkan tahun pembuatannya dengan maksud. Terlebih pada macam-macam dari atlas itu sangatlah banyak maka dari itu jenis atlas akan diterangkan dibawah ini dengan materi contoh atlas dan penjelasannya.

Atlas

Definisi Atlas adalah sebuah gambaran yang didalamnya terdapat unsur-unsur tentang pembukuan wilayah dan perwilayahan  yang mana kumpulan-kumpulan peta tersebut mencakup daripada seluruh permukaan bumi atau hanya bagian saja. Jenis-jenis atlas yang dapat digunakan banyak sekali maka dari itu peta yang dunia yang berbentuk dari atlas modern ditemukan pertama kali oleh Ortelius-Theatrum Orbis Terrarum pada tahun 1570. Pada dasarnya atlas terbagi menjadi dua yaitu atlas umum dan atlas khusus. Contoh penggunaan atlas dapat diklasifikasikan pada materi-materi tertentu. Atlas juga merupakan salah satu unsur dari jenis proyeksi peta.

Biasanya pada peta atau atlas memiliki bermcam-macam simbol untuk mendukung penjelasan suatu peta memang diperlukan simbol baik itu warna ataupun garis. Simbol pada peta yang digunakan untuk menggambarkan unsur-unsur peta yang memiliki luas sehingga para pembaca peta/atlas dapat paham secara berarti.

Contoh Atlas

Contoh-contoh atlas berdasarkan masing-masing jenisnya seperti yang telah disebutkan di atas, antara lain:

  1. Contoh atlas referensi umum

Contoh atlas referensi umum misalnya National Geographic Atlas of the World yang mencakup informasi tentang seluruh dunia, dipecah menjadi beberapa bagian yang membahas dunia manusia dan alam. Contoh atlas referensi umum ini pada bagiannya mencakup topik geologi, lempeng tektonik, biogeografi, dan geografi politik dan ekonomi.

Atlas kemudian memecah dunia menjadi benua, samudra, dan kota-kota besar untuk menunjukkan peta politik dan fisik benua secara keseluruhan dan negara-negara di dalamnya. Ini adalah atlas yang sangat besar dan terperinci, tetapi berfungsi sebagai referensi yang sempurna untuk dunia dengan banyak peta terperinci serta gambar, tabel, grafik, dan teks.

  1. Contoh atlas regional

Contohnya Atlas Eropa, Atlas Asia, Atlas AfrikaContoh atlas regional misalnya:

Atlas ASEAN (Association of Southeast Asian Nations/ Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara), yaitu atau atlas yang berisi tentang negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara, yang terdiri atas Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Los, Myanmar, Kamboja.
Atlas Oregon dan Atlante Socio economico della Regione Insubrica (Atlas Sosial Ekonomi Wilayah Insubrica), yang merupakan atlas regional yang diproduksi dalam kerjasama Swiss-Italia.

  1. Contoh atlas nasional

Atlas nasional adalah suatu jenis atlas yang menggambarkan satu negara saja, lengkap dengan kenampakan fisik negara, sosial negara tersebut. Penjelasan tentang contoh atlas nasional tersebut merupakan bagian dari jenis atlas yang dapat memahamkan seseorang tentang suatu negara.

Contoh atlas nasional misalnya:

Atlas Indonesia, yaitu atlas yang berisi tentang informasi soal kondisi geografis, sejarah, ekonomi, sosial, budaya, dan administrasi pulau serta kota-kota di Indonesia.
Atlas Nasional Finlandia, yang diterbitkan pada tahun 1899 sebelum Finlandia menjadi negara merdeka pada tahun 1917.

  1. Contoh atlas tematik

Pengertian atlas tematik adalah atlas yang dapat menyajikan informasi khusus tentang wilayah tersebut, seperti halnya jenis atlas tematik tersebut penggambaran dari suatu wilayah yang bisa berisi tentang keadaan sosial, sumber daya alam, flora dan fauna dan juga keterkaitan tentang gambaran wilayah itu sendiri.

Contoh atlas tematik misalnya:

Atlas yang berisi peta perikanan, pertambangan, persebaran flora dan fauna seperti flora dan fauna asli Indonesia dan lain-lain, sehingga isinya lebih detail dan lebih rinci.
Atlas Sejarah Kanada
Weltseuchenatlas Jerman (Atlas Penyakit Epidemi),
Digital Dutch Health Atlas

  1. Contoh atlas perjalanan

Contoh atlas perjalanan misalnya 2021 Road Atlas yang disusun oleh Rand McNally. Selama beberapa generasi, Rand McNally telah menyusun peta dan informasi perjalanan yang akurat dan terperinci ke dalam aksesori perjalanan darat yang mutakhir. 2021 Road Atlas menampilkan peta yang sepenuhnya diperbarui, bagan jarak tempuh, konstruksi jalan dan informasi pariwisata, dan dilengkapi dengan lebih banyak peta detail kota.

Demikianlah tulisan yang dapat dibagikan kepada segenap pembaca mengenai tentang contoh atlas referensi umum, regional, nasional, tematik, perjalanan dan penjelasannya. Semoga pada tulisan in akan menjadikan sebuah tambahan pengertahuan dan juga wawasana bagi segenap pembaca.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.