Ciri Lingkungan Hidup Buatan dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan hidup buatan menjadi salah satu definisi lingkungan hidup merupakan buatan manusia sehingga dalam kondisi inilah memiliki keanekaragaman hayati yang rendah. Penjelasan terkait dengan lingkungan buatan ini senidri  terbentuk sebagai hasil modifikasi manusia di lingkungan alam.

Misalnya  saja yang mudah ditemukan seperti kota, ladang atau sawah yang dibudidayakan adalah contoh lingkungan buatan. Dalam lingkungan buatan, lingkungan alam diubah sesuai dengan kebutuhan penduduk yang tinggal di dalamnya.

Lingkungan Buatan

Lingkungan hidup buatan kerapkali dikenal dalam objek studi geografi sebagai arti lingkungan hidup binaan yang dihasilkan dari buatan manusia melalui kajian-kajian ekologi dalam memaksimalkan berbagai jenis sumber daya alam sehingga bisa lebih produktif,

Ciri Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan hidup buatan dicirikan oleh beberapa hal berikut ini:

  1. Lingkungan hidup buatan merupakan kebalikan dari lingkungan hidup alami

Berbagai jenis lingkungan buatan di mana manusia telah mengubah lanskap secara mendasar misalnya  seperti pengaturan perkotaan dan konversi lahan pertanian, sehingga lingkungan alam sangat berubah menjadi lingkungan yang menyesuaikan keutuhan manusia.

  1. Ekosistem memerlukan intervensi manusia

Artinya ekosistem buatan tidak mandiri, dan ekosistem akan musnah tanpa bantuan manusia. Misalnya, pertanian adalah ekosistem buatan yang terdiri dari tumbuhan dan spesies di luar habitat aslinya. Tanpa manusia, ekosistem ini tidak dapat menopang dirinya sendiri. Tumbuhan dan hewan membutuhkan bantuan manusia untuk makan dan bertahan hidup.

  1. Keanekaragaman Hayati Rendah

Keanekaragaman akan lebih rendah dibandingkan dengan sistem alam. Hal ini tentusaja dapat terjadi dengan mudah apabila spesies yang tidak atau kurang disukai kemungkinan besar akan berkurang secara perlahan karena pemaksimalan sumber daya yang diperlukan.

  1. Bersifat Pragmatis

Berbeda dengan lingkungan hidup alami yang tidak pasti dan tidak berkembang melalui trial and error dalam nilai kelangsungan hidupnya, ekosistem buatan bersifat pragmatis dengan tujuan yang ditetapkan dengan baik. Sistem buatan lebih rapuh dan lebih rentan terhadap kegagalan karena kurangnya keragaman dan sistem pengaturan diri yang kuat, yang menjadi ciri sistem alami.

  1. Lebih Produktif

Lingkungan hidup buatan lebih produktif dari perspektif antroposentris. Hasil lahan dengan teknik budidaya yang lebih baik, teknik kloning, hasil susu dengan praktik peternakan modern dan lain sebagainya adalah contoh peningkatan produktivitas proses alami dengan campur tangan manusia.

  1. Ketergantungan dengan Alam Semesta

Lingkungan hidup buatan bergantung pada hukum alam semesta. Manusia hanyalah seorang penemu tetapi bukan pembuat hukum alam. Di sini lingkungan hidup buatan bukanlah kontradiksi dan negasi dari sistem alam. Hanya proporsi dan kecepatan interaksi ekologis yang dapat diganggu, untuk keuntungan manusia. Karenanya semua yang disebut ekosistem buatan hanyalah semi-buatan.

Contoh Lingkungan Hidup Buatan

Adapun untuk contoh lingkungan hidup buatan. Misalnya saja;

  1. Lahan pertanian
  2. Taman
  3. Kota
  4. Bendungan
  5. Akuarium
  6. Kota modern
  7. Hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah dan sinar matahari).

Dalam hal ini penting dipahami bahwa lingkungan kota buatan manusia membutuhkan konsumsi energi dan bahan dalam jumlah berlebihan dan membutuhkan perawatan, pengawasan yang konstan. dan manajemen agar tetap layak huni.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikmeukakan dapatlah dikatakan bahwa setidaknya ada perbedaan yang paling menonjol dalam lingkungan alam yang terjadi secara bebas di alam daripada diciptakan oleh manusia disebut sebagai ekosistem ekosistem alami.

Dimana ekosistem yang dibuat oleh manusia untuk tujuan komersial atau manfaat lainnya dikenal sebagai ekosistem buatan. Ekosistem ini dimodifikasi oleh manusia untuk keuntungan mereka sendiri dan dapat berupa terestrial atau akuatik.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan karakteristik lingkungan hidup buatan dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *