Contoh Lingkungan Hidup Alami dan Buatan di Indonesia

Diposting pada

 Lingkungan Hidup Alami dan Buatan

Pernahkah kalian melihat film Hollywood berjudul Terminator? Dalam film tersebut diceritakan manusia berperang dengan robot di masa depan. Terlepas dari hal fiksi tersebut dalam era sekarang banyak bermunculan robot-robot yang memudahkan pekerjaan manusia. Kemajuan teknologi tidak hanya ditampilkan dalam wujud manusia buatan (robot), namun juga pada lingkungan. Banyak lingkungan sekarang yang sengaja dibuat demi keseimbangan ekosistem.

Tuhan Yang Maha Esa menciptakan lingkungan hidup untuk menunjang unsur kehidupan yang terdapat di permukaan bumi. Meski fungsi lingkungan hidup paling banyak dirasakan manfaatnya oleh manusia, namun manusia sendirilah yang merusaknya. Dan manusia membangun lingkungan hidup buatan agar menutupi kekurangan dari lingkungan hidup yang rusak. Berikut adalah lingkungan hidup alami dan buatan.

Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami adalah kumpulan komponen biotik dan abiotik menjadi suatu komunitas guna menciptakan kehidupan yang nyaman, damai, dan tenteram.

Terbentuknya lingkungan hidup alami disebabkan karena faktor pembentuk berupa tenaga eksogen dan endogen. Seluruh cabang ilmu geografi membahas mengenai lingkungan hidup alami. Pelestarian lingkungan hidup alami perlu dijaga untuk mempertahankan kualitasnya.

Lingkungan Hidup Buatan

Lingkungan hidup buatan adalah tempat yang sengaja dibuat oleh manusia untuk berbagai macam keperluan dalam menunjang kehidupan.

Fungsi lingkungan hidup buatan tidak berbeda dengan lingkungan hidup alami. Namun, sehebat-hebatnya teknologi yang digunakan untuk membangun lingkungan hidup buatan, kualitasnya tidak akan seasri lingkungan hidup alami. Maka dari itu manusia tidak boleh serta merta dalam memperlakukan lingkungan.

Contoh Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami memiliki berbagai fungsi. Satu saja komponen dari lingkungan hidup alami mengalami disfungsi, maka yang terjadi adalah ketidakseimbangan ekosistem. Sebagai contoh pada saat musim kemarau banyak daun-daun kering yang berserakan di hutan.

Daun kering tersebut memiliki sifat mudah terbakar. Semisal ada manusia yang lalai membuang putung rokok di hutan dan menyambar daun kering tersebut, dapat memicu kebakaran hutan. Berikut beberapa contoh lingkungan hidup alami;

Sungai

Pengertian sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang dari sumber air (hulu) menuju ke muara (hilir). Sungai memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan yaitu untuk mengaliri sawah, mencuci pakaian, mencari ikan, dan lain sebagainya.

Menjaga kelestarian sungai cukup tidak membuang sampah di sungai. Membuang sampah di sungai dapat menyebabkan aliran sungai menjadi terhambat sehingga menjadi penyebab banjir.

Laut

Pengertian laut memiliki luas 70% dari total permukaan bumi. Laut menyimpan banyak misteri di dalamnya yang masih belum terungkap. Ciri khas dari laut adalah memiliki rasa yang asin. Rasa asin tersebut disebabkan karena kompleksitas kandungan zat kimia yang bercampur menjadi satu dalam air laut.

Hutan

Hutan merupakan paru-paru dunia. Hal ini dikarenakan kandungan oksigen yang terdapat di permukaan bumi penyuplai terbesarnya adalah pohon-pohon besar di hutan. Tingginya permintaan permukiman membuat banyak hutan ditebang secara liar demi menyenangkan nafsu pengusaha. Padahal jika dibiarkan terus terjadi banyak dampak buruk yang mengancam kehidupan di struktur bumi.

Bukit

Pengertian bukit merupakan tampilan topografi yang memilikim ketinggian < 1.000 meter di atas permukaan laut. Kumpulan dari berbagai macam bukit disebut dengan perbukitan. Jangan pernah samakan gunung dengan bukit karena dari segi ketinggian, kedua tempat tersebut berbeda.

Gunung

Pengertian gunung adalah dataran yang menjulang tinggi dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan dalam morfologi dasar laut. Pada dasarnya gunung yang ada di Indonesia memiliki 2 sifat yaitu vulkanik dan gunung mati.

Danau

Pengertian danau adalah perairan di tengah daratan yang digunakan sebagai salah satu sumber air. Fungsi air danau banyak sekali dalam kehidupan bisa digunakan untuk pembangkit listrik, pengairan sawah, dan lain sebagainya.

Lembah

Lembah adalah bentang alam yang dikelilingi oleh pegunungan atau perbukitan dengan luasan yang sangat panjang. Lembah terbentuk karena peristiwa pergerakan lempeng tektonik yang disebut konvergen.

Pantai

Pantai adalah tempat yang menjadi pembatas antara dataran dan lautan. Di Pulau Jawa terdapat ciri khas yang membedakan antara pantai utara dan pantai selatan. Pantai utara memiliki dataran yang landai, sedangkan pantai selatan memiliki dataran yang terjal.

Samudera

Pengertian samudera adalah bentang lautan yang sangat luas. Samudera terluas di dunia adalah samudera pasifik. Indonesia merupakan negara yang diapit oleh 2 samudera yaitu samudera hindia dan samudera pasifik.

Terumbu Karang

Pengertian terumbu karang adalah tanaman dasar laut yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi ikan-ikan kecil. Keindahan terumbu karang mampu menjadi destinasi wisata bagi turis dan dapat menambah devisa negara.

Contoh Lingkungan Hidup Buatan

Dasar pembuatan lingkungan hidup buatan untuk membantu fungsi lingkungan hidup alami. Lingkungan hidup buatan terkadang juga dibangun atas dasar kegunaan lain seperti sosial, organisasi, dan lain-lain. Berikut merupakan contoh beberapa lingkungan hidup buatan.

Waduk

Waduk memiliki pengertian yang mirip dengan danau. Bedanya, waduk merupakan danau yang dibuat oleh manusia. Fungsinya juga mirip antara waduk dengan danau. Namun, waduk memiliki luasan yang lebih sempit dari pada danau.

Kolam

Kolam adalah genangan air bersih yang digunakan sebagai tempat memelihara atau budidaya ikan. Kolam juga dapat dijadikan sebagai sarana olahraga air seperti kolam renang. Pembangunan kolam biasanya menggunakan air yang bersumber dari PDAM.

Rumah

Rumah adalah tempat tinggal yang merupakan kebutuhan primer manusia. Rumah yang nyaman mampu menjadi sarana melepas penat bagi pemiliknya. Rumah dibuat untuk membangun sebuah keluarga.

Sekolah

Sekolah adalah gedung yang sengaja dibuat untuk mencerdaskan generasi bangsa. Sekolah mengajarkan bagaimana untuk mengetahui berbagai macam jenis ilmu pengetahuan. Tanpa sekolah, mustahil untuk menggapai cita-cita.

Sawah

Ekosistem sawah merupakan ladang pertanian yang berfungsi sebagai penyuplai makanan pokok bagi manusia. Sawah dapat memproduksi bahan pangan dalam skala banyak dan kualitas yang baik jika teraliri saluran irigasi yang memadahi. Pemupukan dan pembajakan sawah yang rutin oleh para petani juga dapat membantu kualitas bahan pangan. Untuk itu berterima kasihlah terhadap petani Indonesia.

Kebun

Kebun adalah ladang yang menyediakan berbagai macam tanaman buah dan sayur. Jenis tanaman yang ditanam di kebun menyesuaikan dengan tempatnya. Dataran tinggi cocok untuk perkebunan apel, jeruk, strawberry, dan lain sebagainya. Sedangkan dataran rendah cocok untuk perkebunan kelapa, mangga, dan lain-lain.

Taman

Taman adalah ruang terbuka hijau di tengah kota yang dibangun dengan tujuan menjaga unsur kehijauan dari hiruk pikuk kota. Taman juga bisa menjadi salah satu media melepas penat yang paling efektif.

Tempat Wisata

Tempat wisata merupakan sarana rekreasi keluarga yang berfungsi merefresh otak dari berbagai aktifitas selama sepekan penuh. Otak perlu diistirahatkan dengan mengunjungi berbagai tempat wisata.

Terasering

Terasering merupakan ladang pertanian yang dibangun di dataran tinggi. Pembuatan terasering berguna untuk mencegah tanah longsor. Dataran tinggi memiliki kemiringan lereng yang ekstrim. Pembuatan sawah dengan metode konvensional dirasa mustahil untuk diterapkan di dataran tinggi. Oleh karena itu terasering menjadi solusinya.

Kawasan Konservasi

Kawasan konsevasi merupakan suatu wilayah yang melestarikan lingkungan supaya tidak terganggu dengan kehidupan di luar. Kawasan konservasi biasanya terdapat di gunung dan pantai. Karena di dua jenis tempat tersebut banyak flora dan fauna yang harus dilindungi.

Nah, artikel diatas merupakan pengertian contoh lingkungan hidup alami dan buatan di Indonesia beserta penjelasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam hal menambah ilmu pengetahuan. Semangat dan terima kasih !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *