Contoh Kota Metropolis Yang ada di Indonesia dan Dunia

Diposting pada

Kota Metropolis

Kota metropolis identik dengan wilayah dan perwilayahan di mana banyak orang tinggal cukup berdekatan. Jenis kota dengan kategori metropolitan biasanya memiliki pemerintahan dan sistemnya sendiri yang terpisah untuk memelihara dan menyediakan berbagai fasilitas tertentu.

Selian itu untuk kota metropolis juga memiliki jumlah populasi yang besar dibandingkan dengan luasnya tanah. Oleh karena itulah banyak sebagai soluisnya banyak orang tinggal di apartemen atau perumahan multi-keluarga.

Metropolis

Metropolis adalah arti kota telah berkembang menjadi lebih besar dibandingkan dengan kota-kota kecil sekitarnya. Dimana keberadaan area transportasi, komunikasi, dan fasilitas lainnya telah tersentralisasi menjadi sistem tata kelola pemerintahan.

Bahkan untuk berbagai jenis industri yang spesifik juga dikembangkan, sehingga dalam hal ini mengelami pusat pertumbuhan wilayah serta perputaran ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kota eopolis.

Contoh Kota Metropolis

Sedangkan untuk contoh kota metropolitan yang ada di Indonesia dan berbagai negara lain di sleuruh dunia. Antara lain sebagai berikut;

Indonesia

Untuk kota metropolis yang ada di Indonesia ini. Antara lain;

  1. Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang pada tahun 2007 menjadi wilayah metropolitan terbesar di Asia Tenggara dan wilayah metropolitan kelima di dunia (2007).
  2. Kota Surabaya di Jawa Timur
  3. Kota Bandung di Jawa Barat
  4. Kota Semarang di Jawa Tengah
  5. Kota Medan di Sumatra Utara

Dunia

Sedangkan untuk beberapa kota metropolis yang ada di seluruh negara di dunia. Antara lain;

  1. Cina

Cina dikenal dengan sejumlah besar metropolis, dengan “tingkatan” yang diklasifikasikan sebagai daratan metropolis. Secara nasional, metropolis terbesar termasuk Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, dan Hong Kong, empat kota pertama adalah “Kota Tingkat Pertama”.

Kota-kota tingkat kedua sangat banyak dan terdiri dari pusat-pusat regional, seperti Nanjing, Chongqing, Chengdu, Shenyang, Tianjin, Hangzhou, Wuhan, Changsha, Xi’an, Jinan, Qingdao, dll. Banyak metropolis Cina yang merupakan gugusan kota, seperti Megalopolis Delta Sungai Yangtze dan Megalopolis Delta Sungai Mutiara.

  1. India

Misalnya Bangalore, Karnataka adalah kota metropolitan terpadat ketiga di India. Komisi Sensus mendefinisikan kota besar sebagai, “kota-kota yang memiliki populasi lebih dari 10 juta ke atas” dan mengatakan bahwa dalam sensus India 2011, ada tiga kota besar:  Greater Mumbai UA (18,4 juta), Delhi UA (16,3 juta) dan Kolkata UA (14,1 juta).

  1. Bangladesh

Di Bangladesh, ada sebelas wilayah metropolitan: Dhaka Utara, Dhaka Selatan, Gazipur, Chittagong, Rajshahi, Khulna, Sylhet, Barisal, dan Rangpur. Sebagian besar kota ini memiliki kepadatan penduduk 35.000 / mil persegi atau lebih. Dhaka adalah kota terkaya dari semuanya dan dianggap sebagai Megacity karena populasinya melebihi 10 juta.

  1. Korea Selatan

Di Republik Korea ada tujuh kota khusus dan metropolitan di tingkat administrasi otonom. Ini adalah wilayah metropolitan terpadat di negara ini. Berdasarkan urutan penurunan penduduk pada sensus 2015, mereka adalah Seoul, Busan, Incheon, Daegu, Daejeon, Gwangju dan Ulsan.

  1. Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, kota metropolitan atau “kotamadya Kategori A” adalah kotamadya yang menjalankan semua fungsi pemerintah lokal untuk konurbasi. Hal ini berbeda dengan daerah yang umumnya pedesaan, di mana pemerintah lokalnya dibagi menjadi kotamadya kabupaten dan kotamadya lokal. Ada delapan kota metropolitan di Afrika Selatan.

  1. Jerman

Kota terbesar di Jerman menurut perbatasan administratif adalah Berlin, sedangkan Rhine-Ruhr adalah wilayah metropolitan terbesar (dengan lebih dari 10 juta orang). Pentingnya kota diukur dengan tiga kelompok indikator, juga disebut fungsi metropolitan. Yaitu;

  1. Fungsi pengambilan keputusan dan kontrol
  2. Fungsi inovasi dan persaingan
  3. Fungsi pintu gerbang

Sehingga atas dasar inilah ungsi-fungsi ini dipandang sebagai domain utama wilayah metropolitan dalam mengembangkan kinerjanya.

  1. Rusia

Moskow adalah ibu kota dan kota terbesar Rusia, populasinya diperkirakan mencapai 12,5 juta penduduk di dalam kota, sementara lebih dari 17 juta penduduk di daerah perkotaan, dan lebih dari 20 juta penduduk di Wilayah Metropolitan Moskow. Daerah perkotaan besar lainnya adalah Yekaterinburg, Novosibirsk, Nizhny Novgorod, Kazan dan Chelyabinsk.

  1. Inggris

Di Inggris Raya, istilah Metropolis digunakan untuk merujuk pada London, atau konurbasi London. Sejak 1974, enam konurbasi (di luar London) telah dikenal sebagai kabupaten metropolitan, masing-masing dibagi menjadi distrik metropolitan.

Konurbasi lain di Inggris Raya juga terkadang dianggap sebagai wilayah metropolitan, terutama West Midlands (berpusat di kota Birmingham), West Yorkshire (berpusat di kota Leeds), Merseyside (berpusat di kota Liverpool), Greater Manchester dan Greater Glasgow yang merupakan daerah terpadat di Kepulauan Inggris di luar London.

  1. Kanada

Enam metropolis terbesar Kanada adalah Toronto, Montreal, Vancouver, Ottawa, Calgary, dan Edmonton. Kota metropolitan terpadat di Kanada adalah Kota Toronto, dengan populasi 2,7 juta populasi metropolitan lebih dari 6 juta orang. Wilayah di Negara Kanada itu juga merupakan jantung industri keuangan dan perbankan Kanada.

  1. Mexico

Di Meksiko, istilah metropolis digunakan untuk merujuk pada daerah perkotaan yang memiliki kepentingan ekonomi, politik, dan budaya. Kota Meksiko mewakili ketiga faktor karena merupakan ibu kota dan pusat keuangan negara dengan 27 juta orang. Kota metropolitan lainnya adalah Monterrey dan Guadalajara, keduanya merupakan wilayah metropolitan dengan populasi lebih dari 6.000.000 jiwa.

  1. Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, suatu kawasan terpadu atau sekelompok kawasan yang memiliki populasi lebih dari 50.000 diharuskan memiliki organisasi perencanaan metropolitan untuk memfasilitasi proyek infrastruktur utama dan untuk memastikan solvabilitas keuangan.

Dengan demikian, populasi 50.000 atau lebih telah digunakan sebagai standar de facto untuk mendefinisikan kota metropolitan di Amerika Serikat. Enam wilayah metropolitan terbesar di AS adalah New York City, Los Angeles, Chicago, Dallas, Houston, dan Washington, D.C., dengan New York City menjadi yang terbesar.

  1. Argentina

Di Argentina, Buenos Aires adalah kota metropolis utama dengan populasi sekitar lima belas setengah juta. Konurbasi Greater Buenos Aires, yang juga mencakup beberapa distrik Provinsi Buenos Aires, merupakan konurbasi terbesar ketiga di Amerika Latin. Buenos Aires adalah pusat politik, keuangan, industri, komersial, dan budaya utama Argentina.

  1. Brazil

Di Brasil, São Paulo adalah kota metropolis utama dengan lebih dari 20 juta penduduk. Kota metropolitan lainnya di Brasil dengan lebih dari satu juta penduduk meliputi: Belém, Belo Horizonte, Brasília, Campinas, Curitiba, Fortaleza, Goiânia, Maceio, Manaus, Porto Alegre, Recife, Salvador dan Sao Luis.

  1. Australia

Pemerintah Australia mendefinisikan wilayah metropolitan sebagai divisi atau distrik statistik dengan populasi lebih dari 100.000. Menurut definisi ini, setidaknya ada 16 wilayah metropolitan di Australia, termasuk setiap ibu kota negara bagian.

Berdasarkan jumlah penduduk, wilayah metropolitan terbesar adalah Sydney (populasi wilayah perkotaan pada Sensus 2016 5.029.768) dan yang terkecil adalah Darwin, Northern Territory (Populasi wilayah perkotaan pada sensus 2016 sebanyak 145.916).

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan nama-nama kota metropolis yang telah disebutkan diatas. Setidaknya penting dipahami bahwa klasifikasi kota dengan sebutan metropolitan ini dalam objek studi geografi pertamakali di ungkapkan oleh Lewis Mumford

Dimana, penggolongan kota ini lebih berasal dari hibah daerah sekitar dan bahan baku masuk ke kota, sehingga dalam tahap metropolis ini dikembangkan berbagai jenis industri skala besar, lembaga pendidikan, dan lembaga usaha industri komersial. Karena persaingan ekonomi ada perjuangan antara ‘Buruh dan Industrialis’.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan contoh kota metropolis yang ada di Indonesia dan negara-negera di seluruh belahan dunia. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *