8 Bentuk Kerusakan Lingkungan Akibat Manusia dalam Kesehariannya

Diposting pada

Bentuk Kerusakan Lingkungan Akibat Manusia

Manusia sebagai mahluk yang sempurna dengan diberi akal dan nafsu, tentusaja akan menjadi penguasa dalam segala element untuk mengambil secara penuh terkait dengan potensi yang ada di lingkungan hidup. Peranan besar dalam menentukan kelestarian dari beragam permasalahan lingkungan sepenuhnya menjadi tangung jawab setiap insan yang beriman.

Meskipun demikian, kadangkala terdapat beragam bentuk terjadinya kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia. Salah satu contoh kerusakan lingkungan seperti adanya pembakaran hutan yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya arti bencana alam seperti banjir, tanah longsor, menipisnya lapisan ozon, dan lain sebagainya.

Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan bisa dikatakan sebagai proses deteriorasi terhadap beragam fungsi dan peranan lingkungan, terutama di dalam musnahnya fungsi kebaikan serta kebajikan dari sumber daya air, lapisan tanah, dan udara, sehingga menjadi acaman berarti bagi kehidupan saat ini dan masa mendatang.

Atas penyebab kerusakan lingkungan itulah secara sederhana dapat dikatakan berhubungan erat dengan manusia yang seringkali melakukan tindakan tanpa memikirkan tentang masa depan kehidupan, terutama bagi generasi berikutnya.

Bentuk Kerusakan Lingkungan

bentuk kerusakan lingkungan
bentuk kerusakan lingkungan

Beberapa bentuk terjadinya kerusakan lingkungan karena faktor manusia, antara lain;

  1. Terjadinya Pencemaran

Beragam jenis pencemaran menunjukan bahwa sikap manusia kurang memberikan penghargaan kepada alam. Kondisi ini dilakukan dengan alasan keterdesakan segi ekonomi ataupun kemalasan yang tanpa disadari merusak kelestarian alam.

Beberapa jenis pencemaran dan penyebabnya yang terjadi karena faktor ulah tangan manusia dalam kesehariannya, bisa dalam bentuk pencemaran di udara, daratan, sampai air.

Penjelasan pencemaran tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah terjadinya zat yang dinggap sebagai pencemar atau polutan penyebab pencemaran udara antara lain sulfur dioksida (SO2), nitrogen oksida (NOx), karbon monoksida (CO), dan timbal (Pb) yang berasal dan industri dan alat-alat transportasi kendaraan bermotor.

Pencemaran udara secara langsung dan tidak langsung dapatlah merusak tanaman pertanian yang menjadi identik dengan ciri negara berkembang, hutan, sistem air, bangunan, dan juga menurunya kadar kesehatan yang ada di dalam tubuh manusia.

  1. Pencemaran Laut

Pencemaran laut adalah prosesi yang disebabkan oleh zat pencemar antara lain tumpahan minyak, limbah cair industry dalam ciri negara maju, sampah rumah tangga yang menumpuk, sampah laut, dan zat radioaktif yang tercecer di laut secacara sengaja.

  1. Pencemaran Air Tawar

Pencemaran air tawar adalah prosesi pencemaran yang disebabkan adanya limbáh manusia dan rumah tangga, limbah cair industari, pestisida, pupuk kimia, serta sedimentasi hasil erosi yang menjadi satu dalam tempat tertentu. Pencemaran air ini tentusaja berdapat pada penyebaran jenis-jenis penyakit yang langkah, merusak organisme perairan, dan menyebarkan bahan kimia ke liñgkungan hidup sehingga berpengaruh pada manusia, hewan, dan kehidupan perairan.

  1. Pemanasan Global

Pemanasan global adalah salah satu jenis kerusakan lingkungan hidup akibat ulah manusia yang bisa disebabkan oleh zat pencemar antara lain karbon dioksida (CO2) dan hasH pembakaran bahan bakarfosil dan kebakaran hutan, serta gas metana (CH4) dan kotoran ternak. Pemanasan global membuat permukaan taut naik, suhu permukaan bumi meningkat, dan perubahan iklim.

  1. Penipisan Ozon

Penipisan yang terjadi pada lapisan ozon. Sebagai bagian darpada lapisan anmofer menjadi salah satu contoh nyata dalam kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh tingkah laku manusia dalam keseharian. Misalnya saja contoh prilaku ini dengan memakai minyak wangi yang mengandung gas, dan tindakan lainnya.

Dampak yang diakibatkan dari penipisan ozon ini salah satunya mengakibatkan sinar ultraviolet dan matahari mudah mengenai permukaan bumi secara langsung tanpa adanya perantara, sehingga atas kondisi inilah munculnya beberapa penyakit langkah yang menyerang manusia.

  1. Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang amat sangat parah. Selain hilangnya habitat berbagai jenis flora dan fauna, penggundulan hutan dapat memicu terjadinya bencana banjir dan juga bisa berakibat pada tanah longsor.

Penggundulan hutan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tidak bertanggung jawab menyebabkan kerugian lingkungan yang besar. Mereka hanya ingin mendapatkan keuntungan ekonomis sebesar-besarnya tanpa memikirkan dampak buruk dan perbuatan mereka.

  1. Perburuan Liar

Berbagai jenis satwa liar adalah sasaran para pemburu liar yang ingin mendapatkan uang lebih banyak daripada biasanya, bahkan mungkin hanya untuk sekadar hobi. Satwa yang dilindungi diburu dan dijual oleh para pemburu untuk mendapatkan uang.

Burung jalak bali, kura-kura hijau, orang utan, dan masih banyak satwa lain yang keberadaanya semakin sedikit akibat kerusakan lingkungan hidup yang dilakukan oleh manusia secara sengaja. Untuk mengtasinya maka sangatlah diperlukan pengentasan yang baik serta sosialisasi terhadap warga negara.

  1. Merusak Hutan Bakau

Hutan bakau yang tumbuh secara akami ataupun tidak sangatlah memberikan manfaat yang banyak bagi lingkungan. Hutan bakau dapat mencegah intrusi dan gelombang air taut. Hutan bakau juga merupakan habitat berbagai jenis biota taut seperti kepiting, udang, dan ikan.

Kini, luas hutan bakau semakin sempit. Hutan bakau ditebang dan digunakan untuk usaha tambak maupun kegiatan perikanan lainnya. Kerusakan hutan bakau menyebabkan semakin terkikisnya daratan dan hilangnya habitat berbagai biota taut.

  1. Pembuangan Sampah di Sembarang Tempat

Sampah merupakan barang yang biasanya dihasilkan oleh manusia setiap hari, bahkan setiap menit. Perilaku yang sering dilakukan manusia adalah membuang sampah di sembarang tempat. Perilaku ¡ni menyebabkan permasalahan lingkungan yang tidak bisa dianggap sepele.

Bahkan untuk sampah plastik yang dibuang di sungai dapat mengakibatkan pencemaran air. Selain itu, sampah akan menghambat aliran air sehingga dapat menyebabkan banjir, terutama di musim hujan. Sampah memerlukan pengelolaan yang efektif agar tidak menyebabkan terjadinya permasalahan yang lebih besar.

  1. Pemanfaatan Sumber Daya Alam secara Berlebihan

Kebutuhan manusiä sangat banyak. Kebutuhan hidup manusia dipenuhi dengan memanfaatkan sumber daya alam. Pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan menyebabkan ketersediaan sumber daya alam semakin menipis, bahkan bisa musnah.

Pemanfaatan yang berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Misalnya, pemanfaatan kayu secara besar-besaran menyebabkan adanya perilaku penebangan liar yang memicu terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor.

Kesimpulan

Dari serangkaian penjelasan, dapatlah dikatakan bahwa secara nyata tindakan-tindakan membuang sampah sembarangan, pemanfaatan sumber daya yang berlebihan sejatinya merugiakan. Sehingga prihal inilah harus senantiasa dihaindari semua orang, termasuk pemerintahan ataupun masyarakat.

Oleh karena itulah sejatinya setiap orang akan berusaha menjaga pelestarian lingkungan untuk kepentingan masa depan, bangsa, dan negara.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan bentuk aktivitas manusia yang bisa menjadi penyebab adanya kerusakan lingkungan beserta dengan contoh perilakunya. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya.

3.7/5 - (3 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *