Contoh Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

Diposting pada

Contoh Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat

Manusia beserta hewan dan tumbuhan hidup berdampingan di bumi. Usia bumi semakin lama tentunya bertambah tua. Layaknya sesuatu hal yang lain, dengan bertambahnya usia maka banyak kemunduran fungsi yang terjadi. Apa maksudnya? Bahwa bumi yang usianya semakin bertambah tentunya kerusakan di permukaan bumi kian menjadi-jadi.

Kepadatan penduduk menyebabkan lahirnya 2 lingkungan, antara lain sehat dan tidak sehat. Yang membuat perbedaan jenis lingkungan tersebut adalah manusia itu sendiri. Pada artikel kali ini akan dibahas pengertian lingkungan sehat dan tidak sehat beserta masing-masing contohnya. Langsung saja simak penjelasan sebagai berikut.

Lingkungan Sehat

Lingkungan sehat adalah tempat dimana terdapat udara bersih, pergantian udara, sanitasi yang lancar, serta suhu yang cukup. Kesehatan individu berasal dari lingkungan yang bersih. Sudah sepatutnya kita menjaga lingkungan agar selalu sehat dan lestari.

Contoh Lingkungan Sehat

Contoh Lingkungan Sehat

Di sekitar kita banyak ditemukan lingkungan sehat. Terciptanya lingkungan sehat sangatlah sederhana, yaitu menjaga kebersihan setiap waktu. Apa saja contoh lingkungan sehat? Berikut uraian materinya.

Rumah Sakit

Rumah sakit ialah tempat dimana orang sakit berobat. Dengan kata lain tujuan adanya rumah sakit adalah membuat orang sakit menjadi sehat. Sejak tahun 2013 silam, peraturan pemerintah membuat kebijakan larangan merokok di seluruh area rumah sakit. Hal ini yang membuat rumah sakit menjadi lingkungan sehat.

Sekolah

Kita semua tahu bahwa rokok membawa banyak penyakit dalam kesehatan. Peraturan pemerintah memberi kebijakan larangan merokok di seluruh area sekolah. Hal ini membuat sekolah menjadi salah satu lingkungan sehat.

Taman

Di taman kita melihat banyak tumbuhan asri nan hijau. Kita juga bisa melakukan aktifitas fisik dalam bentuk permainan kecil disana. Pergerakan tubuh selalu terjadi apabila kita melakukan interaksi di taman.

Hutan

Saat mengunjungi hutan, maka udara akan terasa sejuk dan adhem. Perasaan ini hadir karena diantara manfaat hutan ada kadar oksigennya tinggi. Ditambah lagi jauh dari polusi udara kendaraan bermotor. Cobalah sesekali mengunjungi hutan, maka perasaan hati tenteram akan terasa.

Tempat Tinggal

Tempat tinggal berbeda dengan rumah, rumah termasuk dalam tempat tinggal. Namun tempat tinggal belum tentu rumah. Karena apartemen juga merupakan salah satu tempat tinggal dalam kategori lingkungan sehat.

Ruang Terbuka Hijau

Ruang terbuka hijau (RTH) adalah suatu taman yang berada di tengah-tengah jalur lalu lintas kendaraan. Kehadiran RTH membawa dampak yang sangat signifikan guna menekan laju polusi kota besar.

Bangunan yang Lolos Uji Dinas Lingkungan Hidup

Suatu pembangunan baik itu gedung, jembatan, jalan raya, dan lain sebagainya harus memperhatikan uji kelolosan dinas lingkungan hidup (DLH). Uji kelolosan ini berfungsi untuk keterkaitan antara proyek dengan alam.

Wisata Alam

Setelah penat bekerja selama sepekan penuh ada baiknya mengunjungi tempat wisata untuk menghilangkan kebosanan. Wisata alam atau bisa juga disebut ekowisata adalah salah satu saran terbaik untuk bertamasya dengan keluarga ataupun teman-teman.

Pedesaan

Pedesaan umumnya wilayahnya masih asri. Belum dipenuhi hiruk pikuk kepadatan lalu lintas. Sepanjang mata memandang dipenuhi dengan ladang pertanian. Udara di berbagai jenis desa yang alami sangatlah sejuk untuk dinikmati.

Kaki Gunungapi

Gunungapi yang melakukan erupsi tentu saja menghawatirkan penduduk di sekitar. Hal ini dikarenakan lava yang keluar dari mulut gunungapi dapat meluluh lantakkan apapun yang dilaluinya. Namun tanah disini sangat subur untuk ditanami tumbuhan. Hal ini yang menjadikan kaki gunungapi sebagai salah satu lingkungan sehat.

Kantin

Kantin adalah tempat yang menyediakan berbagai makanan dalam suatu lingkungan tertentu. Makanan yang disediakan kantin sudah diuji kualitasnya sehingga termasuk dalam kategori lingkungan sehat.

Sungai Jernih Bagian Hulu

Daerah Aliran Sungai (DAS) terbagi 3 yaitu hulu, badan, dan hilir. Hulu merupakan sumber air, badan adalah area jalurnya, dan hilir ialah bagian sungai yang mendekati muara. Bagian hulu sungai termasuk lingkungan sehat karena masih jernih.

Pusat Kebugaran

Pusat kebugaran menjadi salah satu lingkungan sehat karena disini adalah tempat sekelompok manusia melakukan kegiatan olahraga. Disini orang bisa melakukan senam, yoga, fitness, dan lain sebagainya.

Gelora Olahraga

Sekilas memang seperti tidak ada bedanya antara pusat kebugaran dengan gelora olahraga. Bedanya adalah pusat kebugaran diadakan di area dalam ruangan. Sedangkan gelora olahraga mencakup stadion yang berada di luar ruangan.

Kolam Renang

Berenang adalah kegiatan olahraga yang menyehatkan. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, berenang merupakan salah satu alternatif untuk menambah tinggi badan. Berenang juga bisa digunakan untuk melatih otot bahu.

Lingkungan Tidak Sehat

Lingkungan tidak sehat adalah kawasan yang tercemar baik oleh sampah, polusi, dan lain sebagainya. Ketidaksehatan lingkungan diawali dari manusia sendiri. Jika manusia bisa menjaga kebersihan, maka lingkungan akan menjadi sehat. Jika tidak bisa menjaga lingkungan maka lingkungan menjadi tidak sehat.

Contoh Lingkungan Tidak Sehat

Contoh Lingkungan Tidak Sehat

Lingkungan yang tidak sehat merupakan awal dari timbulnya banyak penyakit. Contoh saja penyakit gatal-gatal pada kulit. Hal tersebut bisa bermula dari kamar yang tidak sering dibersihkan. Sehingga debu menumpuk dan membawa banyak penyakit. Apa sajakah contoh lingkungan tidak sehat di sekitar kita? Berikut 15 contohnya.

Jalan Raya

Jalan raya adalah kawasan dimana terdapat kendaraan bermotor lalu lalang setiap harinya. Karena wilayah ini sebagai pusat mobilisasi, maka banyak kendaraan bermotor yang memenuhi jalan raya. Hal ini menyebabkan jalan raya tercemar oleh polusi udara.

Area Proyek Pembangunan

Proyek pembangunan pastinya sudah identik dengan debu. Selain debu, zat yang keluar dari alat berat merupakan racun yang bisa mencemari udara. Maka dari itu pekerja proyek diharuskan menggunakan masker saat sedang bekerja.

Pabrik

Pabrik adalah tempat dimana proses produksi berlangsung. Polusi udara yang dikeluarkan oleh mesin produksi menyebabkan berbagai masalah pada pernapasan. Inilah yang menyebabkan pabrik termasuk dalam kategori lingkungan tidak sehat.

Sungai Tercemar

Salah satu penyebab banjir adalah membuang sampah di sungai. Sungai yang dipenuhi sampah akan menyumbat aliran airnya. Selain itu, sampah dapat mengotori sungai sehingga airnya tercemar.

Tempat Pembuangan Akhir Sampah

Sampah-sampah yang diangkut truk setiap harinya akan dibuang di tempat pembuangan akhir sampah. Selanjutnya sampah itu akan dipilah dari yang bisa didaur-ulang, ditimbun, atau dibakar.

Kantor

Kantor dapat dikategorikan dalam lingkungan tidak sehat. Hal ini dikarenakan karyawan kantor melakukan pekerjaan yang monoton setiap harinya. Kegiatan ini sungguh tidak sehat bagi badan pekerjanya.

Toilet

Toilet merupakan sarang kuman. Kotoran yang dikeluarkan manusia dalam toilet membawa berjuta bakteri yang dapat menyerang kesehatan. Maka dari itu bersihkan toilet selepas digunakan.

Counter HP

Sebelum hadirnya smartphone, bakteri terbanyak terdapat di uang kertas. Uang kertas mengandung banyak bakteri karen selalu berpindah tangan setiap harinya. Kini, penelitian membuktikan bahwa benda yang paling banyak mengandung bakteri adalah handphone, khsusnya smartphone.

Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan yang dimaksud dalam lingkungan tidak sehat adalah pasar tradisional. Kita semua tahu bahwa pasar tradisional keadaannya kotor dan tidak terawatt. Sehingga kuman dan bakteri mudah untuk bersarang.

Puncak Gunung

Gunung adalah salah satu contoh lingkungan sehat. Namun tidak untuk puncak gunung. Setiap 100 meter di atas permukaan laut suhu akan turun 1°C. Tidak heran bahwa puncak gunung suhunya sangat dingin sampai masuk kategori wilayah tidak sehat.

Kamar yang Kotor

Kamar merupakan tempat untuk beristirahat paling nyaman. Terkadang meski kamar nampak sangat kotor, kita tetap bisa tidur dengan nyaman karena sudah terbiasa. Padahal, kamar yang kotor menjadi sarang kuman paling berbahaya dan mengancam penyakit kulit.

Kedai Makanan Pinggir Jalan

Sekarang ini sedang trend street food atau makanan berupa jajanan yang terletak di pinggir jalan. Meski nampak lezat, namun lokasinya yang di pinggir jalan menyebabkan makanan terkontaminasi dengan polusi udara.

Rutinitas Monoton

Rutinitas yang monoton adalah salah satu coh kegiatan yang tidak sehat. Kita perlu membuat gebrakan agar tidak melakukan hal yang itu-itu saja. Sehingga penting untuk treatment psikologis kita.

Makan Sambel Terlalu Banyak

Orang yang makan sambel terlalu banyak akan berpotensi mengalami sakit perut. Sakit perut biasanya menyebabkan orang mondar-mandir masuk kamar mandi untuk buang air besar. Nah, kamar mandi adalah sarang penyakit. Janganlah sering-sering masuk kamar mandi.

Tambang Batubara

Beberapa waktu yang lalu sedang trend video YouTube yang berjudul sexy killers. Video tersebut menceritakan bahanya bertempat tinggal di kawasan tambang batubara. Tambang batubara berbahaya bagi pernapasan dan mengancam kanker paru-paru.

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian lingkungan sehat dan tidak sehat beserta beserta dengan contohnya. Sekian penjelasan kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca dalam tujuan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *