Pengertian Lingkungan Sehat, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Lingkungan Sehat Adalah

Berinvestasi pada pelestarian lingkungan dapat berfungsi sebagai polis asuransi untuk kesehatan dan kesejahteraan manusia. Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) mencerminkan pemahaman umum bahwa lingkungan yang sehat merupakan bagian integral dari pemenuhan hak asasi manusia, termasuk hak untuk hidup, kesehatan, makanan, air dan sanitasi, dan kualitas kehidupan.

Polusi udara adalah risiko lingkungan tunggal terbesar di dunia terhadap kesehatan (sekitar 7 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun karena paparan kualitas udara yang buruk setiap hari). Oleh karena itu, membuat pilihan yang sehat itu penting, tetapi itu tidak cukup untuk menangkal kondisi lingkungan yang buruk yang mempengaruhi kesehatan kita. Karena lingkungan kita memiliki dampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan kita. Bagian penting dari kehidupan yang baik adalah melakukan bagian kita untuk menjaga lingkungan. Kita dapat bekerja bersama sebagai komunitas proaktif untuk menumbuhkan dunia yang aman, bahagia, dan sehat untuk tahun-tahun mendatang. Untuk memperjelas pemahman kita tentang lingkungan sehat, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, ciri, manfaat, dan contoh lingkungan sehat.

Lingkungan Sehat

Lingkungan sehat menginspirasi kita untuk hidup selaras dengan pengertian bumi dengan memiliki kesadaran tentang bagaimana perilaku kita berdampak pada lingkungan kita. Ini mencakup kemampuan untuk mempromosikan langkah-langkah yang meningkatkan standar hidup dan kualitas kesehatan di lingkungan kita.

Ada banyak cara untuk memberi pengertian lingkungan yang sehat. Itu termasuk udara yang kita hirup, air yang kita gunakan, makanan yang kita makan, dan lingkungan kita. Ini adalah bahan kimia, radiasi, dan mikroba, serta dunia fisik yang mengalami kontak dengan kita sehari-hari. Efek lingkungan terhadap kesehatan kita memang rumit, tetapi ada pengetahuan yang cukup dari penelitian selama beberapa dekade untuk mengambil tindakan dalam mengurangi bahaya lingkungan.

Pengertian Lingkungan Sehat

Lingkungan sehat adalah lingkungan yang udara, air, dan tanahnya bersih dan terbebas dari pencemaran dan polusi. Sehingga kesehatan lingkungan ialah kesehatan yang sangat penting bagi kelancaran kehidupan dibumi, karena lingkungan sebagai tempat dimana manusia itu tinggal.

Lingkungan dapat dikatakan sehat apabila sudah memenuhi syarat-syarat lingkungan yang sehat. Syarat-syarat tersebut, antara lain:

Keadaan Air

Air yang sehat merupakan air yang tidak berbau, tidak tercemar dan dapat dilihat kejernihannya, jika sudah pasti kebersihannya dimasak dengan suhu 10000 C, sehingga bakteri yang di dalam air tersebut mati dan fungsi air bagi kehidupan manusia bisa berjalan sebagimana mestinya.

Keadaan Udara

Udara yang sehat merupakan udara yang didalamnya mengandung udara yang diperlukan, misalnya oksigen dan di dalamnya tidak tercemar oleh zat-zat yang merusak tubuh, contohnya zat CO2 (zat carbondioksida).

Keadaan tanah

Tanah yang sehat merupakan lapisan tanah yang baik untuk penanaman suatu tumbuhan, dan tidak tercemar oleh zat-zat logam berat.

Pengertian Lingkungan Sehat Menurut Para Ahli

Adapun definisi lingkungan sehat menurut para ahli, antara lain:

The Titi Tudorancea Bulletin

Lingkungan sehat merupakan lingkungan atau kondisi yang menyediakan sarana dan peluang untuk mencapai kesejahteraan fisik dan / atau mental.

WHO

Lingkungan sehat dapat diartikan sebagai keseimbangan dalam ekologi sehingga dapat menjamin segala keadaan dan kehidupan manusia.

HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia)

Lingkungan sehat merupakan lingkungan yang mampu memberikan suatu bentuk keseimbangan dalam ekologi sehingga hal tersebut mampu mendukung tercapainya kualitas kehidupan manusia.

Rahayu

Lingkungan sehat merupakan suatu yang meliputi kesehatan mental, fisik, dan sosial yang bebas dari segala unsur penyakit ataupun kecacatan.

Ciri Lingkungan Sehat

Manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan udara bersih yang mengandung oksigen untuk bernafas. Manusia juga membutuhkan air yang bersih untuk mandi, minum, dan memasak. Kita memperoleh udara dan air dari lingkungan di sekitar kita. Karena itu, kita harus selalu menjaga lingkungan di sekitar kita sehingga kita mendapatkan air dan udara bersih dan segar.

Mungkin, di halaman rumah kita banyak tanaman, sehingga oksigen yang dihasilkan oleh tanaman juga banyak. Udara di sekitarnya pun akan terasa nyaman dan segar. Bukan hanya itu, apabila di sekitar rumah kita ada sungai atau parit yang tidak dipenuhi sampah, airnya yang bersih dan jernih, serta biasanya, ada ikan yang hidup di sungai.

Berikut ciri – ciri lingkungan sehat, antara lain:

Udara yang bersih

Ciri lingkungan sehat yang petama dapat dilihat dari segi kualitas udara.  Lingkungan yang sehat bisa terasa dari udaranya. Apabila lingkungan mempunyai udara bersih, segar dan menyejukkan, hal tersebut menunjukkan bahwa lingkungan itu adalah lingkungan yang sehat.

Udara yang bersih tidak akan menghambat saluran pernafasan, justru udara yang bersih, segar dan sejuk dapat melegakan pernafasan. Apabila dilihat dengan mata, udara bersih tidak berwarna, sedangkan udara yang kotor mempunyai warna yaitu berwarna putih maupun berwarna hitam. Warna tersebut dipengaruhi oleh pencemaran yang ada di lingkungan tersebut. Baca juga;  Pengertian Pencemaran Udara, Penyebab, Dampak, dan Contohnya

Terdapat Tempat Pembuangan Sampah

Lingkungan yang sehat harus memiliki tempat pembuangan sampah. Pembuangan sampah tersebut akan menampung sampah organik maupun sampan anorganik yang ada di masyarakat yang tinggal di lingkungan yang bersangkutan.

Ketersediaan tempat pembuangan sampah akan membuat lingkungan bersih, apabila lingkungan bersih maka dapat menghindarkan dari berbagai macam penyakit dan penyebab pencemaran tanah.

Tersedianya Pengelolaan Sampah

Bukan hanya ketersediaan tempat pembuangan sampah, tapi untuk menjadikan lingkungan sehat, maka harus dilengkapi dengan pengelolaan sampah. Misalnya yaitu pengelolaan sampah organik dan juga anorganik. Apabila tidak ada pengelolaan sampah akan mengakibatkan sampah akan menumpuk dipembuangan sampah, sehingga pada akhinya nanti bisa menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat.

Adanya Pengelompokan Sampah

Pada lingkungan sehat harus ada pengelompokan sampah berdasarkan sifatnya. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih bisa dimulai dari lingkungan rumah, misalnya dengan memilah-milah sampah berdasarkan sifatnya yaitu dapat diuraikan atau tidak dapat diuraikan. Sampah dari dedaunan, sampah kertas, sampah bekas sayuran bisa dimasukkan ke dalam tempat pembuangan sampah organik.

Pengelompokan untuk sampah plastik seperti sampah pembungkus makanan, sampah sedotan, botol mineral dan lain sebagainya bisa dimasukkan ke dalam sampah anorganik. Apabila sampah organik dan anorganik masih bercampuraduk pada satu tempat, akibatnya adalah saat di tempat pembuangan akhir sampah nanti akan kesulitan dalam mendaur ulangnya.

Saluran Air

Lingkungan yang sehat harus memiliki saluran air, sehingga orang yang tinggal di lingkungan tersebut bisa menjaga kesehatan dengan menggunakan saluran air tersebut. Saluran air yang lancar dan tidak tersumbat membuat orang yang ada di lingkungan tersebut mudah untuk melakukan mandi cuci kakus atau MCK sehingga kesehatan pun bisa dijaga.

Apabila tidak terdapat saluran air tentu orang yang tinggal di lingkungan tersebut akan melakukan MCK di sungai atau di tempat yang dipenuhi dengan air, yang pada akhirnya akan menjadi penyebab pencemaran air, sehingga air tidak bisa digunakan lagi.

Terlengkapinya Sarana Kakus Yang Baik

Saluran air yang lancar harus dilengkapi dengan sarana kakus yang baik untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Untuk masyarakat di pedesaan terkadang masih banyak yang belum memiliki sarana kakus, meskipun memang saat ini banyak rumah yang sudah dilengkapi dengan saluran air yang bersih dan lancar.

Hal tersebut ditandai dengan masyarakat pedesaan yang lebih memilih untuk melakukan kakus di sungai yang ada di lingkungannya. Ada banyak faktor yang mengakibatkan masyarakat tidak mempunyai sarana kakus yang memadai, misalnya biaya yang mahal untuk pembuatan sarana kakus menyebabkan masyarakat memilih untuk melakukan kakus di sungai yang tanpa biaya. Apabila hal tersebut dilakukan terus menerus bisa menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat.

Banyaknya Tumbuhan Hijau

Lingkungan sehat juga dicirikan dengan banyaknya tumbuhan hijau di lingkungan tersebut. Lingkungan yang bersih merupakan lingkungan yang tidak gersang sehingga pemandangan akan tampak hijau di lingkungan tersebut.

Penanaman pohon dapat dilakukan di setiap rumah ssehingga setiap rumah mempunyai tumbuhan hijau yang terpelihara dan tertata rapi. Tumbuhan hijau tersebut juga menciptakan udara yang bersih, yang juga merupakan salah satu penciri lingkungan yang bersih dan sehat.

Pengelolaan Limbah Yang Baik

Lingkungan yang bersih ditandai juga dengan adanya pengelolaan limbah yang baik di setiap rumah. Masing-masing rumah akan menghasilkan limbah domestik atau limbah rumah tangga yang bisa mencemari lingkungan. Oleh karena itu diperlukan saluran limbah dan pengelolaan limbah yang baik di setiap rumah untuk bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Manfaat Lingkungan Sehat

Untuk menciptakan lingkungan yang sehat, kita harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan berguna untuk kita agar dapat hidup dengan nyaman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat yang dapat kita peroleh dengan menjaga kebersihan lingkungan antara lain:

  1. Dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat
  2. Lingkungan dapat menjadi lebih sejuk
  3. Terbebas dari polusi tanah dan udara.
  4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.
  5. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Selain kelima manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dengan menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri, misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, pokoknya masih banyak lagi.

Contoh Lingkungan Sehat

Lingkungan sehat merupakan lingkungan yang bersih. Contoh dari lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang memiliki karakteristik sebagai berikut, yaitu: Udara bersih dan segar; tanah yang subur; sumber air yang bersih; air sungai yang mengalir bersih dan jernih; tidak ada sampah yang berserakan; banyak tumbuhan hijau tumbuh dengan subur. Selain itu lingkungan yang sehat juga termasuk lingkungan tidak menyebabkan polusi dan menjadi penyebab pemanasan global.

Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkapnya mengenai materi atas pengertian lingkungan sehat menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contohnya. Semoga saja artikel yang kami tulisan ini bisa bermanfaat bagi segenap pembaca yang membutuhkannya. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *