Manfaat Bioma Stepa dan Penjelasannya

Diposting pada

Fungsi Bioma Stepa

Arti bioma bisa dikatakan sebagai suatu area dalam lapisan tanah yang luas yang diklasifikasikan berdasarkan iklim, tumbuhan, dan hewan yang membuat rumah untuk hidup. Salah satu jenis bioma yang paling dikenal di dunia adalah bioma stepa.

Dimana dalam stepa ini memiliki karakteristik berbentuk semi gurun yang tertutup oleh rumput atau semak, sehingga atas dasar demikianlah tergantung pada musim dan garis lintang di wilayah tersebut. Disisi lain, persebaran bioma stepa ditemukan di semua benua kecuali Australia dan Antartika. Stepa sebagian besar ditemukan di AS, Mongolia, Siberia, Tibet, dan Cina.

Bioma Stepa

Bioma stepa adalah sebuah dataran yang berupa padang rumput yang terbentang dari wilayah dan perwilayahan tropis sampai ke wilayah subtropis dengan kondisi curah hujan yang sedikit. Sehingga bioma stepa diartikan sebagai dataran tanpa pohon yang terkecuali berada di dekat sungai atau danau, hampir mirip dengan prairie, tapi stepa umumnya ditumbuhi rumput pendek.

Sedangkan bioma stepa untuk persebarannya terletak di antara gurun dan hutan. Yang perlu dipahami jikalau mendapat lebih banyak hujan maka disebut sebagai hutan. Tetapi jikalau curah hujan berkurang maka akan menjadi gurun.

Manfaat Bioma Stepa

Manfaat yang menjadi fungsi daripada bioma stepa diantaranya;

  1. Sebagai tempat penggembalaan

Rerumputan pendek yang tumbuh secara alami di stepa menjadi tempat penggembalaan sapi, kambing, kuda, unta, dan domba. Terkadang stepa digembalakan secara berlebihan. Hal itu terjadi jika jumlah hewan lebih banyak daripada yang dapat ditunjang oleh daratan.

  1. Nilai ekonomis stepa sebagai pakan ternak atap rumah

Fungsi yang menjadi nilai ekonomis stepa yang sangat umum yaitu padang rumput yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak, pembuatan atap rumah, dan hewan ternak yang hidup dari padang rumput bisa dijual dengan harga tinggi.

  1. Sebagai tempat wisata

Ta jarang fungsi bioma stepa yang kerapkali dihuni oleh hewan khas yang dilindungi serta lingkungannya adalah potensi atau keunikan yang bisa dijadikan pariwisata alam stepa. Hal ini bisa ditemukan dalam berbagai wilayah yang ada di dunia.

  1. Rute perjalanan dan perdagangan

Stepa Eurasia secara historis menjadi salah satu rute paling penting untuk perjalanan dan perdagangan. Hamparan datar menyediakan rute ideal antara Asia dan Eropa. Kafilah kuda, keledai, dan unta telah menjelajahi padang rumput Eurasia selama ribuan tahun.

  1. Sebagai penahan erosi

Faktanya, stepa yang termasuk padang rumput dengan rerumputan berukuran pendek, juga berkontribusi besar dalam perjuangan melawan erosi dan pengaturan tata air, pemurnian pupuk dan pestisida, dan keanekaragaman hayati.

  1. Sebagai lahan pertanian

Banyak stepa di dunia yang telah diubah menjadi lahan pertanian. Akan tetapi, sebenarnya pemanfaatan yang satu ini memang tidak sepenuhnya tepat karena ketika rumput pendek dari stepa dibajak untuk pertanian, tanah dapat terkikis dengan sangat cepat.

Unsur hara penting yang tertambat di tanah oleh rerumputan akan dihembuskan atau disapu bersih. Pengembangan lahan pertanian juga dapat merusak tanah dengan pupuk dan bahan kimia lainnya.

Itulah tadi penjelasan yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat adanya bioma stepa bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *