Pengertian Planet Saturnus, Sejarah, Karakteristik, dan Cirinya

Diposting pada

Planet Saturnus Adalah

Saturnus ialah planet keenam dari susunan Tata Surya jikalau ukurannya Matahari dan yang paling jauh yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Saturnus adalah planet terbesar kedua dan terkenal karena sistem cincinnya yang luar biasa, yang pertama kali diamati pada tahun 1610 oleh astronom Galileo Galilei. Seperti planet jupiter, Saturnus adalah raksasa gas dan terdiri dari gas serupa termasuk hidrogen, helium, dan metana.

Cincin Saturnus terdiri dari milyaran partikel es mulai dari ukuran butiran kecil hingga beberapa kilometer. Saturnus memiliki satelit alami, salah satunya yaitu Titan. Titan adalah arti satelit terbesar Saturnus dan merupakan satelit terbesar kedua di tata surya kita.

Planet Saturnus

Saturnus menempati hampir 60 persen volume Jupiter, tetapi hanya memiliki sekitar sepertiga dari massanya dan kerapatan rata-ratanya adalah yang terendah (sekitar 70 persen dari air) dari benda apa pun yang ada di tata surya. Secara hipotesis, Saturnus akan mengapung di lautan yang cukup besar untuk menampungnya. Saturnus dan Yupiter menyerupai bintang-bintang karena komposisi kimianya yang didominasi oleh hidrogen.

Saturnus seperti halnya Jupiter, tekanan luar biasa di bagian dalam Saturnus mempertahankan hidrogen di sana dalam keadaan logam cair. Seperti planet raksasa (planet Yovian) lainnya-Jupiter, Uranus, dan Neptunus-Saturnus memiliki sistem bulan dan satelit yang luas, yang dapat memberikan petunjuk tentang asal-usul dan evolusinya, serta planet-planet dalam sistem tata surya.

Titan merupakan satelit Saturnus yang dibedakan dari semua satelit lain di tata surya dengan adanya lapisan atmosfer yang lebih rapat daripada planet-planet terestrial selain Venus.

Pengertian Planet Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua dari tata surya dalam massa dan ukurannya, serta planet keenam dari Matahari. Di langit malam Saturnus mudah terlihat oleh mata tanpa bantuan alat sebagai titik cahaya yang tidak berkelap-kelip.

Ketika dilihat bahkan melalui teleskop kecil, planet ini dikelilingi oleh cincin-cincin yang luar biasa. Saturnus bisa dibilang merupakan objek paling agung di tata surya. Saturnus ditunjukkan oleh simbol ♄.

Pengertian Saturnus Menurut Para Ahli

Adapun pengertian planet Saturnus menurut para ahli, antara lain:

  1. NASA Scince

Saturnus adalah planet keenam dari Matahari dan planet terbesar kedua di tata surya kita. Saturnus unik di antara planet-planet. Ini bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin yang terbuat dari bongkahan es dan batu, tetapi tidak ada yang se-spektakuler atau serumit milik Saturnus.

Seperti sesama raksasa gas (Jupiter), Saturnus adalah bola besar yang sebagian besar terbuat dari hidrogen dan helium.

  1. Space

Saturnus ialah planet keenam dari Matahari dan planet terbesar kedua di tata surya. Saturnus adalah nama Romawi untuk Cronus, penguasa para Titan dalam mitologi Yunani. Saturnus adalah akar dari kata bahasa Inggris “Saturday.”

Saturnus adalah planet terjauh dari pengertian Bumi yang dapat dilihat oleh mata telanjang, tetapi melalui teleskoplah kenampakan-kenampakan paling menonjol dari planet ini dapat dilihat, misalnya cincin Saturnus. Meskipun raksasa gas lainnya di tata surya, seperti  Jupiter, Uranus dan Neptunus – juga memiliki cincin, cinicn milik Saturnus adalah yang paling luar biasa.

  1. Wikipedia

Saturnus merupakan sebuah planet dalam anggota tata surya yang dikenal sebagai planet bercincin, dan sebagai planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter. Jaraknya yang sangat jauh dari Matahari, menyebabkan Saturnus tampak tidak terlalu jelas dari Bumi. Saturnus memerlukan waktu 29,46 tahun untuk berevolusi.

Sedangkan waktu yang diperlukan untuk berotasi sangat singkat, yaitu 10 jam 40 menit 24 detik. Setiap 378 hari, Bumi, Saturnus dan Matahari berada pada satu garis lurus.

Saturnus mempunyai kerapatan yang rendah karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Inti Saturnus diperkirakan terdiri atas batuan padat dengan atmosfer yang tersusun atas gas amonia dan metana, hal tersebut tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus.

Sejarah Saturnus

Nama Saturnus berasal dari Dewa pertanian Romawi, yang disamakan dengan Dewa Yunani Cronus. Sebagai planet terjauh yang diketahui oleh pengamatan kuno, Saturnus juga tercatat sebagai planet yang paling lambat bergerak. Jaraknya dari Matahari 9,5 kali lebih jauh dari struktur Bumi.

Saturnus mudah terlihat dengan mata tanpa bantuan alat, sehingga sulit untuk mengatakan kapan planet ini pertama kali ditemukan. Akan tetapi untuk dapat melihat keindahan planet ini dengan lebih jelas kita dapat menggunakan teleskop.

Astronom Italia, Galileo pada 1610 adalah orang pertama yang mengamati Saturnus dengan teleskop. Meskipun ia melihat keanehan dalam penampilan Saturnus, resolusi instrumennya yang rendah tidak memungkinkannya untuk membedakan sifat sebenarnya dari cincin planet ini. Galileo tidak menyadari apa yang sedang dilihatnya, dan mengira cincin itu adalah bulan-bulan besar di kedua sisi planet.

Christian Huygens menggunakan teleskop yang lebih baik untuk melihat bahwa objek tersebut sebenarnya adalah cincin. Huygens juga yang pertama menemukan satelit Titan yang merupakan satelit terbesar Saturnus.

Jean-Domanique Cassini menemukan celah di cincin Saturnus, yang kemudian dinamai Divisi Cassini, dan dia adalah orang pertama yang melihat 4 lebih banyak satelit Saturnus: Iapetus, Rhea, Tethys, dan Dione.

Tidak banyak lagi penemuan besar tentang Saturnus hingga flybys pesawat terbang di tahun 70-an dan 80-an. NASA Pioneer 11 adalah pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi Saturnus, yang berjarak 20.000 km dari lapisan awan planet. Kemudian diikuti oleh Voyager 1 pada 1980, dan Voyager 2 pada Agustus 1981.

Baru pada Juli 2004 wahana antariksa Cassini milik NASA tiba di Saturnus, dan memulai penjelajahan sistem yang paling terperinci. Cassini telah melakukan banyak flybys dari banyak satelit Saturnus, dan mengirim kembali ribuan gambar planet dan satelit-satelit lainnya.

Karakteristik Saturnus

Adapun karakteritik yang kemudian menjadi ciri planet saturnus, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Fisik

Saturnus merupakan raksasa gas yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium. Saturnus cukup besar untuk menampung lebih dari 760 Bumi, dan lebih besar dari planet lain kecuali Yupiter, kira-kira 95 kali massa Bumi. Namun, Saturnus memiliki kerapatan terendah dari semua planet, dan merupakan satu-satunya yang kurang padat daripada air – jika ada bak mandi yang cukup besar untuk menampungnya, Saturnus akan mengambang.

Pita kuning dan emas yang terlihat di atmosfer Saturnus adalah hasil dari angin super cepat di atmosfer atas, yang dapat mencapai hingga 1.100 mph (1.800 km / jam) di sekitar khatulistiwa, dikombinasikan dengan panas yang mengalami kenaikan dari interior planet.

Saturnus berputar lebih cepat daripada planet lain mana pun kecuali Jupiter, menyelesaikan rotasi kira-kira setiap 10 setengah jam. Pemintalan cepat ini menyebabkan Saturnus membengkak di khatulistiwa dan merata di bagian kutubnya – planet ini 8.000 mil (13.000 kilometer) lebih luas di khatulistiwa daripada di antara kutub.

Seperti planet raksasa lainnya, Saturnus juga memiliki cahaya utara dan selatan, yang disebabkan oleh partikel dari pengertian matahari.

  1. Komposisi dan struktur

Komposisi dalam pengertian atmosfer (berdasarkan volumenya) terdiri atas 96,3 persen hidrogen molekuler, 3,25 persen helium, metana, amonia, hidrogen deuterida, etana, aerosol amonia es, aerosol es air, aerosol amonia hidrosulfida aerosol kecil. Sedangkan dilihat komposisi kimianya, Saturnus tampaknya memiliki inti bagian dalam yang padat dari besi dan material berbatu yang dikelilingi oleh inti bagian luar yang mungkin terdiri dari amonia, metana, dan air.

Berikutnya adalah lapisan hidrogen logam cair yang sangat terkompresi, diikuti oleh daerah hidrogen kental dan helium. Hidrogen dan helium tersebut berubah menjadi gas di dekat permukaan planet dan menyatu dengan atmosfernya. Struktur internal Saturnus tampaknya memiliki inti antara sekitar 10 hingga 20 kali lebih besar dari Bumi. Saturnus memiliki medan magnet sekitar 578 kali lebih kuat dari permukaan Bumi.

  1. Satelit

Saturnus memiliki setidaknya 62 satelit. Satelit terbesar Saturnus adalah Titan, ukurannya sedikit lebih besar dari Merkurius, dan merupakan sate;it terbesar kedua di tata surya setelah satelit Jupiter, Ganymede.

Atmosfer Titan mengandung sejumlah hidrokarbon, bahan kimia yang terutama membuat bahan bakar fosil di Bumi. Hujan metana jatuh dari langit dan bergerak melalui kerak es satelit. Sebuah studi mendeteksi propylene (bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastic) di atmosfer planet ini. Pengamatan yang dirilis pada 2016 menunjukkan bahwa Titan secara mengejutkan membanjiri ngarai dengan hidrokarbon cair.

  1. Cincin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa orang pertama yang melihat cincin Saturnus adalah Galileo Galilei pada tahun 1610, meskipun pengamatannya belum sempurna. Kemudian, astronom Belanda Christiaan Huygens, yang memiliki teleskop yang lebih kuat, menemukan bahwa Saturnus memiliki cincin datar dan tipis.

Para astronom dengan teleskop yang lebih kuat menemukan bahwa Saturnus sebenarnya memiliki banyak cincin yang terbuat dari miliaran partikel es dan batu, mulai dari ukuran butiran gula hingga ukuran rumah. Cincin terbesar Saturnus membentang hingga 7.000 kali diameter planet ini. Cincin diyakini berasal dari puing-puing yang tersisa dari komet, asteroid atau bulan yang hancur. (Sebuah studi tahun 2016 juga menunjukkan bahwa cincin itu mungkin bangkai dari planet kerdil).

Meskipun cincin itu memanjang ribuan mil dari planet ini, cincin utamanya biasanya hanya setebal sekitar 30 kaki. Pesawat ruang angkasa Cassini-Huygens mengungkapkan formasi vertikal di beberapa cincin, dengan partikel menumpuk di gundukan dan pegunungan lebih dari 2 mil (3 km).

Cincin-cincin tersebut pada umumnya dinamai sesuai abjad sesuai urutan ditemukan. Mereka biasanya relatif dekat satu sama lain, dengan satu pengecualian utama yang disebabkan oleh Divisi Cassini, selisih sekitar 2.720 mil (4.700 km).

Cincin utama, yang mengelilingi planet ini, dikenal sebagai C, B dan A, dengan Divisi Cassini memisahkan B dan A. Cincin terdalam adalah cincin D yang sangat redup, sedangkan cincin terluar hingga saat ini, yang terungkap pada tahun 2009, dapat memuat miliar Bumi di dalamnya.

Dampak Gravitasi Saturnus terhadap Tata Surya

Sebagai planet paling masif di tata surya setelah Yupiter, tarikan gravitasi Saturnus telah membantu membentuk nasib sistem tata surya kita.

Hal ini tentu memungkin telah membantu dengan keras melemparkan Neptunus dan Uranus keluar. Itu, bersama dengan Jupiter, mungkin juga telah mengayunkan rentetan puing ke arah planet-planet dalam pada awal sejarah sistem tata surya.

Ciri Planet Saturnus

Adapun beberapa fakta tentang planet Saturnus yang dapat menjadi ciri-ciri khasnya, antara lain:

  1. Saturnus dapat dilihat dengan mata telanjang

Ini adalah objek paling terang kelima di tata surya dan juga mudah dipelajari melalui teropong atau teleskop kecil.

  1. Saturnus adalah planet paling datar

Diameter kutubnya adalah 90% dari diameter khatulistiwa, hal ini disebabkan kerapatan yang rendah dan rotasi yang cepat. Saturnus berputar pada sumbunya sekali setiap 10 jam dan 34 menit, menjadikannya hari terpendek kedua di planet tata surya.

  1. Saturnus mengorbit Matahari sekali setiap 29,4 tahun Bumi.

Gerakan Saturnus yang lambat membuatnya mendapat julukan “Lubadsagush” dari bangsa Asyur kuno, yang berarti “yang tertua dari yang lama”.

  1. Saturnus memiliki badai berbentuk oval mirip dengan Jupiter

Wilayah di sekitar kutub utara planet ini memiliki pola awan berbentuk heksagonal. Para ilmuwan berpikir ini mungkin pola gelombang di awan atas. Planet ini juga memiliki pusaran di atas kutub selatannya yang menyerupai badai.

  1. Saturnus memiliki cincin paling luas di tata surya

Cincin Saturnus sebagian besar terbuat dari bongkahan es dan sedikit debu karbon. Cincin ini membentang lebih dari 120.700 km dari planet ini, tetapi sangat tipis: hanya setebal sekitar 20 meter.

  1. Saturnus memiliki 150 satelit dan satelit yang lebih kecil.

Satelit terbesar adalah Titan dan Rhea. Enceladus tampaknya memiliki lautan di bawah permukaannya yang beku. Titan adalah bulan dengan atmosfer kaya nitrogen yang kompleks dan padat.

Itu sebagian besar terdiri dari es air dan batu. Permukaannya yang beku memiliki danau metana cair dan lanskap yang tertutup oleh nitrogen beku. Ilmuwan planet menganggap Titan sebagai pelabuhan yang memungkinkan bagi kehidupan, tetapi tidak seperti kehidupan di Bumi.

  1. Empat pesawat ruang angkasa telah mengunjungi Saturnus

Pelopor 11, Voyager 1 dan 2, dan misi Cassini-Huygens semuanya telah mempelajari planet ini. Cassini mengorbit Saturnus dari Juli 2004 hingga September 2017, mengirimkan kembali banyak data tentang planet ini, satelit-satelitnya, dan cincinnya.

Nah, itulah tadi bahasan secara lengkapnya mengenai pengertian Planet Saturnus menurut para ahli, sejarah, karakteristik, dampak, dan ciri-cirinya. Semoga tulisan ini memberikan refrensi serta pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *