Pengertian Planet Jupiter, Sejarah, Karakteristik, dan Ciri-Cirinya

Diposting pada

Planet Jupiter Adalah

Jupiter bisa dikatakan sebagai planet kelima dari Matahari kita dan, sejauh ini, planet terbesar di tata surya-dua kali lebih besar dari semua planet lain yang digabungkan. Garis-garis dan pusaran Yupiter sebenarnya adalah awan amonia dan air yang berangin, mengambang di lapisan atmosfer hidrogen dan helium. Bintik Merah Jupiter yang ikonik adalah badai raksasa yang lebih besar dari Bumi  yang telah bergejolak selama ratusan tahun.

Jupiter dikelilingi oleh 79 satelit yang dikenal. Para ilmuwan paling tertarik pada satelit Galilea-empat satelit terbesar yang ditemukan oleh Galileo Galilei pada tahun 1610: Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Jupiter juga memiliki beberapa cincin, tetapi tidak seperti cincin Saturnus yang terkenal, cincin Jupiter sangat redup dan terbuat dari debu, bukan es. Nama  Jupiter didasarkan pada nama Raja Para Dewa Romawi Kuno. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang Jupiter, artikel ini akan mengulas tentang pengertian, sejarah, karakteristik, dan ciro-ciri Jupiter.

Planet Jupiter

Jupiter adalah planet terbesar di anggota tata surya kita. Mirip dengan bintang, tetapi tidak pernah cukup besar untuk mulai terbakar. Jupiter tertutupi garis-garis awan yang berputar-putar. Ini memiliki badai besar seperti Bintik Merah Besar, yang telah berlangsung selama ratusan tahun.

Planet Jupiter adalah raksasa gas dan tidak memiliki permukaan padat, tetapi mungkin memiliki inti dalam yang kokoh seukuran yang ada di pengertian Bumi. Jupiter juga memiliki cincin, tetapi cincin itu terlalu samar untuk bisa dilihat dengan baik.

Pengertian Planet Jupiter

Jupiter adalah planet kelima dari Matahari dan terbesar di sistem Tata Surya. Ini adalah planet raksasa dengan massa seperseribu massa Matahari, tetapi dua setengah kali lipat dari semua planet lain di Tata Surya. Jupiter dan Saturnus adalah raksasa gas; dua planet raksasa lainnya, Planet Uranus dan Planet Neptunus, adalah raksasa es.

Jupiter telah dikenal para astronom sejak jaman dahulu. Dinamai berdasarkan nama Dewa Romawi Jupiter. Ketika dilihat dari Bumi, Jupiter dapat mencapai magnitudo−2,94, cahaya terang yang dipantulkannya cukup untuk membuat bayangan, dan menjadikannya rata-rata objek alami paling terang ketiga di langit malam setelah Bulan dan Planet Venus.

Jupiter terutama terdiri dari hidrogen dengan seperempat massa heliumnya, meskipun helium hanya terdiri dari sepersepuluh dari jumlah molekul. Mungkin juga memiliki inti berbatu unsur yang lebih berat, tetapi seperti planet raksasa lainnya, Jupiter tidak memiliki permukaan padat yang terdefinisi dengan baik. Karena perputarannya yang cepat, bentuk planet ini adalah bentuk splateoid oblate (ia memiliki tonjolan yang sedikit tetapi mencolok di sekitar khatulistiwa).

Pengertian Plenat Jupiter Menurut Para Ahli

Adapun definisi planet Jupiter Menurut para ahli, antara lain:

  1. NASA

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Luasnya sekitar 143.000 kilometer (sekitar 89.000 mil) di khatulistiwa. Jupiter sanngat besar sehingga semua planet lain di tata surya bisa muat di dalamnya. Diperkirakan lebih dari 1.300 Struktur Bumi akan muat di dalam Jupiter. Jupiter memiliki komposisi seperti bintang. Jika Jupiter sekitar 80 kali lebih besar, itu akan menjadi bintang daripada planet.

Jupiter adalah planet kelima dari matahari. Jarak rata-rata Jupiter dari matahari adalah 5,2 satuan astronomi, atau AU. Jarak ini sedikit lebih dari lima kali jarak dari Bumi ke matahari. Jika dilihat dari Bumi, Jupiter biasanya merupakan planet paling terang kedua di langit malam, setelah Venus.

  1. Space

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Dinamai berdasarkan nama raja para dewa dalam mitologi Romawi. Dengan cara yang sama, orang-orang Yunani kuno menamai planet ini dengan nama Zeus, raja panteon Yunani.

Jupiter membantu merevolusi cara kita melihat alam semesta, pada tahun 1610 ketika Galileo menemukan empat satelit besar Jupiter-Io, Europa, Ganymede dan Callisto, sekarang dikenal sebagai satelit-satelit Galilea. Ini adalah pertama kalinya benda langit terlihat mengelilingi benda selain Bumi, dukungan utama pandangan Copernicus bahwa Bumi bukanlah pusat alam semesta.

Sejarah Jupiter

Tidak ada yang dapat secara pasti mengatakan kapan penemuan Jupiter terjadi atau siapa yang menemukannya. Kenapa begitu sulit? Itu adalah salah satu dari lima planet yang bisa dilihat di langit malam. Hanya Venus dan Bulan yang lebih terang. Terus terang, hampir mustahil untuk dilewatkan.

NASA menyebutkan planet itu telah ditemukan oleh para leluhur. Planet ini disebut Marduk dalam teks-teks kuno Babel, Zeus dalam naskah kuno Yunani, dan Yupiter di zaman kuno Romawi.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait penjelajahan Jupiter. Pada tahun 1610, Galileo Galilei memutar teleskopnya yang belum sempurna untuk mengamati Jupiter, dan menyadari bahwa itu memiliki 4 satelit besar yang mengorbitnya: Io, Europa, Ganymede, dan Callisto. Ini adalah penemuan penting, karena menunjukkan bahwa Bumi bukanlah pusat Semesta seperti yang diyakini oleh para pendukung pandangan geosentris.

Pada tahun 1660-an, Giovanni Cassini menggunakan teleskopnya untuk menemukan bintik-bintik dan pita-pita di seluruh permukaan Jupiter, dan mampu memperkirakan periode rotasi planet. Ia dianggap sebagai orang pertama yang mengamati Bintik Merah Besar di planet ini, badai raksasa yang masih berkecamuk. Bayangkan satu badai yang mengamuk selama lebih dari 450 tahun dan lebih besar dari Bumi.

Pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi Jupiter dari dekat adalah Pioneer 10 NASA pada tahun 1973. Misi itu diikuti oleh Pioneer 11 pada tahun 1974. Kedua pesawat ruang angkasa NASA Voyager terbang pada tahun 1979, mengirimkan kembali banyak gambar terkenal yang kita semua kenal. Sejak saat itu, penyelidikan surya Ulysses, wahana antariksa Cassini milik NASA, dan New Horizons semuanya telah membuat jalur terbang di planet ini.

Satu-satunya pesawat ruang angkasa untuk benar-benar mengetahui orbit Jupiter adalah misi NASA Galileo, yang masuk ke orbit Jupiter pada tahun 1995. Ilmuwan NASA ingin melihat lebih banyak sistem Yovian, sehingga Galileo dikirim untuk mengamati beberapa satelit. Galileo dikreditkan sebagai pesawat ruang angkasa pertama yang mengamati komet yang menabrak planet (Jupiter).

Pertama kali juga menemukan pengertian asteroid dengan satelit, dan itu adalah yang pertama mengukur tekanan atmosfer yang menghancurkan Jupiter. Misi tersebut menemukan bukti air asin di bawah permukaan di Europa, Ganymede dan Callisto dan mengungkapkan intensitas aktivitas vulkanik di Io.

Kita mungkin tidak tahu tanggal pasti dari penemuan Jupiter, tetapi kita tahu banyak tentang planet ini. Bahkan sekarang, para ilmuwan sedang merencanakan misi berikutnya dan berharap untuk menjadi yang pertama menemukan sesuatu tentang sistem Jovian.

Karakteristik Jupiter

Adapun untuk karakteristik yang ada dalam planet terbesar di alam semesta, yakni Jupiter. Antara lain sebagai berikut;

  1. Fisik

Jupiter adalah planet paling masif di tata surya kita, dua kali lebih masif dari semua planet lain yang digabungkan, dan seandainya sekitar 80 kali lebih masif, itu sebenarnya akan menjadi bintang daripada planet. Atmosfernya menyerupai matahari, yang sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium, dan dengan empat satelit besar dan banyak atelit lebih kecil di orbit di sekitarnya,

Jupiter dengan sendirinya membentuk semacam miniatur tata surya. Semua mengatakan, volume besar Jupiter bisa menampung lebih dari 1.300 Bumi. Pita warna-warni di Jupiter tersusun dalam ikat pinggang gelap dan zona terang yang diciptakan oleh angin timur-barat yang kuat di atmosfer atas planet yang bergerak lebih dari 400 mph (640 km/jam). Awan putih di zona tersebut terbuat dari kristal amonia beku, sementara awan gelap terbuat dari bahan kimia lainnya ditemukan di sabuk.

Kenampakan paling luar biasa di Jupiter tidak diragukan lagi adalah Bintik Merah Besar, badai seperti badai raksasa yang terlihat selama lebih dari 300 tahun. Pada titik terlebarnya, Bintik Merah Besar adalah tiga kali diameter Bumi, dan ujungnya berputar berlawanan arah jarum jam di sekitar pusatnya dengan kecepatan sekitar 225 mph (360 km / jam).

Warna badai, yang biasanya bervariasi dari merah bata sampai sedikit coklat, dapat berasal dari sejumlah kecil sulfur dan fosfor dalam kristal amonia di awan Jupiter. Tumbuh dan menyusut. Titik telah menyusut untuk beberapa waktu, meskipun mungkin melambat dalam beberapa tahun terakhir.

Medan magnet Jupiter adalah yang terkuat dari semua planet di tata surya, hampir 20.000 kali kekuatan Bumi. Ini menjebak partikel bermuatan listrik di sabuk elektron yang kuat dan partikel bermuatan listrik lainnya yang secara teratur meledakkan satelit dan cincin planet dengan tingkat radiasi lebih dari 1.000 kali tingkat mematikan untuk manusia, bahkan merusak pesawat ruang angkasa yang sangat terlindung seperti penyelidikan Galileo NASA.

Yupiter berputar lebih cepat daripada planet lain, membutuhkan waktu kurang dari 10 jam untuk menyelesaikan putaran porosnya. Perputaran cepat ini membuat Jupiter menonjol di garis khatulistiwa dan meratakan di kutub, membuat planet ini sekitar 7 persen lebih luas di garis khatulistiwa daripada di kutub.

  1. Komposisi & struktur

Komposisi atmosfer Jupiter bberdasarkan volumenya terdiri atas 89,8%, hidrogen molekuler, 10,2% helium, metana, amonia, hidrogen deuterida, etana, air, aerosol amonia air, aerosol es air, amonia hidrosulfida aerosol. Medan magnet Jupiter hampir 20.000 kali lebih kuat dari Bumi.

  1. Komposisi kimia

Jupiter memiliki inti padat dari komposisi yang tidak pasti, dikelilingi oleh lapisan hidrogen cair yang kaya akan helium, terbungkus dalam atmosfer yang utamanya terbuat dari molekul hidrogen.

Inti Jupiter kurang dari 10 kali massa Bumi yang dikelilingi oleh lapisan hidrogen logam cair yang memanjang hingga 80 hingga 90 persen dari diameter planet ini, tertutup dalam atmosfer yang sebagian besar terbuat dari gas dan gas cair.

  1. Orbit & rotasi

Jarak rata-rata Jupiter dari pengertian matahari 483.682.810 mil (778.412.020 km) atau 5,203 kali lipat dari Bumi. Perihelion sejauh 460.276.100 mil (740.742.600 km) atau 5.036 kali lipat dari Bumi. Sedangkan Aphelion sejauh 507.089.500 mil (816.081.400 km) atau 5,366 kali lipat dari Bumi.

  1. Satelit Jupiter

Jupiter memiliki setidaknya 63 satelit. Empat satelit terbesar Jupiter yaitu Io, Europa, Ganymede, dan Callisto, ditemukan oleh Galileo sendiri, dan sekarang dikenal sebagai satelit Galilea.

Ganymede adalah satelit terbesar di tata surya kita, lebih besar dari Merkurius dan Pluto. Itu juga satu-satunya satelit yang diketahui memiliki medan magnetnya sendiri. Io adalah benda langit vulkanik paling aktif di tata surya kita. Sulfur gunung berapi yang dimuntahkannya memberi Io penampilan kuning-oranye.

Kerak beku Europa sebagian besar terdiri dari es air, dan mungkin menyembunyikan samudra cair yang menampung dua kali lebih banyak air daripada yang dimiliki Bumi. Lautan es mungkin juga ada di bawah kerak Callisto dan Ganymede. Callisto memiliki reflektivitas terendah, atau Albedo, dari empat bulan Galilea. Ini menunjukkan bahwa permukaannya mungkin terdiri dari batu yang gelap dan tidak berwarna.

  1. Cincin Jupiter

Pesawat ruang angkasa NASA Voyager 1 menemukan tiga cincin Jupiter di sekitar khatulistiwa planet pada tahun 1979. Masing-masing jauh lebih redup daripada cincin Saturnus. Cincin utama tebalnya sekitar 20 mil (30 km) dan lebih dari 4.000 mil (6.400 km).

Cincin seperti awan bagian dalam, yang disebut halo, tebalnya sekitar 12.000 mil (20.000 km). Cincin ketiga, yang dikenal sebagai cincin gossamer, sebenarnya adalah tiga cincin puing-puing mikroskopis dari tiga satelit Jupiter, Amalthea, Thebe dan Adrastea.

Itu mungkin terdiri dari partikel debu berdiameter kurang dari 10 mikron, kira-kira berukuran sama dengan partikel yang ditemukan dalam asap rokok, dan meluas ke tepi terluar sekitar 80.000 mil (129.000 km) dari pusat planet dan menuju ke sekitar 18.600 mil (30.000 km).

Ciri Planet Jupiter

Ciri planet Jupiter ini antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Planet termegah

Jupiter dapat dikatakan sebagai planet termegah karena setidaknya sebelas Bumi bisa masuk melintasi khatulistiwa Jupiter. Apabila dianalogikan, jika Bumi seukuran buah anggur, Jupiter seukuran bola basket.

  1. Planet kelima dari Matahari

Jupiter mengorbit sekitar 484 juta mil (778 juta kilometer) atau 5,2 Unit Astronomi (AU) dari Matahari kita (Bumi adalah satu AU dari Matahari).

  1. Jupiter memiliki hari yang pendek dan tahun panjang

Jupiter berputar setiap 10 jam sekali (satu hari Jovian), tetapi membutuhkan sekitar 12 tahun Bumi untuk menyelesaikan satu orbit Matahari (satu tahun Jovian).

  1. Apa yang ada di dalam

Jupiter adalah raksasa gas dan karenanya tidak memiliki permukaan seperti Bumi. Jika memiliki inti bagian dalam yang kuat, kemungkinan besar hanya seukuran Bumi.

  1. Dunia Masif, Elemen Ringan

Pengertian atmosfer Jupiter sebagian besar terdiri dari hidrogen (H2) dan helium (He).

  1. Cincin Jupiter

Pada tahun 1979 misi Voyager menemukan sistem cincin Jupiter yang lemah. Keempat planet raksasa di tata surya kita memiliki sistem cincin.

  1. Tidak mendukung adanya kehidupan

Jupiter tidak dapat mendukung kehidupan seperti yang kita ketahui. Tetapi beberapa satelit Jupiter memiliki lautan yang dapat mendukung kehidupan.

  1. Super Storm (Badai Besar)

Bintik Merah Besar Jupiter adalah badai raksasa yang besarnya kira-kira dua kali Bumi dan telah mengamuk selama lebih dari seabad.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai deskripsi pengertian planet Jupiter menurut para ahli, sejarah, karakteristik, dan ciri-cirinya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta mendambah materi mendalam bagi pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *