Cabang Ilmu Geografi dan Penjelasannya

Diposting pada

Cabang Ilmu Geografi Adalah

Geografi merupakan bidang ilmu yang dikhususkan untuk mempelajari bentang alam Bumi, lautan, lingkungan, dan ekosistem, serta interaksi antara manusia dengan lingkungannya. Kata geografi secara harfiah berarti “tulisan bumi (tulian tentang bumi)”. Oleh karena itulah pengertian ilmu geografi dapat didefinisikan sebagai studi tentang kenampakan fisik dan lingkungan Bumi termasuk dampak aktivitas manusia pada faktor-faktor ini dan sebaliknya. Subyek ini juga mencakup studi tentang pola distribusi populasi manusia, penggunaan lahan, ketersediaan sumber daya, dan industri.

Kajian ilmu geografi difokuskan pada dua bidang utama studi geografis yaitu geografi fisik dan geografi manusia yang keduanya dibagi lagi menjadi beberapa sub kajian yang kita ketahui sebagai cabang-cabang ilmu geografi. Untuk memperjelas pemahaman kita tentang macam-macam cabang-cabang ilmu geografi dan penjelasannya.

Geografi

Geografi merupakan ilmu tentang lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Geografer mengeksplorasi sifat fisik permukaan bumi beserta persebarannya di muka bumi termasuk manusia yang hidup di sekitarnya.

Mereka juga memeriksa bagaimana budaya manusia berinteraksi dengan lingkungan alam dan bagaimana lokasi dan tempat dapat berdampak pada manusia. Geografi berusaha untuk memahami di mana hal-hal itu ditemukan, mengapa mereka ada di sana, dan bagaimana mereka berkembang dan berubah seiring waktu. Selengkapnya, bacaGeografi: Pengertian, Ruang Lingkup, Objek, Prinsipnya

Pengertian Geografi

Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gêo (“Bumi”), dan graphein (“tulisan”, atau “menjelaskan”) atau dapat diartikan sebagai “tulisan tentang bumi”.

Geografi juga merupakan nama judul buku bersejarah pada subjek ini, yang terkenal adalah Geographia tulisan Claudios Ptolemaios (abad kedua).

Geografi adalah studi tentang kenampakan fisik bumi dan atmosfernya, serta aktivitas manusia yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kondisi tersebut, termasuk distribusi populasi dan sumber daya serta kegiatan politik dan ekonomi.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi geografi menurut para ahli, diantaranya yaitu:

Eratosthenes

Geografi berasal dai kata “geographica”. Geografi ialah penulisan atau penggambaran mengenai bentuk permukaan bumi.

Immanuel Kant

Menurutnya, objek studi geografi sebagai ilmu pengetahuan adalah benda-benda, hal- hal atau gejala- gejala yang tersebuar dalam wilayah di permukaan Bumi.

Hasil seminar dan lokakarya di Semarang tahun 1988 

Geografi ialah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

Cabang Ilmu Geografi

Geografi dapat dianggap sebagai ilmu yang interdisipliner. Subjek ini mencakup perspektif interdisipliner yang memungkinkan pengamatan dan analisis apa pun yang terdistribusi di ruang Bumi dan pengembangan solusi untuk masalah berdasarkan analisis tersebut.

Disiplin geografi dapat dibagi menjadi beberapa cabang studi. Klasifikasi utama geografi dibagi menjadi dua kategori yaitu geografi fisik dan geografi manusia;

Geografi Fisik

Pengertian geografi fisik merupakan cabang geografi yang mencakup studi tentang kenampakan dan fenomena alam (atau proses) di Bumi. Geografi fisik dapat dibagi lagi menjadi berbagai cabang:

Geomorfologi

Geomorfologi merupakan cabang geografi yang membantu untuk menjelaskan berbagai aspek yang terkait dengan bentang alam di Bumi seperti sejarah dan dinamika mereka. Geomorfologi juga mencoba memprediksi perubahan masa depan dalam kenampakan fisik muka Bumi.

Oseanografi

Lautan memegang 96,5% dari perairan di Bumi. Oleh karena itu bidang ilmu khusus, yaitu oseanografi perlu didedikasikan untuk mempelajari lautan. Ilmu oseanografi termasuk geografi oseanografi (studi aspek geologi dari dasar laut, gunung-gunungnya, gunung berapi, dan lain-lain), oseanografi biologis (studi tentang kehidupan laut dan ekosistem laut), oseanografi kimia (studi komposisi kimia dari perairan laut dan pengaruhnya terhadap bentuk kehidupan laut), oseanografi fisik (studi tentang gerakan samudera seperti ombak, arus, dan lain-lain)

Hidrologi

Cabang ilmu hidrologi termasuk aspek vital dalam geografi fisik. Hidrologi merupakan studi tentang sifat-sifat sumber daya air di Bumi dan dinamika pergerakan air dalam kaitannya dengan tanah. Kajiannya ini meliputi studi tentang sungai, danau, gletser, dan akuifer bawah tanah.

Hidrologi mempelajari pergerakan air terus menerus dari satu sumber ke sumber lain di atas, dan di bawah permukaan Bumi, dalam bentuk siklus hidrologi.

Pedologi

Cabang ilmu geografi ini mengkaji tentang tanah. Pedologi melibatkan studi tentang berbagai jenis lapisan tanah di permukaan Bumi. Bidang studi ini membantu mengumpulkan informasi dan pengetahuan tentang proses pembentukan tanah (pedogenesis), konstitusi tanah, tekstur tanah, klasifikasi, dan lain-lain.

Biogeografi

Biogeografi adalah studi tentang bagaimana spesies di Bumi tersebar di ruang geografis. Ini juga berkaitan dengan distribusi spesies selama periode waktu geologi. Setiap wilayah geografis memiliki ekosistem unik.

Biogeografi mengeksplorasi dan menjelaskan ekosistem seperti itu dalam kaitannya dengan kenampakan geografis fisik. Berbagai cabang biogeografi ada seperti zoogeografi (distribusi geografis hewan), phytogeography (distribusi geografis tanaman), biogeografi insular (studi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem yang terisolasi), dan lain-lain.

 Klimatologi

Studi ilmiah tentang iklim, klimatologi adalah bidang studi geografi yang penting di dunia saat ini. Cabang geografi ini mengkaji semua aspek yang terkait dengan iklim mikro atau lokal tempat dan juga makro atau iklim global. Ini juga melibatkan kajian dampak aktivitas masyarakat manusia terhadap iklim dan sebaliknya.

Meteorologi

Cabang geografi fisik ini mengkaji tentang atmosfer dan gejala-gejala perubahan kondisinya, termasuk perubahan panas, suhu, kandungan uap air, inti pembuat hujan, tekanan udara, dan kondisi atmosfer lainnya yang dapat dipakai sebagai bahan pembuat prakiraan cuaca.

Geografi Lingkungan

Cabang geografi ini dikenal juga sebagai geografi integratif, yang mengeksplorasi interaksi antara manusia (individu atau masyarakat) dan lingkungan alaminya dari sudut pandang spasial. Geografi lingkungan merupakan celah penghubung antara geografi manusia dan geografi fisik dan dapat diperlakukan sebagai penggabungan berbagai bidang geografi fisik dan geografi manusia. Selengkapnya, bacaPengertian Lingkungan, Jenis, Unsur, Dampak, dan Contohnya

Geografi Pesisir

Geografi pesisir adalah bidang spesialisasi geografi fisik yang juga melibatkan studi geografi manusia. Ini berkaitan dengan studi tentang dinamika pesisir dan laut. Termasuk mengkaji tentang proses fisik yang membentuk lanskap pantai dan pengaruh laut dalam memicu modifikasi lanskap pesisir. Studi ini juga melibatkan pemahaman tentang cara masyarakat di wilayah pesisir mempengaruhi bentuk lahan pesisir dan ekosistemnya. Selengkapnya, bacaPengertian Laut, Jenis, dan Manfaatnya

Geografi Manusia

Geografi manusia adalah cabang geografi yang berhubungan dengan studi tentang bagaimana masyarakat manusia dipengaruhi oleh permukaan bumi dan lingkungannya, serta bagaimana, aktivitas antropologis berdampak pada planet ini. Geografi manusia terpusat pada studi makhluk paling berevolusi di planet ini: manusia dan lingkungannya.

Cabang geografi ini dapat dibagi lagi menjadi berbagai disiplin berdasarkan fokus studi yaitu:

Geografi Kependudukan

Geografi kependudukan merupakan cabang geografi manusia yang mengkaji komponen anthroposfernya. Geografi kependudukan memberikan penekanan untuk membuktikan tentang tentang bagaimana variasi spasial di dalam distribusi, komposisi, migrasi, dan pertumubuhan penduduk terkait dengan variasi spasial di dalam sifat alamiah tempat kedudukan di bumi.

Geografi kependudukan mempelajari hubungan timbal balik manusia dan lingkungannya, maka geografi dalam pengertian penduduk mempelajari “fenomena penduduk” (kelahiran. kematian. migrasi dan mobilitas sosial) yang dikaitkan dengan lingkungannya atau ruang dan penyebarannya di muka bumi.

Geografi Sejarah/Historis

Geografi historis menjelaskan cara-cara di mana fenomena geografis berubah dan berevolusi seiring berjalannya waktu. Meskipun diperlakukan sebagai sub-bidang geografi manusia, cabang ini juga berfokus pada aspek-aspek tertentu dari geografi fisik. Geografi sejarah mencoba memahami mengapa, bagaimana, dan kapan suatu tempat atau wilayah di Bumi berubah dan dampaknya terjadi pada masyarakat manusia.

 Geografi Budaya

Geografi budaya mengeksplorasi bagaimana dan mengapa produk dan norma budaya bervariasi dalam ruang dan tempat. Dengan demikian cabang geografi ini berkaitan dengan studi tentang variasi spasial budaya manusia termasuk agama, bahasa, pilihan mata pencaharian, politik, dll. Geografi agama, geografi bahasa, dll, adalah beberapa sub-geografi budaya.

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi merupakan cabang geografi manusia yang menekankan pokok bahasannya pada aspek keruangan atau spasial dari aktivitas ekonomi manusia. Distribusi barang dan jasa serta komunikasi termasuk salah satu contoh aspek kajian ekonomi yang sangat bergantung pada kondisi ruang atau spasial dari suatu wilayah. Tujuan dari kajian geografi ekonomi adalah menemukan atau mengoptimumkan potensi ekonomi suatu wilayah berdasarkan kondisi geografisnya.

Geografi Politik

Geografi politik merupakan cabang geografi manusia yang berkaitan dengan batas-batas politik negara-negara di dunia dan pembagian tanah dan sumber dayanya di antara negara-negara tersebut. Cabang ini juga berkaitan dengan bagaimana struktur spasial mempengaruhi fungsi politik dan sebaliknya. Geografi militer, geografi elektoral, geopolitik adalah beberapa sub-geografi politik.

Geografi Permukiman

Geografi permukiman mencoba untuk mengeksplorasi bagian dari permukaan Bumi yang meliputi pemukiman manusia. Ini adalah studi tentang permukiman di perkotaan dan pedesaan, struktur ekonomi, infrastruktur, dll, dan dinamika pola pemukiman manusia dalam kaitannya dengan ruang dan waktu.

Baca Juga;

  1. Pengertian Geografi Sosial, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Contohnya
  2. Konsep Geografi dan Contohnya

Demikianlah uraian secara lengkap mengenai cabang-cabang geografi secara umum dan penjelasannya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta menambah ilmu pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensinya. Trimakasih,

Berikan Ranting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *