Pengertian Geografi Menurut para Ahli

Diposting pada

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Geografi merupakan salah satu disiplin ilmu yang di kembangkan dari masa ke masa. Sama seperti disiplin ilmu yang lain di setiap perkembang nya pasti muncul tokoh di dalamnya. Oleh karena itulah artikel ini akan mengulas tentang beragam pengertian geografi menurut para ahli.

Pengertian Geografi

Geografi adalah ilmu pengetahuan yang memberikan refrensi tentang fenoma alam dan gejala-gejala yang dimbulkan, baik fisik, sosial, serta keruangan (biosfer, atmosfer, hidrosfer) dan lingkungan yang memiliki pengaruh di dalamnya.

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Dalam perkembangan nya banyak bermunculan ilmuwan atau tokoh yang menyampaikan pergertia pengertian geografi menurut sudut pandang mereka . Dalam penyampaian nya mereka menggunakan bahasa serta sudut pandang mereka sendiri sendiri namun pada dasar nya memiliki makna yang sama. Berikut adalah pengertian geografi menurut para ahli:

Preston e James

Menururt Preston , Geografi dapat di artikan sebagai pangkal atau pokok dari segala ilmu pengetahuan lantaran banyak bidang ilmu pengetahuan yang di mulai dari keadaan muka bumi untuk memperdalam bidang studi masing-masing.

Prof. Bintarto (1981)

Menurut Prof Bintarto , Geografi ialah suatu ilmu yang mempelajari hubungan gejala-gejala yang ada di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang bersifat social termasuk permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan dan keberhasilan pembangunan.

Ferdinand von Richthoven

Menurut Ferdinavd , Geografi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala serta sifat yang ada di pemukaan bumi dan mahluk hidup di dalam nya, di olah menurut letaknya, serta gejala gejala fenomena yang ada di muka bumi.

Harstone

Menurut Harstone , Geografi yaitu sebuah ilmu yang menunjukan relitas deferensiasi muka bumi apa adanya,tidak hanya dalam perbedaan – perbedaan hal tertentu, tetapi juga dalam kombinasi fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain.

Jhon Alexander

Menurut Jhon , Geografi adalah disiplin ilmu yang menganalisis , mengkaji variasi keruangan dalam veriabel kawasan-kawsandan hubungan antar variabel – variabel keruangan.

Eratosthenes

Eratosthenes adalah seorang ilmuwan yang hidup pada abad ke satu tahun Masehi. Dalam pandangannya terhadap geografi, eratosthenes ini mempunyai sudut pandang sendiri mengenai pengertian geografi ini. menurut geografi adalah penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

Immanuel Kant

Immanuel adalah seorang ilmuwan yang sangat terkenal di dunia. Immanuel Kant juga pernah memberikan pemikiran serta sudut pandang nya mengenai pengertian geografi. Menurut Immanuel Kant, geografi adalah disiplom ilmu yang objek studinya adalah benda- benda, hal- hal atau gejala- gejala yang tersebuar dalam wilayah di permukaan Bumi

Daldjoeni

Salah satu ilumawan atau tokoh geografi yang berasal dari dalam negri. Daldjoeni juga pernah menyumbangkan pemikiran nya mengenaik Geografi. Menurut nya Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok. Tiga hal pokok tersebut Yaitu :

Spasial (ke ruang)

Kajian tentang spasial dalam ilmu geografi mengkaji tetang beragam bentuk persebaran gejala, baik yang bersifat alami maupun manusiawi di muka Bumi. Hal ini lebih menitikbertkan pada kajian ilmu alam-sosial yang menjadi karakteristik ilmu geografi. Seperti pada pengulasan pengertian planet atau yang lainnya.

Ekologi

Ekologi yang menjadi objek kajian dalam pengetahuan geografi akan lebih condong pada proses pembelajaran bagaimana tentang kehidupan manusia yang harus mampu beradaptasi dengan lingkungan-lingkungan disekitarnya.

Region (wilayah)

Dalam hal region, geografi mempelajari tentang wilayah dan perwilayahan yang menjadi tempat tinggal manusia dan juga makhluk hidup lainnya berdasarkan kesatuan fisiografisnya yang senantiasanya melakat dalam sisi kehidupan.

Claudius Ptolomaeus

Claudius Ilmuwan yang namanya dikenal oleh dunia. Iluwan ini juga pernah berkontribusi dalam Geografi. Menurut nya , geografi adalah suatu penyajian melalui peta sari sebagian dan seluruh permukaan Bumi

Ullman

Ullman, adalah seorang ilmuwan yang pada sekitar tahun 1954 menyampaikan sudut pandang nya tentang Geografi Menurut Ullman, Geografi ialah interaksi antar ruang. Pengertian yang singat namun cukup menyatakan bahwa yang dinamakan geografi ini berhubungan dengan ruang di permukaan Bumi.

Lobeck

Lobeck adalah salah satu ilmuwan yang menyampaikan sudut pandang nya tentang pengertian geografi, Sekitar tahun 1933. Menurut Lobeck yang dimaksud dengan geografi ialah studi atau ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang hubungan- hubungan yang ada di antara kehidupan ( mahluk hidup ) dengan lingkungan fisik

Halford Mackinder

Mackinder ber pendapat , Geografi merupakan ilmu yang mempunyai fungsi utama mengkaji masalah interaksi manusia dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda menurut lokasinya masing masing.

Ekblaw dan Mulkerne

Mereka adalah ilmuwan Ekblaw dan Mulkerne.Ke dua ilmuwan in menyampaikan pemikiran nya tentang Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari serta mengkaji tentang Bumi dan kehidupannya, yang mempengaruhi aspek hidup mahluk hidup (manusia), makanan yang di konsumsi, pakaian yang di gunakan, rumah yang di huni dan tempat rekreasi yang ada . Pendapat dari Ekblaw dan Mulkerne ini lebih luas dan kritis sehingga mencakup hingga kehidupan sosial masyarakat

Herioso Setiyono

Herioso seorang ilmuwan geografi yang berasal dari dalam negri. Menurut nya , Geografi ialah suatu ilmu yang mempelajari dan mengkaji hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran dipermukaan bumi.

Hasil seminar dan lokakarya di Semarang

Menyatakn bahwa Geografi ialah ilmu yang mempelajari persamaan serta perbedaan fenomena geosfer yang ada dengan sudut pandang kewilayahan serta kelingkungan dalam konteks keruangan.

Depdikbud

Menyatakan bahwa Geografi merupakan suatu disiplin ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, dan hasil yang diperoleh dari bumi.

Haris

Haris adalah seorang ilmuwan seorang ilmuwan geografi yang berasal dari Indonesia. Pada tahun 2012 mengemukakan pendapat nya tentang pengertian geografi. Menurut Haris, geografi ialah suatu bidang ilmu yang mengkaji segala aspek- aspek yang ada di permukaan Bumi dengan konsep geografi spasial untuk pemanfaatan pembangunan berkelanjutan yang ada di permukaan Bumi

Elsworth Huntington

Menurut ilmuwan Elsworth Huntington, geografi yaitu suatu studi yang membahas tentang fenomena fenomena permukaan Bumi beserta penduduk yang menghuninya. Elsworth juga menjelaskan bahwa adanya hubungan timbal balik antara gejala dan juga sifat- sifat permukaan Bumi dengan penduduk.

Paul Vidal de La Blance

Menurut Paul Vidal de La Blance, geografi adalah suatu studi mengenai kualitas negara- negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung pada bagiamana manusia mengelola alam ini.

Friederich Ratzel

Ilmuwan Friederich Ratzel mengemukakan sudut pandang nya mengenai pengertian geografi. Menurut Friederich Ratzel, geografi ini berhubungan erat dengan perwilayahan di permukaan Bumi. Pendapat Ratzel mengenai geografi ini di tuangkan dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie.

Konsep yang dikemukakan ini oleh Ratzel ini diberi nama Lebensraum yang mempunyai arti yaitu wilayah geografis sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang. dalam mengamati geografi, Ratzel mengamati bahwa suatu negara cenderung meluaskan Lebensraumnya sesuai dengan kekuatan yang dimiliki oleh negara itu

Dari beberapa pernyataan para ilmuwan di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa Geografi adalah disiplin ilmu yang mempelajari serta mengkaji bagian bagian di muka bumi dari aspek fisik maupun sosial. Secara garis besar pendapat para tokoh memiliki makna serta arti yang hampir sama.

Objek Kajian Geografi

Sebagai pelangkap dalam objek kajian ilmu geografi dapat dibedakan menjadi 2 jenis, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Formal, Kajian formal dalam geografi meliputi tentang beragam keruangan dan serangkaian lingkungan dalam setiap sisi kehidupan manusia.
  • Material dalam ilmu geografi lebih dekat pada pengetahuan alam yang mengulas tentang letak astronimis dalam kehidupan manusia.

Demikianlah pengulasan tentang pengertian geografi menurut para ahli, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan wawasan serta mengungkap tentang beragam bentuk materi serta tokoh-tokohnya dalam kajian ilmu geografi. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *