Ciri Lingkungan Hidup Alami dan Contohnya

Diposting pada

Ciri Lingkungan Hidup Alami

Pada hakekatnya lingkungan hidup alami menjadi bagian daripada arti lingkungan hidup secara umum. Dimana komunitas makhluk hidup dan tidak hidup yang terjadi secara bebas di alam tanpa adanya keterbatasan apapun. Bahkan setidaknya setiap lingkungan hidup alam memiliki empat komponen yang kemudian menjadi karakteristik utama untuk berfungsi dengan baik.

Komponen tersebut setidaknya adalah komponen biotik, abiotik, aliran energi, siklus nutrisi. Dimana setiap bagian komponen berinteraksi bersama sebagai satu kesatuan melalui proses fisik, kimia dan biologi.

Lingkungan Alami

Lingkungan alam adalah semua makhluk hidup dan tidak hidup yang terjadi secara alami di planet bumi atau di suatu wilayah dan perwilayahan. Hal tersebut merupakan lingkungan yang mencakup interaksi semua spesies hidup bersama dengan komponen dalam arti biotik dan makna abiotik.

Ciri Lingkungan Hidup Alami

Lingkungan hidup alami memiliki karakteristik yang harus dipahami. Antara lain;

  1. Lingkungan alam merupakan satuan ekologi yang berfungsi sebagai sistem alam tanpa campur tangan manusia, termasuk semua vegetasi, mikroorganisme, tanah, batuan, atmosfer, dan fenomena alam yang terjadi dalam batas-batas dan sifatnya.
  2. Lingkungan alam merupakan sumber daya alam semesta dan fenomena fisik yang tidak memiliki batas yang jelas, seperti udara, air, dan iklim, serta energi, radiasi, muatan listrik, dan magnet, bukan berasal dari tindakan peradaban manusia.
  3. Ekosistem alami bersifat mandiri dan merupakan hasil dari interaksi alam yang spontan antara organisme dan lingkungan. Misalnya, lautan diklasifikasikan sebagai ekosistem laut yang terdiri dari alga, konsumen, dan pengurai. Sebuah siklus terjadi dalam jenis ekosistem ini yang dimulai dengan alga yang mengubah energi melalui fotosintesis.
  4. Ekosistem alami memiliki lebih banyak faktor dan organisme alami. Sehingga hubungan antara organisme, satu sama lain dan lingkungan dalam ekosistem ini lebih kompleks dibandingkan dengan ekosistem buatan.

Jenis Lingkungan Alam

Lingkungan alami merupakan segala sesuatu yang bukan buatan manusia berada di bawah lingkungan alam. Lapisan tanah, udara, air, tumbuhan dan hewan semuanya merupakan contoh lingkungan hidup yang bersifat alami.

Berbagai macam lingkungan hidup alami beroperasi dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia dan terbentuk secara dinamis. Hal ini dikarenakan memiliki tingkat keberagaman atau heterogenitas mahluk hidup dan organisme yang tinggi. Lingkungan ini selanjutnya diklasifikasikan antara lain sebagai berikut:

  1. Ekosistem Darat

Ekosistem darat diklasifikasikan menurut jenis daratan atau kawasan terestrial tempat organisme berinteraksi., yaitu:

  1. Hutan: Ekosistem ini menampilkan populasi pohon yang lebat, dan termasuk hutan hujan tropis dan boreal.
  2. Gurun: Gurun menerima curah hujan kurang dari 25 cm per tahun.
  3. Padang rumput: Ekosistem ini termasuk sabana tropis, padang rumput beriklim sedang, dan Tundra Arktik.
  4. Gunung: Ekosistem pegunungan mencakup perubahan ketinggian yang curam antara padang rumput, jurang, dan puncak.
  1. Ekosistem akuatik

Ekosistem perairan menutupi 71% permukaan bumi. Ada tiga varietas berbeda, ditentukan oleh jenis air tempat organisme sistem berinteraksi, yaitu:

  1. Air Tawar: Jenis ini mencakup danau, sungai, kolam, sungai kecil, dan beberapa lahan basah, dan merupakan persentase terkecil dari ekosistem akuatik bumi.
  2. Komunitas transisi: adalah tempat di mana air tawar dan air asin berkumpul, seperti muara dan beberapa lahan basah.
  3. Laut: Lebih dari 70% bumi ditutupi oleh ekosistem laut (juga disebut air asin). Ini termasuk garis pantai, terumbu karang, dan laut lepas.

Contoh Lingkungan Hidup Alami

Adapun untuk contoh lingkungan hidup alam. Misalnya saja;

Kolam

Kolam merupakan contoh lingkungan alam karena lingkungannya terdiri dari komponen abiotik seperti cahaya, suhu dan air, sedangkan komponen biotiknya adalah plankton mikroskopis, tumbuhan tingkat tinggi, hewan seperti ikan dan pengurai.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa lingkungan hidup yang alami merupakan segala sesuatu yang pada dasarnya berada di sekitar kehidupan manusia, baik benda hidup ataupun mati yang berpengaruh terhadap seluruh kegiatan manusia.

Oleh karena itulah lingkungan hidup akan senantiasa berada dalam ruangan yang kita tempati dan berpengaruh terhadap kehidupan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan ciri-ciri yang ada dalam lingkungan hidup alami, jenis , dan contohnya yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *