Wilayah Persebaran Bioma Tundra

Diposting pada

Daerah Persebaran Bioma Tundra

Bioma pada hakekatnya adalah unit komponen biotik dari letak geografis terbesar yang di dalamnya terdiri dari komunitas tumbuhan dan hewan dengan bentuk kehidupan dan kondisi lingkungan yang serupa. Salah satu jenis bioma yang ada di Dunia ini adalah tundra.

Dimana daerah persebaran untuk bioma ini sendiri setidaknya terdiri dari 6 wilayah yang hampir berada di seluruh dunia, kecuali Indonesia.

Bioma Tundra

Bioma tundra adalah hamparan tanpa pohon yang mendukung komunitas alang-alang dan semak belukar serta semak dengan berbentuk kerdil.

Vegetasi umumnya tersebar berbagai karakteristik bioma yang berbeda, meskipun bisa juga tidak merata yang mencerminkan perubahan gradien tanah dan kelembaban. Hal ini dipengaruhi besar dengan curah hujan turun dalam bentuk salju selama musim dingin, sementara tanah cenderung bersifat asam dan jenuh dengan air yang tidak membeku.

Wilayah Persebaran Bioma Tundra

Persebaran bioma tundra yang ada di seluruh dunia, antara lain sebaga berikut;

  1. Kepulauan Antipodes, selatan Selandia Baru

Ekoregion ini terdiri dari lima kelompok pulau yang tersebar di Samudra Selatan: Kepulauan Bounty, Kepulauan Auckland, Kepulauan Antipodes, Pulau Campbell, dan Pulau Macquarie. Lokasinya yang terpencil membuatnya sangat penting sebagai tempat peristirahatan dan perkembangbiakan bagi ribuan mamalia laut dan jutaan burung laut.

Semua pulau adalah Cagar Alam dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia, tetapi hewan pendatang, terutama predator mamalia, menjadi perhatian serius.

  1. Antartika, sebelah timur Pegunungan Transantartika

Antartika tetap menjadi satu-satunya benua yang belum terjamah di planet kita. Hampir seluruhnya tertutup lapisan es permanen yang tebalnya mencapai 4.776 meter, kondisi kehidupan cukup ekstrim.

Tumbuhan terestrial terbatas di Maudlandia, meskipun wilayah Lembah Kering di benua Antartika adalah ekosistem flora dan fauna yang sangat cocok dengan kondisi gurun kutub. Koloni burung laut, penguin, dan anjing laut berlimpah di sekitar pantai, memperoleh makanan dari laut Antartika yang sangat produktif. 

  1. Tundra Gunung Torngat

Ekoregion ini menempati bagian paling utara Labrador dan lereng barat Pegunungan Torngat di Quebec. Ini adalah wilayah pegunungan yang pada dasarnya tertutup oleh vegetasi Arktik, meskipun secara bertahap berintegrasi dengan elemen boreal ke arah ujung selatan wilayah dan di lembah / koridor sungai yang menembus pegunungan.

  1. Tundra alpine Ogilvie-MacKenzie

Ekoregion pegunungan yang sangat curam ini meliputi pegunungan Ogilvie dan Wernecke, Pegunungan Backbone, Canyon Ranges, pegunungan Selwyn, dan Pegunungan Mackenzie timur dan selatan (dua yang terakhir ini merupakan perpanjangan dari Pegunungan Rocky). Alpen hingga subalpine utara subarktik Cordilleran menggambarkan iklim ekoklimat kawasan ini.

  1. Tundra Pesisir Siberia Timur Laut

Terletak di sepanjang pantai Siberia Timur dan Laut Laptev, hamparan tundra subarktik pesisir antara Sungai Yana dan Kolyma ini adalah beberapa kawasan lahan basah tundra kutub paling produktif di timur laut Rusia. Iklim di wilayah tersebut dipengaruhi oleh proses samudra dan kontinental.

  1. Tundra Semenanjung Chukchi

Ekoregion tundra ini terletak di semenanjung timur laut Rusia dan berlanjut ke barat di sepanjang pantai Laut Siberia Timur. Batas ekoregion yang dipetakan sesuai dengan pegunungan dan tundra dataran rendah di sepanjang pantai Chukote dan Laut Siberia Timur di peta hutan Uni Soviet milik Kurnaev (1990).

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa arti bioma tundra ini tidak sama dengan ekosistem. Dimana jikalau ekosistem ialah interaksi makhluk hidup dan benda mati dalam suatu lingkungan, sedangkan bioma ialah wilayah geografis spesifik yang terkenal untuk spesies yang hidup di sana.

Akan tetapi yang pasti untuk bioma tundra bisa terdiri atas banyak ekosistem. Contohnya saja bioma air dapat berisi ekosistem seperti terumbu karang dan hutan rumput laut.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan daerah persebaran bioma tundra yang ada di seluruh wilayah di dunia beserta dengan penjelasan lengkapnya. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *