4 Manfaat Reklamasi di Kehidupan Masyarakat

Diposting pada

Manfaat Reklamasi di Kehidupan Masyarakat

Di beberapa yurisdiksi, termasuk beberapa bagian Amerika Serikat, istilah “reklamasi” dapat merujuk pada pengembalian lahan yang terganggu ke keadaan yang lebih baik. Ada beberapa contoh Di Alberta, Kanada, misalnya, reklamasi didefinisikan oleh pemerintah provinsi sebagai proses mengubah lahan yang terganggu menjadi penggunaan produktif lainnya. Di Oseania, reklamasi sering disebut sebagai rehabilitasi lahan. Di Indonesia sendiri, kebijakan reklamasi juga diatur dalam beberapa peraturan atau pedoman, salah satunya yaitu Pedoman Pengembangan Reklamasi Pantai dan Perencanaan Bangunan Pengamanannya (2004).

Reklamasi

Reklamasi merupakan bentuk dari konversi lahan yang banyak dilakukan dengan mengubah bekas tambang dengan tanah yang mengandung. Reklamasi lahan juga bisa mengacu pada proses pembuatan lahan baru dengan menaikkan ketinggian tempat tidur air atau dataran rendah atau dengan memompa air keluar dari daerah rawa berlumpur. Kegiatan manusia seperti pertambangan pasti akan menggali lubang baru maka dari itu perlu mengadakan reklamasi sehingga manusia juga dapat mengambil manfaat reklamasi tersebut.

Pada umunya tujuan reklamasi ini merupakan suatu hal yang dapat menolong lahan atau tanah yang sudah tidak baik lagi untuk digunakan, oleh sebab itu jika permukaan bumi tersebut tidak seimbang dengan wilayah daratan lainnya maka juga tidak baik. Adapun dampak positif reklamasi adalah dapat memperluas suatu wilayah. Manfaat reklamasi terdapat berbagai macam. Berikut adalah tulisan dan penjelasana manfaat reklamasi yang dapat diandalkan oleh semua pihak.

Manfaat Reklamasi

Secara umum, Pembahasan mengenai manfaat reklamasi untuk kegiatan manusia dapat mengahsilkan pendapatan yang banyak dan juga bisa menghindari adanya bencana alam, Berikut adalah uraian manfaat reklamasi.

  1. Membuat lahan baru

Membuat lahan baru untuk negara-negara atau kota besar dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, reklamasi dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan keterbatasan lahan dengan membuat lahan permukiman baru dengan tanpa melakukan penggusuran penduduk. Contohnya adanya tujuan reklamasi teluk jakarta itu adalah memperluas kota jakarta dengan melakukan reklamasi sehingga manfaat reklamasi dapat dirasakan oleh masyarakat..

  1. Membangun pemukiman masyarakat

Membuat kawasan berair atau lahan tambang yang mengalami kerusakan atau tidak bermanfat menjadi lahan yang lebih baik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk lahan pemukiman, industri, bisnis dan pertokoan, pertanian, dan juga objek wisata. Contohnya, pengadaan reklamasi pantai tujuan reklamasi pantai itu adalah menjadi suatu kawasan baru yang lebih baik.

  1. Menghindari banjir

Daerah yang memiliki ketinggian di bawah permukaan air laut dapat terhindar dari banjir pada musim penghujan maka dari itu dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai. Reklamasi juga disebut salah satu bentuk alih fungsi lahan yang manfaatnya untuk menghindari daratan dari banjir.

Daerah yang telah direklamasi menjadi terlindung dari erosi pantai (abrasi) sebab konstruksi pengaman telah dibangun sekuat mungkin untuk bisa menahan ombak. Salah satu faktor dari penyebab banjir juga adalah permukaan tanah yang sangat rendah.

  1. Keperluan wisata

Tata kelola lingkungan yang baik dengan peletakan taman yang sesuai dengan perencanaan bisa dimanfaatkan sebagai area rekreasi yang menarik sehingga masyarakat dapat sejahtera akibat adanya reklamasi yang dijadikan wisata. Misalnya reklamasi pantai losari yang sekarang menjadi destinasi para wisatawan, Tidak dapat di pungkiri bahawa manfaat reklamasi juga bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai penghasil pundi-pundi uang jika bisa di buat wisata.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan pengenaan materi tentang manfaat reklamasi di kehidupan masyarakat untuk segenap para pembaca dan yang lainnya. Semoga pada artikel ini dapat menambah wawasaan serta pengetahuan pentingnya untuk menjaga alam ciptaan Tuhan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.