Pengertian Biosfer, Macam, dan Faktornya

Diposting pada

Pengertian Biosfer

DosenGeografi.Com– Berdasarkan segi etimologi, istilah biosfer terdiri atas dua unsur kata yang saling berkaitan, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, pengertian secara harfiah biosfer berarti lapisan tempat makhluk hidup atau organisme. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang pengertian, macam, dan faktor yang mempengaruhi biosfer.

Biosfer

Biosfer adalah lapisan-lapisan Iingkungan yang ada di dalam permukaan bumi, wilayah perairan, dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. Seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebaginya. Identiknya secara sempir biosfer ini meliputi tanah, air dan udara yang ketiganya merupakan lapisan dengan jangkauan sekitar 11 km ke arah atmosfer dan 9 km ke dalam laut. Keberadaan habitat organisme di bumi menandai batas-batas lapisan biosfer.

Pengertian Biosfer

Pengertian biosfer dalam ilmu geografi dapat diartikan sebagai lapisan bumi yang paling tipis keberadaannya. Hanya sekitar 9 Ribu meter dan ditempati kehidupan dengan ciri khas habitat kompeleks, meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan.

Asal-usul pengertian ini di dapatkan dari definisi biosfer menurut pandangan para ahli dalam ilmu sosial, termasuk ilmu kebumian dan geografi.

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Pendapat para ahli, tentang definisi biosfer antara lain adalah sebagai berikut;

Jhon Wiley

Pengertian biosfer adalah kawasan yang ada di dalam planet bumi sebagai tempat tinggal mahluk hidup secara alami (manusia, hewan, dan tumbuhan), yang diperluas dari serangkaian lapisan lebih rendah dari lapisan atmosfer yang melindungi bumi.

Vladimir wanouich veinadsky

Definisi biosfer adalah sistemasiasi kawasan yang sifatnya terbuka dan berkembang sejak zaman terbentuknya sejarah bumi lahir dan akan tetap terpelihara selama keseimbangan lingkungan hidup senantiasa terjaga oleh seluruh element mahluk hidup.

Michael Allaby

Arti biosfer adalah lingkungan hidup organisme berbagai bentuk mahluk hidup yang dapat mudah ditemukan serta melakukan interaksi dengan cara pemembentukan sistem-sistem kelompok yang efektif dengan corak yang berbeda-beda.

Dari serangkaian pengertian biosfer menurut para ahli di atas, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa lapisan biosfer memiliki susunan terendah yang ada dalam mahluk hidup dan disinggahi beberapa organisme yang saliang ketergantungan satu dengan lainnya.

Karakteristik ini mucul melihat peran serta fungsi biosfer yang mampu menjadi penompang dalam kesimbangan alam manusia, hewan, dan tumbuhan. Yang kesemunya saling ketergantungan. Meskipun demikian dinataranya organisme biosfer mahluk yang paling sempurna adalah manusia, yang diberikan akal dalam pengendalian aspek-aspek biosfer.

Macam-Macam Biosfer

Jika dilihat dari jenisnya biosfer sebagai lapisan yang paling kompleks memiliki 3 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut;

Atmosfer

Atmosfer adalah lapisan bumi yang paling atas dengan fungsinya sebagai pelindung dari bintang atau benda-benda luar angkasa dengan ukuran besar. Melalui lapisan inilah dikenal dengan ozon yang memiliki peranan penting bagi kehidupan di bumi.

Litosfer

Pengertian litosfer secara singkat ialah susunan batuan yang ada di dalam biosfer dengan ciri yang berbeda sesuai dengan tingkat kedalaman yang dimiliki. Dalam kajiannya litosfer bisa tersusun dari letusan gunung berami atau magma yang mengering.

Hidrosfer

Pengertian hidrologi adalah susunan biosfer yang terdiri dari sejumlah air, baik yang ada di dalam sunggai, laut, ataupun samudara. Bahasan hidrosfer ini begitu penting mengingat hamper 70 persen mayoritas isi dalam planet bumi adalah hidrosfer.

Dari serangkaian jenis-jenis biosfer di atas, sangatlah jelas bahwa istilah ketiganya dikenal dengan biosiklus atau lingkungan hidup yang artinya dalam lingkungan ini terdiri dari sejumlah daratan dan perairan. Biosiklus ini kemudian dibagi lagi pada unsur yang lebih kecil dengan nama bioma.

Pengertian bioma sendiri dalam ilmu biologi dan geografi adalah karakteristik tumbuhan atau hewan yang hidup dalam satu tempat berdasarkan iklim dan lingkungan, sehingga dalam kaitannya saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Faktor Biosfer

Faktor yang menjadi penyebab dalam biosfer ini erat kaitannya dengan ketidakmerataan tumbuhan/makluk hidup yang ada di bumi. Hal ini lantaran setiap flora dan fauna memiliki ciri khas yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Berikut adalah beberapa foktor yang menjadi pengaruh dalam persebaran biosfer.

Faktor Abiotik

Pengertian faktor abiotok yang menjadi pengaruh dalam biosfer ini terdri dari hal-hal sebagai berikut;

Klimatik

Klimatik atau iklim yang menjadi pengaruh dalam biosfer ini dapat dlihat dari temparatur suhu yang ada di lingkungannya. Dalam hal ini akan sesuai dengan habitat hewan masing-masing atau tumbuhan. Misalnya saja di dataran gurun tentusaja hewan yang hidup disana tidak akan sesuai dengan kondisi pada jenis fauna di daerah tropis, seperti Indonesia.

Edafik

Faktor edafik ini lebih dekenal dengan pengaruh tanah yang bisa mempengaruhi adanya flora dan fauna dalam biosfer. Hal ini lantaran tanah dengan tingkat kemiringan tinggi akan sulit sekali ditempati makluk hidup, hanya beberapa saja. Berbeda kondisinya ketika mahluk hidup yang ada di biosfer ini hidup dalam lingkungan tanah yang merata.

Fisiografi

Pengertian fisiografi adalah kondisi ketinggian tempat dan bentuk lahan yang menjadi pengaruh besar dalam tumbuhannya flora dan fauna di biosfer. Penjelasan mengenai hal ini sejatinya sama dengan penjelasan pada no-2 dalam pengeruh biosfer abiotik.

Faktor Biotik

Faktor kedua yang menjadi pengaruh pada biosfer ini letak dengan nama biotik yang artinya sangat memiliki berpengaruh signifikan dalam persebaran flora dan fauna yang ada di dalam planet bumi. Jenis biosfer dalam faktor biotik ini antara lain;

Manusia

Mahluk hidup yang paling sempurna lantaran diberikan akal fikiran adalah manusia, dalam jiwanya seseorang manusia dalam masyarakat dapat membudidayakan beberapa jenis flora dan fauna serta mengelolanya menjadi bisnis atau sekedar hobi.

Pengaruh inilah yang dapat menimbulkan kerusakan flora dan fauna dalam edemiknya. Lantaran akan sulit sekali untuk dibedakan. Oleh karena itulah setiap seseorang yang dapat mengancam pertumbuhan ekosistem dan kesimbangannya pada saat ini selalu dinacam dengan hukuman setimpal serta penguncilan dalam dunia Internasional.

Semoga dengan adanya tulisan tentang pengertian, macam, dan faktor biosfer dalam kajian ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami materi lengkap tentang “biosfer”. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *