Contoh Penerapan Prinsip Distribusi dalam Geografi

Diposting pada

Prinsip Distribusi Geografi

Geografi adalah studi tentang ciri-ciri fisik bumi, termasuk bagaimana manusia mempengaruhi planet bumi dan dipengaruhi olehnya. Oleh karena itulah geografi berkaitan erat dengan dengan aspek fisik bumi. Seperti komposisi, lapisan bumi, atmosfer, tumbuhan dan hewan, pegunungan, sungai, dan bentang alam lainnya.

Semua konsep pembalajaran dalam hakikat geografi yang disebutkan tidak terlepaskan dari contoh penerapan dalam kajian ilmu geografi. Yang setidaknya terdapat 4 pembahasan yaitu deskripsi, interelasi, distribusi, dan korologi.

Prinsip Distribusi dalam Geografi 

Prinsip distribusi dalam ilmu geografi tentusaja sangat berguna untuk menelaah fenomena geosfer yang tersebar di permukaan bumi secara tidak sama dan tidak merata. Fenomena geosfer tersebut bisa menyangkut litosfer, hidrosfer, lapisan atmosfer, bisofer, dan antroposfer.

Adapun tujuan lain penggunaan prinsip geografi distribusi yaitu bisa mengungkap hubungan atau keterkaitan antara satu fenomena dengan fenomena yang lainnya secara menyeluruh. Selain itu, juga bisa digunakan untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang.

Contoh Prinsip Distribusi

Adapun untuk contoh penerapan yang ada dalam prinsip distribusi, antara lain:

  1. Persebaran flora dan fauna dunia

Adapun persebaran berbagai jenis flora dan fauna dunia yang berbeda berdasarkan karakteristik wilayah bioma yang menjadi tempat hidup floran dan fauna tersebut. Meskipun ada beragam klasifikasi, secara garis besar terdapat bioma hutan hujan tropis, sabana, stepa, gurun, taiga, dan tundra dengan masing-masing keanekaragaman flora dan faunanya.

  1. Penduduk di Indonesia yang Tidak Merata

Adanya persebaran penduduk yang tidak merata merupakan salah satu contoh penerapan prinsip distribusi dalam ilmu geografi. Kondisi seperti realitasnya dapat kita ketahui bahwa konsentrasi penduduk Indonesia paling banyak terdapat di Pulau Jawa.

  1. Sumber Daya Alam di Indonesia

Berbagai jenis umber daya alam yang ada di Indonesia tentusaja berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Misalnya dalam prinsip distribusi untuk kajian geografi ini adanya persebaran minyak bumi di:

  1. Cepu, Blora dan Cilacap di Jawa Tengah
  2. Sungai Gerong dan Plaju di Palembang
  3. Dumai dan Sungai Pakning (Riau)
  4. Tanjung Pura, Langkat (Sumatera Utara)
  5. Tarakan, Balikpapan dan Kutai (Kalimantan Timur).

Selain itupula contoh lainnya seperti persebaran tambang bijih besi yang ada di wilayah dan perwilayahan Indonesia. Seperi di Gunung Tegak (Lampung), Pulau Sekubu (Kalimantan Selatan), Cilacap (Jawa Tengah).

  1. Curah hujan di Indonesia

Adapun persebaran dalam curah hujan di Indonesia yang berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya menjadi kosentrasi dari prinsip distribusi. Ada wilayah yang memiliki skala frekuensi hujan yang tinggi, ada pula wilayah yang sedikit mendapat hujan.

Misalnya wilayah dengan curah hujan rata-rata per tahun kurang dari 1000 mm mencakup 0,6% dari total luas Indonesia, dengan persebaran di kepulauan Indonesia tengah dan timur (Nusa Tenggara dan dua daerah di Sulawesi yaitu lembah Palu dan Luwuk).

  1. Iklim antar wilayah yang berbeda-beda

Adanya bentuk persebaran iklim berbeda-beda yang berdasarkan pembagian iklim matahari, terdapat 4 zona iklim di dunia, yaitu iklim tropis, subtropis, sedang dan kutub. Misalnya iklim tropis di Asia Selatan tersebar di sebagian India, sebagian Bangladesh, Srilanka, Maladewa. Sedangkan di Asia Barat tersebar di Yaman, sebagian Arab Saudi, Oman, dan Uni Emirat Arab.

Jenis persebaran tersebut menjadi salah satu pokok kajian yang ada dalam prinsip distribusi. Sehingga atas dasar inilah acuannya bisa disebut sebagai spasial keruangan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa definisi prinsip distribusi dalah bahasan atau kajian suatu fenomena ditinjau dari sudut pandang spasialnya, secara lebih spesifik yaitu ditinjau dari persebarannya di muka bumi.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh kajian prinsip distribusi dalam studi ilmu geografi. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *