Faktor Penentu Pusat Pertumbuhan Wilayah

Diposting pada

Faktor Pusat Pertumbuhan Wilayah

Pusat pertumbuhan wilayah dan perkembangan wilayah adalah istilah berbeda akan tetapi masih dalam satu kesatuan dalam menjelaskan kesejahteraan masyarakat secara umum. Dimana untuk kategori pusat pertumbuhan sendiri memang benar-benar menjadi sentral dalam pembangunan sedangkan untuk perkembangan wilayah mencangkup daerah yang masih pada tahap pembangunan.

Meski sulit membedakan keduanya, tetapi setidaknya ada beberapa faktor penting dalam menentukan pusat pertumbuhan suatu wilayah dan perwilayahan.

Pusat Pertumbuhan Wilayah

Pusat pertumbuhan wilayah adalah daerah yang menjadi fokus dan lokus sebagai perocntohan yang dianggap berhasil dalam menatakelola wilayahnya sendiri. Atas dasar inipul penting didapahmi bahwa untuk di Indonesia sendiri setidaknya ada 4 kategori wilayah yang dijadikan sebagai pusatnya.

Yaitu wilayah A meliputi Kota Medan dan sekiatarnya, wilayah B meliputi Jakarta dan sekitaranya, wilayah C yang tersentral di Surabaya, dan wilayah D yang berada di Kota Ujung Pandang.

Faktor Pusat Pertumbuhan Wilayah

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan bagi wilayah lainnya, antara lain:

  1. Lokasi

Dalam objek studi geografi, lokasi digunakan untuk menunjukkan suatu wilayah (titik, garis, atau area) di permukaan bumi. Lokasi suatu wilayah dapat menjadi penentu pertumbuhan di wilayah tersebut karena faktor lokasi dapat dikaitkan dengan aksesbillitas atau keterjangkauan suatu wilayah dalam berbagai hal.

Lokasi yang strategis biasanya akan lebih cepat berkembang dan mempengaruhi wilayah lainnya dibandingkan dengan lokasi yang terpencil.

  1. Sumber daya alam

Sumber daya alam adalah apa yang dapat dimanfaatkan manusia yang berasal dari lingkungan alam. Contoh sumber daya alam adalah udara, air, kayu, minyak, energi angin, gas alam, besi, dan batu bara. Setiap wilayah memiliki sumber daya alam yang khas.

Apabila SDA tersebut dikelola secara optimal maka dapat meningkatkan kegiatan ekonomi, memperluas lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan daerah.

  1. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah kumpulan orang-orang yang membentuk tenaga kerja suatu organisasi, sektor bisnis, industri, atau ekonomi. Istilah sumber daya manusia pertama kali diciptakan pada tahun 1960-an ketika nilai hubungan kerja mulai mendapat perhatian dan ketika gagasan seperti motivasi, perilaku organisasi, dan penilaian seleksi mulai terbentuk.

Faktor sumber daya manusia juga menjadi salah satu penentu pusat pertumbuhan suatu wilayah karena kualitas dan kuantitas manusia sangat penting dalam pengelolaan sumber daya alam yang ada di suatu wilayah untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Produktifitas manusia yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan menjadi pusat pertumbuhan.

  1. Topografi

Topografi adalah istilah luas yang digunakan untuk menggambarkan studi terperinci tentang permukaan bumi. Topografi ini termasuk perubahan permukaan seperti pegunungan dan arti lembah serta fitur seperti sungai dan jalan raya.

Kondisi topografi suatu wilayah dapat berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhannya. Misalnya dataran rendah memiliki potensi untuk menyediakan jaringan transportasi yang strategis. Kondisi itu mendorong adanya arus distribusi barang dan jasa, sehingga wilayah bisa tumbuh dengan lebih cepat.

  1. Fasilitas penunjang

Wilayah yang memiliki fasilitas lengkap seperti jalan raya, transportasi umum, pusat perniagaan, pemukiman, jaringan listrik dan lainnya berpeluang cepat menjadi pusat pertumbuhan. Ketersediaan fasilitas tersebut sebagai modal utama dalam membangun sebuah daerah yang pesat.

  1. Industri

Dalam ekonomi makro, industri adalah cabang ekonomi yang menghasilkan sekumpulan bahan mentah, barang, atau jasa yang terkait erat. Misalnya, orang mungkin merujuk pada industri kayu atau industri asuransi.

Karena industri terkait dengan produk, proses, dan pasar konsumen tertentu, industri dapat berkembang seiring waktu. Satu industri yang berbeda (misalnya, pembuatan barel) mungkin terbatas pada ceruk pasar kecil dan sebagian besar diserap ke dalam industri lain dengan menggunakan teknik baru.

Pada saat yang sama, industri yang sama sekali baru dapat bercabang dari yang lebih lama begitu pasar yang signifikan menjadi jelas (karena industri semikonduktor berkembang dari industri elektronik yang lebih luas).

  1. Sosial budaya masyarakat

Masyarakat adalah sejumlah organisme yang saling bergantung dari spesies yang sama. Kondisi sosial budaya yang ada di masyarakat merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan faktor sosial dan budaya yang mempengaruhi sikap, kepercayaan, perilaku, preferensi, adat istiadat, dan gaya hidup masyarakat.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa dalam fungsi pusat pertumbuhan wilayah, khususnya pedesaan adalah pusat yang menyediakan barang dan jasa bagi penduduknya sendiri maupun penduduk sekitarnya sehingga tercipta pembangunan sosial ekonomi yang seimbang suatu daerah. Prihal ini tentusaja strategi yang ampuh untuk perencanaan tingkat mikro untuk daerah pedesaan maupun perkotaan.

Sebagian besar terlihat bahwa daerah perkotaan memiliki banyak fasilitas dan amenitas untuk kesejahteraan masyarakat sedangkan penduduk pedesaan harus menempuh jarak yang jauh untuk memanfaatkan fasilitas sosial ekonomi tersebut.

Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi terhadap pusat-pusat pertumbuhan perdesaan yang ada di perdesaan dan untuk itu mengusulkan pusat-pusat pertumbuhan baru agar kawasan perdesaan menjadi mandiri dalam sarana dan prasarana sosial ekonomi dasarnya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan faktor yang menajdi penentu dalam pusat pertumbuhan wilayah yang ada di Indonesia secara umum. Semoga memberikan pemahaman untuk yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *