Ruang Lingkup Geografi Ekonomi dan Fisik

Diposting pada

Ruang Lingkup Geografi Ekonomi dan Geografi Fisik

Geografi ekonomi pada hakekatnya memiliki silsilah yang panjang. Dimana fokus kajianpada cabang ilmu geografi ini lebih pada distribusi berbagai aktivitas yang dianggap produktif. Sehingga sangat layak jikalau objek studinya terkait tentang distribusi geografis sumber daya ekonomi dan penggunaannya. Misalnya saja dalam sisi komersial yang dilakukan berbagai jenis industri yang sangat memperhatikan hubungan antara basis sumber daya alam dan manusia suatu lokasi dengan karakter ekonominya.

Sedangkan dalam geografi fisik berfokus pada karakter, proses pembentukan permukaan tanah bumi, dan selubungnya. Dimana ruang lingkup geografi fisik ini menekankan variasi spasial yang terjadi dan perubahan temporal yang diperlukan untuk memahami lingkungan kontemporer Bumi. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana lingkungan fisik bumi menjadi dasar, dan dipengaruhi oleh, aktivitas manusia.

Geografi Ekonomi dan Geografi Fisik

Kajian dalam geografi ekonomi dan geogragi fisik berasal pada akhir abad ke-19 yang lebih mengacu pada produsen untuk bertindak secara rasional berdasarkan sumber daya alam, lokasi pasar, biaya transportasi secara fisik, produksi atas barang jadi, dan lain sebagainya sebagainya.

Kedua istilah ini memiliki maka yang berbeda. Akan tetapi masih satu keterkatitan dalam ruang lingkup geografi. Penjelasan atas arti keduanya adalah sebagai berikut;

Pengertian Geografi Ekonomi
 

Geografi ekonomi adalah subdisiplin geografi yang berupaya untuk menggambarkan dan menjelaskan lokasi absolut dan relatif dari kegiatan ekonomi, dan arus informasi, bahan mentah, barang, dan orang yang menghubungkan ekonomi lokal, regional, dan nasional yang terpisah.

Pengertian Geografi Fisik

Geografi fisik adalah cabang utama dari ilmu geografi, dan terutama berkaitan dengan studi tentang karakteristik alam bumi. Kajian ini mencakup baik yang ada di permukaan bumi maupun yang di dekatnya. Geografi fisik memungkinkan kita untuk memetakan daratan, tetapi geografi fisik juga digunakan untuk melihat apa yang ada di bawah lapisan es dan lautan di Bumi.

Ruang Lingkup Geografi Ekonomi

Ruang lingkup yang ada di dalam kajian geografi ekonomi dapat dibagi menjadi beberapa sub-cabang. Antara lain;

  1. Geografi pertanian, adalah ilmu yang mempelajari tentang pola spasial dalam kegiatan pertanian. Tema utama meliputi variasi kegiatan pertanian dalam bioma utama, pembatasan wilayah pertanian, studi pertanian sebagai suatu sistem, dan klasifikasi sistem pertanian.
  2. Geografi industri, adalah studi tentang ruang, tempat, dan sirkulasi geografis industri. Ini adalah sub-cabang dari geografi ekonomi dan berkaitan dengan penataan ruang kegiatan industri.
  3. Geografi komersial, adalah studi tentang karakteristik spasial perdagangan dan transaksi dalam kaitannya dengan sifat, penyebab, dan konsekuensinya.
  4. Geografi transportasi, adalah salah satu cabang dari geografi ekonomi yang mempelajari transportasi dan segala aspek yang berkaitan dengannya serta geografi suatu daerah.

Ruang Lingkup Geografi Fisik

Adapun untuk ruang lingkup yang ada di dalam geografi fisik. Antara lain;

  1. Geomorfologi, adalah ilmu yang mempelajari berbagai bentang alam di permukaan bumi.
  2. Pedologi, adalah ilmu yang berkaitan dengan studi tentang tanah.
  3. Biogeografi, adalah ilmu yang menyelidiki hubungan spasial tumbuhan dan hewan.
  4. Hidrologi, adalah ilmu yang mempelajari tentang air dalam segala bentuknya.
  5. Meteorologi, adalah ilmu yang mempelajari sirkulasi atmosfer dalam rentang waktu yang singkat.
  6. Klimatologi, adalah ilmu yang mempelajari efek cuaca pada kehidupan dan memeriksa sirkulasi atmosfer dalam rentang waktu yang lebih lama.
  7. Geologi, adalah ilmu yang mempelajari bentuk permukaan dan bawah permukaan bumi, serta proses yang membuat dan memodifikasinya.
  8. Ekologi, adalah ilmu yang mengkaji tentang interaksi antara organisme dan lingkungannya.
  9. Oseanografi, adalah ilmu yang meneliti aspek biologi, kimia, fisika, dan geologi lautan.
  10. Geografi pesisir, adalah studi tentang pesisir, khususnya mengenai apa yang terjadi di tempat pertemuan tanah dan air.
  11. Astronomi, adalah ilmu yang meneliti tentang benda langit dan kosmos.
  12. Glasiologi, adalah studi tentang gletser dan lapisan es, termasuk pembentukannya, siklusnya, dan pengaruhnya terhadap iklim bumi.
  13. Paleogeografi, adalah studi tentang geografi sejarah, seperti lokasi benua dari waktu ke waktu, dengan melihat bukti geologi, seperti catatan fosil.
  14. Geomatika, adalah bidang yang mengumpulkan dan menganalisis data geografis, termasuk gaya gravitasi bumi, gerakan kutub dan kerak bumi, serta pasang surut laut (geodesi). Dalam ilmu geomatika, peneliti menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG), yaitu suatu sistem terkomputerisasi untuk bekerja dengan data berbasis peta.

Contoh Ruang Lingkup Geografi Ekonomi dan Geografi Fisik

Adapun untuk contoh kajian yang ada dalam geografi ekonomi dan geografi ekonomi. Antara lain;

Geografi Ekonomi

Contoh kajian geografi ekonomi, misalnya saja;

  1. Kegiatan Ekonomi

Dimana dalam ranah kajian geografi dalam kegiatan ekonomi berkaitan dengan ekonomi primer, sekunder, tersier dan kuaterner. Ketersediaan 4 element tersebut ada dalam distribusi sumber daya alam, produktivitas, dan perannya dalam pembangunan industri.

Geografi Fisik

Contoh geografi fisik misalnya saja seperti;

  1. Kerusakan Lingkungan

Ranah geografi fisik dalam pertumbuhan penduduk telah menyaksikan minat dan pertumbuhan yang sangat tajam dalam beberapa dekade terakhir karena percepatan degradasi lingkungan yang disebabkan oleh manusia. Sehingga bisa dikatakan bahwa, ruang lingkup geografi fisik jauh lebih luas dibandingkan studi spasial alam yang sederhana. Objek studi ini juga melibatkan penyelidikan tentang bagaimana manusia memengaruhi alam.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa geografi fisik adalah cabang geografi yang berhubungan dengan ciri-ciri alam permukaan bumi. Sedangkan dalam geografi ekonomi berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang banyak di dasarkan pada alam.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan ruang lingkup kajian dalam geografi ekonomi dan geografi fisik beserta dengan contohnya. Semoga memberikan pemahaman untuk semua orang yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *