Wilayah Persebaran Bioma Sabana dan Stepa

Diposting pada

Daerah Persebaran Bioma Sabana dan Stepa

Bioma adalah suatu area di permukaan bumi yang bisa diklasifikasikan menurut tumbuhan dan hewan yang hidup di dalamnya. Dimana karakteristik suhu udara, jenis tanah, dan intensitas sinar matahari, dan air menjadi penentu kehidupan apa yang terdapat pada suatu bioma.

Batasan antar bioma, khususnya pada sabana dan stepa tidak selalu ditentukan dengan jelas. Misalnya saja ada zona transisi antara padang rumput dan bioma hutan. Pantai dan lahan basah adalah zona transisi antara bioma darat di sabana dan perairan di bioma stepa.

Bioma Sabana dan Stepa

Bioma sebagian sabana dan stepa ditentukan oleh letak geografis dan iklim suatu wilayah dan perwilayahan. Oleh karena itu, kedua bioma ini diartikan sebagai zona geo-klimatik yang bisa diidentifikasi dalam skala  global dan mencakup hal-hal seperti tumbuhan dan hewan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan dan penjelasan yang bisa diberikan.

Sabana

Sabana adalah ekosistem hutan-padang rumput campuran yang ditandai dengan pepohonan yang ditempatkan cukup lebar sehingga kanopi tidak menutup. Kanopi yang terbuka memungkinkan sinar dalam arti matahari yang cukup untuk mencapai lapisan tanah sehingga mendukung lapisan herba terutama terdiri atas rerumputan.

Sabana mempertahankan kanopi terbuka meskipun kerapatan pohonnya tinggi. Seringkali diyakini bahwa sabana menampilkan pepohonan yang tersebar luas dan tersebar. Namun, di banyak sabana, kepadatan pohon lebih tinggi dan jarak pohon lebih sering daripada di hutan.

Sabana juga dicirikan oleh ketersediaan air musiman, dengan mayoritas curah hujan terbatas pada satu musim, mereka terkait dengan beberapa jenis bioma, dan sering berada di zona transisi antara hutan dan gurun atau padang rumput. Sabana menutupi sekitar 20% dari luas daratan bumi.

Stepa

Dalam arti geografi fisik, bioma stepa adalah ekoregion yang ditandai dengan dataran padang rumput tanpa pepohonan selain yang berada di dekat sungai dan danau. Sebuah padang rumput mungkin semi-kering atau ditutupi dengan rumput atau semak belukar atau dengan keduanya, tergantung pada musim dan garis lintang.

Istilah “iklim stepa” menunjukkan iklim yang ditemui di wilayah yang terlalu kering untuk menopang hutan tetapi tidak cukup kering untuk menjadi gurun. Tanah stepa biasanya berjenis chernozem. Stepa biasanya memiliki ciri iklim semi-kering atau kontinental.

Wilayah Persebaran Bioma Sabana

Persebaran daerah bioma sabana diantaranya yaitu:

  1. Ekosistem Sabana Afrika

Ekosistem sabana Afrika adalah padang rumput tropis dengan suhu hangat sepanjang tahun dan dengan curah hujan musiman tertinggi di musim panas. Sabana Afrika berisi komunitas beragam organisme yang berinteraksi untuk membentuk jaring makanan yang kompleks.

  1. Sabana Tropis Australia

Sabana tropis Australia adalah area dengan rerumputan lebat dan pepohonan tersebar yang membentang di utara Australia dari Broome hingga Townsville. Musim kemarau di sabana Australia bisa berlangsung hingga lima bulan, dari Mei hingga Oktober.

Setiap musim kemarau datang kebakaran hutan. Kebakaran hutan ini sering terjadi, dan ahli geografi percaya bahwa api menjaga sabana tetap sehat.

  1. Sabana Tropis Amerika Selatan

Sabana tropis meluas di sebagian besar Amerika Selatan bagian utara (Brasil, Venezuela, Kolombia, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis).

Komposisi vegetasi berkisar dari hutan tertutup dengan rerumputan rendah dan semak yang berbeda hingga sabana terbuka dan termasuk cerrados dan campos cerrados (hutan tropis semi-gugur), campos sujos dan campos limpos (sabana rumput tinggi), caatinga (hutan xerophytic berduri daun), llanos (sabana palem), dan sabana berumput.

  1. Sabana Sembalun di Gunung Rinjani

Sabana Sembalun terletak di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Dari jalur Sembalun yang berada di arah timur Gunung Rinjani, terdapat hamparan padang sabana yang setidaknya memiliki panjangnya 6 kilometer.

  1. Sabana Oro-oro Ombo di Gunung Semeru

Sabana di Indonesia
Sabana Oro-oro Ombo di Indonesia

Selain sabana Sembalun, contoh daerah sabana di Indonesia juga terdapat Sabana Oro-oro Ombo yang terletak di Gunung Semeru, Jawa Timur. Oro-oro Ombo bisa diartikan sebagai ‘padang rumput yang luas’. Luas keseluruhan dari padang sabana yang satu ini mencapai 100 hektar.

Wilayah Persebaran Bioma Stepa

Daerah persebaran bioma stepa, antara lain sebagai berikut;

  1. Stepa dingin

Wilayah stepa terbesar di dunia, sering disebut sebagai “The Great Steppe“, ditemukan di Eropa Timur dan Asia Tengah, dan negara-negara tetangga yang membentang dari Ukraina di barat melalui Rusia, Kazakhstan, Turkmenistan, dan Uzbekistan ke Altai, Koppet Dag dan Tian Pegunungan Shan di Cina.

Bagian dalam Anatolia di Turki, Anatolia Tengah dan Anatolia Timur pada khususnya dan juga beberapa bagian dari Anatolia Tenggara, serta sebagian besar Armenia dan Iran sebagian besar didominasi oleh stepa dingin. Dataran Pannonian adalah wilayah stepa lain di Eropa Tengah, terutama Hongaria.

Area stepa besar lainnya (padang rumput) terletak di Amerika Serikat bagian tengah, Kanada bagian barat dan bagian utara Meksiko. Stepa padang rumput rumput pendek adalah bagian paling barat dari wilayah Great Plains. Dataran Tinggi Columbia di Southern British Columbia, Oregon, Idaho, dan negara bagian Washington, adalah contoh wilayah stepa di Amerika Utara di luar Great Plains.

Di Amerika Selatan, stepa dingin dapat ditemukan di Patagonia dan sebagian besar wilayah dataran tinggi di sebelah timur Andes selatan. Area stepa yang relatif kecil dapat ditemukan di pedalaman Pulau Selatan Selandia Baru.

  1. Stepa subtropis

Di Eropa, beberapa kawasan Mediterania memiliki vegetasi mirip stepa, seperti Sisilia tengah di Italia, Portugal selatan, sebagian Yunani di kawasan Athena selatan, [3] dan Spanyol tengah-timur, terutama pantai tenggara (sekitar Murcia), dan tempat-tempat yang tidak cukup lembab karena efek bayangan hujan seperti Zaragoza.

Di Asia, padang rumput subtropis dapat ditemukan di tanah semi-gersang yang berbatasan dengan Gurun Pasir Thar di anak benua India dan Badia di semenanjung Arab. Di Australia, “stepa subtropis” dapat ditemukan di sabuk yang mengelilingi gurun paling parah di benua itu dan di sekitar Musgrave Ranges.

Di Amerika Utara, lingkungan ini merupakan daerah transisi yang khas antara zona dengan iklim Mediterania dan gurun pasir sejati, seperti Reno, Nevada, bagian dalam California, dan sebagian besar Texas bagian barat dan daerah yang berdekatan di Meksiko.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daerah persebaran bioma sabana dan stepa serta contoh wilayahnya yang ada di Indonesia dan berbagai belahan dunia. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *