10 Macam Lingkungan Alam dan Contohnya

Diposting pada

Jenis Lingkungan Alam

Lingkungan alam pada hakikatnya mengacu pada semua makhluk hidup dan tidak hidup yang terjadi secara alami di wilayah dan perwilayahan tertentu. Oleh karena alasan itulah berbagai jenis lingkungan alami sering digunakan sebagai sinonim untuk habitat. Misalnya saja ketika kita mengatakan bahwa lingkungan alami jerapah adalah sabana.

Disisi lainnya, sebagai individu jarang menemukan lingkungan yang benar-benar alami di Bumi, dan kealamian biasanya bervariasi dalam sebuah kontinum, dari yang 100% alami di satu sisi hingga 0% alami di yang lain. Lebih tepatnya, kita dapat mempertimbangkan berbagai aspek atau komponen lingkungan, dan melihat bahwa tingkat kealamiannya tidak seragam.

Lingkungan Alam

Lingkungan alami mencakup semua makhluk hidup dan benda mati yang terjadi secara alami, artinya dalam hal ini bukan lingkungan buatan. Istilah ini sendiri paling sering diterapkan pada planet Bumi atau beberapa bagian dari planat bumi.

Lingkungan alam merupakan lingkungan yang kontras dengan lingkungan buatan. Di daerah-daerah di mana manusia telah secara mendasar mengubah bentang alam seperti pengaturan kota dan konversi lahan pertanian, lingkungan alam banyak dimodifikasi menjadi lingkungan buatan yang disederhanakan.

Bahkan tindakan yang tampak kurang ekstrim, seperti membangun sistem fotovoltaik di padang pasir, termasuk memodifikasi arti lingkungan alam manjadi lingkungan buatan. Meskipun banyak hewan membangun hal-hal untuk menyediakan lingkungan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri, mereka bukan manusia, karenanya gundukan yang dibuat oleh rayap, dianggap alami.

Macam Lingkungan Alam

Contoh lingkungan alami, meliputi:

  1. Gunung

Pengunungan adalah bentang alam yang menjulang tinggi di atas daerah sekitarnya di area terbatas. Secara umum, gunung lebih tinggi dari 600 meter. Yang kurang dari 600 meter itu disebut bukit. Gunung biasanya memiliki sisi yang curam, miring, dan lereng serta puncak yang tajam atau sedikit membulat.

Gunung bisa berbatu dan tandus. Beberapa memiliki pohon yang tumbuh di sisinya dan gunung yang sangat tinggi memiliki salju di puncaknya. Beberapa fitur umum gunung meliputi:

  1. Puncak, atau puncak gunung
  2. Lereng, atau sisi gunung
  3. Lembah yang sangat curam di antara gunung-gunung muda, yang dikenal sebagai ngarai
  1. Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah bentuklahan datar yang lebih tinggi atau mengalami kenaikan tajam dibandingkan daerah sekitarnya setidaknya di satu sisi. Dataran tinggi ada di setiap arti benua dan mengambil sepertiga dari daratan Bumi.

Dataran tinggi dapat terbentuk oleh aktivitas vulkanik, oleh banyak letusan gunung berapi kecil yang perlahan-lahan menumpuk seiring waktu, membentuk dataran tinggi dari aliran lava yang dihasilkan. Misalnya Dataran Tinggi Vulkanik Pulau Utara yang mencakup sebagian besar bagian tengah Pulau Utara Selandia Baru.

  1. Lembah

Lembah adalah area yang dalam yang biasanya berada di antara bukit atau gunung. Lembah sering dianggap sebagai tempat yang damai, mungkin karena terlindung dari cuaca buruk oleh pegunungan atau bukit yang mengelilinginya.

Istilah berbentuk-U dan berbentuk-V adalah istilah-istilah deskriptif geografi untuk mengkarakterisasi bentuk lembah. Sebagian besar lembah termasuk salah satu dari dua jenis utama ini atau campurannya, paling tidak berkenaan dengan potongan melintang lereng atau lereng dalam arti perbukitan.

  1. Gurun

Gurun mencakup lebih dari seperlima luas daratan Bumi, dan dapat ditemukan di setiap benua. Tempat yang menerima hujan kurang dari 10 inci (25 sentimeter) per tahun dianggap sebagai gurun.

Meskipun konsep umum gurun merupakan wilayah yang bersuhu panas, ada juga gurun dingin Gurun panas terbesar di dunia, Sahara di Afrika utara, mencapai suhu hingga 122 derajat Fahrenheit (50 derajat Celcius) pada siang hari.

Tetapi beberapa gurun selalu dingin, seperti halnya dengan gurun Gobi di Benua Asia dan gurun kutub di Antartika dan Arktik, yang merupakan gurun terbesar di dunia. Lainnya bergunung-gunung. Hanya sekitar 20 persen gurun yang tertutup pasir.

  1. Savana

Savana adalah ekosistem campuran antara hutan-rumput yang ditandai oleh kanopi pepohonan yang terbuka, sehingga memungkinkan cahaya yang cukup untuk mencapai tanah untuk mendukung lapisan herba untuk tumbuh yang sebagian besar terdiri dari rumput.

Savana juga ditandai dengan ketersediaan air musiman, dengan sebagian besar curah hujan terbatas pada satu musim. Savana terkait dengan beberapa jenis bioma, dan sering berada di zona transisi antara hutan dan gurun atau padang rumput. Savanna mencakup sekitar 20% dari luas daratan Bumi.

  1. Lautan

Lautan adalah badan air yang membentuk banyak hidrosfer planet. Air laut saline mencakup sekitar 361.000.000 km2 dan biasanya dibagi menjadi beberapa samudera utama dan laut yang lebih kecil. Karena lautan dunia adalah komponen utama siklus hidrosfer Bumi, itu merupakan bagian integral dari kehidupan, membentuk bagian dari siklus karbon, dan memengaruhi pola iklim dan cuaca.

  1. Sungai

Sungai adalah saluran yang berliku secara alami membawa air melalui lanskap. Sisi-sisi sungai disebut tepi sungai. Sungai itu dialiri oleh air yang merembes keluar dari tepian. Air tenggelam ke tanah sebagai hujan, dan kemudian mengalir perlahan melalui lapisan tanah (dan juga kadang-kadang melalui batu) hingga mencapai tepi sungai.

Tanah dan beberapa batuan adalah spons alami, yang mempertahankan air dan juga hanya membiarkan surplus mengalir keluar dengan lambat. Aliran lambat ini menjelaskan mengapa sungai tidak mengering saat tidak hujan.

  1. Danau

Danau adalah badan air yang dikelilingi oleh daratan. Ada jutaan danau di dunia, yang dapat ditemukan di setiap benua dan di setiap jenis lingkungan, di gunung dan gurun, di dataran, dan dekat pantai. Danau sangat bervariasi ukurannya. Beberapa hanya berukuran beberapa meter persegi. Danau kecil seperti itu sering disebut sebagai kolam.

Danau-danau lain sangat besar sehingga disebut laut. Laut Kaspia, di Eropa dan Asia, merupakan danau terbesar di dunia, dengan luas lebih dari 370.000 km2 (143.000 mil persegi). Danau juga sangat bervariasi kedalamannya.

  1. Estuaria

Estuaria merupakan perairan semi tertutup yang terdapat di bagian hilir sungai dan masih berhubungan dengan laut, sehingga memungkinkan terjadinya percampuran antara air tawar dan air laut.

Sebagian besar estuaria terbentuk selama zaman Holosen dengan banjir lembah-lembah yang tererosi atau tergerus glasial ketika permukaan dasar laut mulai naik sekitar 10.000 sampai 12.000 tahun yang lalu. Banyak estuari mengalami kemunduran dari berbagai faktor termasuk erosi tanah, penggundulan hutan, penggembalaan berlebihan, penangkapan ikan berlebihan.

  1. Rawa

Rawa ialah lahan basah yang terjadi secara terus-menerus atau musiman karena adanya drainase alamiah yang terhambat, serta memiliki ciri-ciri khusus secara fisik, kimiawi, dan biologis. Ukuran rawa bervariasi dan terletak di seluruh dunia.

Air rawa bisa berupa air tawar, air payau, atau air laut. Rawa air tawar terbentuk di sepanjang sungai atau danau besar di mana mereka sangat bergantung pada air hujan dan banjir musiman untuk menjaga fluktuasi ketinggian air alami.

Rawa-rawa air asin ditemukan di sepanjang garis pantai tropis dan subtropis. Beberapa rawa terbesar yang menjadi contoh lingkungan hidup di dunia ditemukan di sepanjang sungai-sungai besar seperti Amazon, Mississippi, dan Kongo.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah dikemukakan dapat dikatakan bahwa lingkungan alam ialah lingkungan yang terjadi dengan sendirinya atau tanpa adanya campur tangan manusia. Sehingga dalam lingkungan ini meliputi interaksi semua spesies hidup, iklim, cuaca dan berbagai jenis sumber daya alam yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan kegiatan ekonomi. Konsep lingkungan alam dapat dibedakan sebagai komponen:

  1. Unit ekologi lengkap yang berfungsi sebagai sistem alami tanpa campur tangan manusia beradab yang besar, termasuk semua vegetasi, mikroorganisme, tanah, batuan, atmosfer, dan fenomena alam yang terjadi dalam batas-batas dan sifatnya.
  2. Sumber daya alam dan fenomena fisik universal yang tidak memiliki batas yang jelas, seperti udara, air, dan iklim, serta energi, radiasi, muatan listrik, dan magnet, tidak berasal dari tindakan manusia yang beradab.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami berikan pada semua pembaca. Tentang jenis lingkungan alam yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi referensi serta menambah pengetahuan bagi semua pembaca.

Gambar Gravatar
Diah Ainurrohmah Adalah Alumni Jurusan Geografi dan Saat Ini Sedang Proses Penyelesaian Program Pascasarjana Geografi di Kampus Negeri Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *