5 Pengertian Lingkungan Alam, Macam, Konsep, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Lingkungan Alam, Macam, Konsep, Manfaat, dan Contohnya
Pengertian Lingkungan Alam adalah

Permukaan bumi memiliki sejumlah lingkungan alam yang beragam. Lingkungan alami dapat didefinisikan sebagai flora, fauna, batuan, mineral, dan lapisan atmosfer yang membentuk sistem ekologi tunggal, seringkali mencakup area yang luas. Lingkungan alam sering tumpang tindih dan bersaing satu sama lain dan dengan lingkungan yang dibangun manusia, seperti kota, pabrik manufaktur, dan taman.

Keseimbangan sempurna diperlukan antara lingkungan alam dan buatan manusia. Jika kita menggunakan sumber-sumber yang disediakan oleh lingkungan dengan bijaksana, kita dapat membangun keseimbangan yang sehat. Berbagai jenis sumber daya alam seperti kayu, mineral, air, udara sangat berharga dan penting untuk bertahan hidup. Jika kita tidak menggunakannya dengan bijak, kita mungkin kehabisan suatu hari nanti. Jadi kita harus bisa menjaga kelestarian lingkungan alam kita.

Lingkungan Alam

Segala sesuatu yang bukan buatan manusia termasuk lingkungan alam. Lapisan tanah, udara, air, tumbuhan dan hewan semuanya terdiri dari lingkungan alam. Lingkungan alam memiliki beberapa domain, yaitu litosfer, hidrosfer, atmosfer, dan biosfer. Lingkungan alam adalah keadaan sekitar yang mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku.

Lingkungan hidup alami ialah lingkungan yang terbentuk dari proses alam. Terdiri atas berbagai sumber dari alam termasuk ekosistem beserta komponen-komponen di dalamnya, baik berupa fisik, biologis, dan non biologis. Lingkungan hidup alami dapat terbentuk secara dinamis karena mempunyai keragaman atau heterogenitas makhluk hidup dan organisme yang sangat tinggi.

Pengertian Lingkungan Alam

Pengertian lingkungan alam merupakan lingkungan yang terbentuk karena proses alam.  Misalnya pegunungan, sungai, dan hutan ialah bentuk dari lingkungan alam. Hidup manusia selalu berdampingan dengan lingkungan sekitarnya yang berasal dan terbentuk dari proses alam itu sendiri.

Ada tiga faktor mempengaruhi lingkungan alam:

  1. Geologi
  2. Posisi dan Aspek
  3. Iklim

Pengertian Lingkungan Alam Menurut Para Ahli

Adapun definisi lingkungan alam menurut para ahli, yaitu:

  1. Wikipedia

Lingkungan alam adalah semua makhluk hidup dan tidak hidup yang terjadi secara alami (bukan buatan). Lingkungan ini meliputi interaksi semua spesies hidup, iklim, cuaca dan sumber daya alam yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan kegiatan ekonominya.

Lingkungan alam berbeda dengan lingkungan binaan, yaitu lanskap yang telah dirubah oleh manusia secara mendasar seperti pengaturan perkotaan dan konversi lahan pertanian. Lingkungan alam dapat dimodifikasi menjadi lingkungan buatan manusia yang disederhanakan.

Lingkungan alam sering digunakan sebagai sinonim untuk habitat. Misalnya, ketika kita mengatakan bahwa lingkungan alami dari jerapah adalah savana terlebih untuk keberlangsungan hewan sejenisnya yang mempertahankan kehidupannya disana.

  1. Definitons

Lingkungan alam meliputi semua makhluk hidup yang ada di permukaan bumi untuk mempertahankan kehidupannya dan tidak hidup yang terjadi secara alami di Bumi atau beberapa wilayahnya. Ini adalah lingkungan yang mencakup interaksi semua spesies hidup.

  1. Business Dictionary

Lingkungan alam merupakan iklim, pengertian cuaca, dan sumber daya alam yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan kegiatan ekonominya yang bermaksud untuk melakukan kegiatan yang ada pada manusia tentang bagaimana caranya untuk bertahan hidup.

  1. Bintarto

Bintarto berpendapat bahwapengertian lingkungan alam adalah segala sesuatu yang terdaapat pada sekitar manusia baik dalam kegiatannya ataupun kebelangsungan hidupnya. Hal-hal yang mengenai tentang alam adalah seperti benda atau pun non benda.

  1. Munadjat

Munadjat Danusaputro berpendapat bahwa, Lingkungana lam adalah semua aspek tentang benda serta daya dengan kadaan kondisi dan juga termasuk kedalamnya seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan yang dapat mempengarhi kelangsungan hidup seluruh.  

Macam Lingkungan Alam

Lingkungan hidup alami terdiri atas 2 jenis ekosistem dalam pembentukannya, yaitu:

Lingkungan Hidup di Darat

Pengertian lingkungan hidup yang termasuk dalam alam di wilayah daratan ini bisa terdiri atas beragam jenis, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Bukit

Bukit ialah dataran yang menjulang tinggi seperti gunung, tetapi ketinggiannya tidak lebih dari 500 meter.  Banyak orang yang menyebut bukit adalah gunung kecil. Tapi bukit mempunyai puncak yang lebih landai dan lebih terlihat rata daripada puncak gunung yang memiliki daerah lava atau bekas lava.

  1. Gunung

Gunung ialah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Gunung biasanya lebih tinggi dan curam dibandingkan bukit. Rangkaian beberapa gunung disebut pegunungan. Misalnya pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari daerah Sumatera Utara sampai Sumatera Selatan.

  1. Lembah

Lembah ialah dataran landai yang berada di bawah gunung atau biasa disebut sebagai kaki gunung. Ada pula lembah yang keberadaannya diapit oleh dua tebing yang disebut dengan ngarai. Lembah biasanya adalah daerah yang subur karena biasanya akan ditemukan sumber air untuk keperluan makhluk hidup sekitar hutan di gunung tersebut.

contoh selanjutnya tentang macam lingkungan yang terdaat di permukaan bumi adalah lembah yaitu Lembah Baliem yang berada di Papua. Sedangkan contoh ngarai yang ada di Indonesia yaitu Ngarai Sihanuk di daerah Sumatera Barat.

  1.  Padang Rumput

Padang rumput ialah lapangan yang dipenuhi oleh rumput dan tanaman tak berkayu. Padang rumput dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu padang rumput stepa dan padang rumput savana, yang keduanya itu mempunyai ciri dan manfaatnya berbeda-beda.

Stepa ialah lingkungan hidup yang ditumbuhi rumput dan semak belukar pada tanah yang luas. Sedangkan savanna adalah lingkungan yang hampir sama dengan Stepa, tapi di padang rumput Savana masih terdapat beberapa pepohonan besar.

Contoh savanna yang ada di Indonesia yaitu di daerah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Padang rumput biasanya dimanfaatkan untuk pengembalaan binatang ternak. Selain itu dimanfaatkan pula sebagai salah satu tempat penangkaran kuda liar dan atau rusa.

  1. Hutan

Hutan ialah kumpulan pepohonan yang tumbuh pada daerah tertentu yang cukup luas. Biasanya terdapat di dataran tinggi atau diantara gunung dan lembah, tapi juga bisa ditemukan di dataran rendah atau area perkotaan juga. Hutan adalah salah satu kawasan yang tumbuh alami berisi ribuan jenis pohon dan beragam binatang.

Definisi dalam manfaat hutan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan yaitu suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Berdasarkan keragaman jenis pepohonannya, hutan terbagi menjadi dua, yaitu hutan homogeny (hanya ditumbuhi satu jenis pohon, misalnya hutan pohon jati, hutan pohon pinus) dan hutan heterogen (ditumbuhi beragam jenis tanaman, misalnya pohon mahoni, pohon jati, pohon rotan, dan pepohoan lainnya yang tumbuh berdampingan).

Lingkungan Hidup di Air

Lingkungan hidup yang termasuk dalam wilayah alam biasanya terdiri atas beragam macam, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Laut

Laut merupakan sebuah tubuh air asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan. Laut ialah sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi yang dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa samudra utama. Laut berpengaruh terhadap iklim Bumi dan mempunyai peran penting dalam siklus air, siklus karbon, dan siklus nitrogen.

Contoh laut yang ada di Indonesia yaitu Laut Jawa, Laut Banda, Laut Sulawesi, Laut Timor, Laut Seram, dan masih banyak lagi yang lainnya tentang contoh dari pulau.dapat diketahui bahwa pulau merupakan tempat berlangsungnya kegiatan manusia lakukan.

  1. Sungai

Sungai adalah sebagai aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Aliran sungai biasanya berawal dari sumber air yang letaknya berada di dataran tinggi dan kemudian berakhir di dataran rendah atau  laut.

Titik awal mulainya sungai mengalir biasa disebut dengan hulu, sedangkan tempat berakhirnya sungai mengalir biasa disebut dengan hilir. Hilir sungai berupa muara dimana ini adalah tempat bertemunya air sungai dengan air laut.

Contoh sungai besar yang ada di Indonesia yang pastinya juga dapat dimanfaatkan oleh manusia yang ada disekitarnya misalnya sungai Kapuas di Kalimantan. Selain itu ada pula sungai yang bentuknya kecil dan sempit, misalnya sungai Asem di Lumajang.

  1. Danau

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Danau ialah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Contoh danau yang ada di Indonesia yaitu Danau Toba dan Danau Tiga Warna.

  1. Rawa

Pengertian rawa merupakan lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis. Rawa – rawa di Indonesia biasanya terdapat di Hutan.

Rawa-rawa  yang mempunyai banyak nutrisi berperan sebagai gudang harta ekologis untuk kehidupan berbagai macam makhluk hidup. Rawa-rawa juga disebut sebagai “pembersih alamiah”, karena berfungsi untuk mencegah polusi atau pencemaran lingkungan alam.

Konsep Lingkungan Alam

Konsep Lingkungan Alam
Konsep Lingkungan Alam

Konsep lingkungan alam dapat dibedakan menjadi 2 komponen, yaitu:

  1. Unit ekologi yang lengkap (Complete ecological units) berfungsi sebagai sistem alami tanpa campur tangan manusia, termasuk semua vegetasi, mikroorganisme, tanah, batuan, atmosfer, dan fenomena alam yang terjadi di dalam batas dan sifat mereka.
  2. Sumber daya alam universal (Universal natural resources) dan fenomena fisik (physical phenomena) yang tidak memiliki batas-batas yang jelas. Ini termasuk udara, air, dan iklim, serta energi, radiasi, muatan listrik, dan magnet, yang bukan berasal dari aktivitas manusia.

Manfaat Lingkungan Alam

Lingkungan alam adalah karunia dan penyediaan Tuhan untuk makhluknya. Lingkungan alam menyediakan makanan, tempat tinggal, pakaian, obat-obatan, air bersih, udara bersih dan banyak manfaat lain yang dapat kita gunakan dan kita nikmati. Lingkungan alam juga merupakan pemberi kerja terbesar di dunia. Lebih banyak orang di seluruh dunia mencari nafkah dari sumber daya lingkungan daripada dengan cara lain.

Lingkungan alam terus berubah dan sangat dipengaruhi oleh perubahan fisik dan kimia Bumi. Keragaman jenis lingkungan alam mencerminkan beragam spesies flora dan fauna di Bumi, dan berbagai kondisi yang diperlukan bagi mereka untuk berkembang.

Segala sesuatu yang ada di alam semesta mempunyai manfaat. Sungai bermanfaat sebagai sumber air untuk mengairi sawah dan kolam. Selain itu, air sungai juga dapat dialirkan ke rumah untuk kebutuhan mencuci atau mandi.

Contoh Lingkungan Alam

Berikut ini contoh lingkungan hidup alami, yaitu:

  1. Air Terjun Madakaripura di Indonesia

Air terjun Madakaripura merupakan salah satu macam pemenadangan alam terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Ketinggiannya yaitu 200 meter, sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di lereng Gunung Bromo.

Air terjun ini berada di ujung lembah yang sempit dan berbentuk ceruk yang dikelilingi tebing-tebing curam yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

  1. Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya merupakan jajaran pegunungan di Asia, yang memisahkan dataran subbenua India dari Dataran Tinggi Tibet. Pegunungan Himalaya memiliki banyak puncak tertinggi di dunia, termasuk yang tertinggi yaitu Gunung Everest. Pegunungan Himalaya mencakup lebih dari lima puluh gunung yang ketinggiannya lebih dari 7.200 meter (23.600 kaki), termasuk sepuluh dari empat belas puncak memiliki ketinggian 8.000 meter.

  1. Savana di Afrika

Ekosistem savana di Afrika merupakan padang rumput tropis dengan suhu hangat sepanjang tahun dan dengan curah hujan musiman tertinggi di musim panas. Savana ditandai oleh rumput dan pohon-pohon kecil atau tersebar yang tidak membentuk kanopi, sehingga memungkinkan sinar matahari mencapai tanah.

Savana di Afrika memiliki beragam komunitas organisme yang berinteraksi untuk membentuk jaringan makanan yang kompleks.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikmukakan dapatlah dikatakan bahwa unsur yang menjadi bagian lingkungan alam ini terbagi menjadi dua jenis yaitu biotik dan abiotik yang mendukung keberlangsungan lingkungan alami. Sedangkan ciri utama lingkungan hidup alami adalah terjadi secara alami di bumi atau di suatu wilayah dan memiliki tingkat keberagaman yang tinggi.

Nah, demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara lengkap mengenai pengertian lingkugan alam menurut para ahli, macam-macam, konsep, manfaat, dan contohnya. Semoga melalui bahasan ini memberikan wawasan kepada segenap pembaca sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *